Materi Sistem Gosip Administrasi Ppt
Definisi Sistem Informasi Manajemen – Sistem merupakan sekumpulan unsur/elemen yang saling berkaitan dan saling menghipnotis dalam melaksanakan aktivitas bersama untuk mencapai suatu tujuan. Atau sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bahu-membahu untuk melaksanakan suatu aktivitas atau untuk menuntaskan suatu sasaran. Pembahasan kali ini berkaitan dengan materi sistem gosip manajemen yang nantinya bisa anda d0wnl0ad dalam bentuk PPT (powerpoint) di selesai artikel ini.
Definisi Informasi berdasarkan Raymod Mcleoad
R. Mcleoad menyampaikan gosip yaitu data yang diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan dikala ini atau mendatang.
Jenis-jenis informasi
– Formal: yang dihasilkan dari dalam organisasi
– Informal : yang berasal dari luar organisasi
Ciri-ciri informasi
– Terbaru
– Tepat waktu
– Relevan
– Konsisten
– Penyajian dalam bentuk yang sederhana
Penggunaan informasi
– Low level managers
– Middle level managers
– Top level managers
Materi d0wnl0ad lainnya : materi it support dan sistem pengkabelan
Definisi Informasi berdasarkan pakar/ahli
Gordon B. Davis: Informasi yaitu data yang diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan dikala ini atau mendatang.
Jhon G. Burch: Informasi yaitu hasil pembentukan penyusunan, pengorganisasian atau pengubahan data yang menambah tingkat pengetahuan.
Definisi Sistem Informasi
Sistem gosip yaitu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan aktivitas seni administrasi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
R. Mcleoad menyatakan sistem gosip merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan gosip dari semua sumber dan memakai aneka macam media untuk menampilkan informasi
Konsep Dasar Informasi
Raymond Mcleod menyatakan ihwal gosip sebagai berikut: Informasi yaitu data yang diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi sipenerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan dikala ini atau mendatang.
Fungsi-fungsi Informasi
Adapun fungsi-fungsi gosip yaitu sebagai berikut:
– Untuk meningkatkan pengetahuan bagi sipemakai
– Untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan pemakai
– Menggambarkan keadaan yang sebetulnya dari sesuatu hal.
Klasifikasi Sistem
Suatu sistem sanggup diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, yaitu:
1. Sistem Abstract (Abstract system) yaitu sistem yang tidak tampak secara fisik, alasannya yaitu hanya berupa pedoman atau ide-ide, contoh: sistem teologia yang merupakan suatu sistem yang menggambarkan kekerabatan insan dengan Tuhan.
2. Sistem Fisik (Physical system) yaitu sistem yang tampak secara fisik. Contoh: Sistem komputer, sistem produksi, Sistem pendidikan, dll.
3. Sistem Alamiah (Natural System) yaitu suatu sistem yang terjadi dari proses-proses alam. Contoh: Sistem geologi
4. Sistem buatan insan (Human made system) yaitu suatu sistem yang dirancang atau didisain oleh manusia. Contoh: Sistem informasi
5. Sistem Deterministik (Deterministic System) yaitu sistem yang beroperasi dengan tingkah laris yang sanggup diramalkan. Interaksi antar elemen-elemen sanggup diteksi, sehingga outputnya juga sanggup diramalkan. Contoh Sistem komputer.
6. Sistem Probabilitas (Probabilistic system) yaitu sistem yang tidak bisa diramalkan. Contoh: Sistem manusia.
7. Sistem Tertutup (Closed System) yaitu sistem yang tidak berafiliasi dengan lingkungan luarnya.
8. Sistem Terbuka (Open System) yaitu sistem yang berafiliasi atau dipengaruhi oleh lingkungan luarnya.
Artikel terkait: Tutorial rekayasa perangkat lunak (RPL)
Konsep Dasar Sistem
Menurut Gordon B. Davis (1984) menyatakan bahwa sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud. Pendapat yang hampir sama dikemukakan oleh Raymond Mcleoad, menyatakan “Sistem yaitu himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu”. Jerry FitzGerald, menyatakan “Sistem yaitu suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bahu-membahu untuk melaksanakan suatu aktivitas atau untuk menuntaskan suatu sasaran.
Karakteristik Sistem
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yaitu:
– Komponen/elemen (Component)
– Batas sistem (Boundary)
– Lingkungan Luar (Environment)
– Penghubung (Interface)
– Masukan (Input)
– Pengolah (Process)
– Keluaran (Output)
– Sasaran (Objective) atau tujuan (Goal)
Contoh Sistem
– Sistem komputer, terdiri dari elemen hardware, software, brainware
– Sistem Akuntansi
– Sistem transportasi, terdiri dari elemen jalan, kendaran, manusia
Sistem Informasi berdasarkan pakar/ahli
Mcleoad (1992) mengemukakan pendapat mengenai sistem gosip yaitu: “Sistem gosip merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan gosip dari sumber dan memakai aneka macam media untuk menampilkan informasi”.
Gordon B. Davis dalam bukunya yang berjudul Management Information System, mengemukakan pendapatnya sebagai berikut: “Sistem gosip administrasi yaitu sebuah sistem insan atau mesin yang terpadu untuk menyajikan gosip guna mendukung fungsi operasi administrasi dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi”.
Konsep Dasar Sistem Informasi
Sistem gosip yaitu suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung oprasi, bersifat manajerial dan aktivitas seni administrasi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Bila istilah sistem dan gosip digabung menjadi sistem informasi, maka bisa disimpulkan:
“Sistem gosip yaitu suatu sistem yang menyediakan gosip bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan“.
Model Umum Sistem
Baca juga: Tutorial sistem pakar
Komponen Sistem Informasi
Suatu gosip terdiri dari komponen-komponen yang disebut blok bangunan (building block), yaitu:
– Blok masukan (input block) yaitu data-data yang masuk ke dalam sistem.
– Blok model (model block) yaitu kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
– Blok keluaran (output block) yaitu keluaran yang merupakan gosip yang berkualitas dan dokumentasi yang berkhasiat untuk semua tingkatan administrasi serta semua pemakai sistem.
– Blok teknologi (technology block) merupakan kotak alat dalam sistem informasi, yang dipakai untuk mendapatkan input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian dari sistem secara menyeluruh.
– Blok basis data (database block) merupakan kumpulan data yang saling berafiliasi satu sama lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan dipakai perangkat lunak untuk memanipulasinya.
– Blok kendali (control block) yaitu pengendalian yang dirancang secara khusus untuk menanggulangi gangguan-gangguan terhadap sistem.
Sebagai suatu sistem, keenam blok tersebut masing-masing saling berinteraksi satu sama lainnya membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.
Peran Dasar Sistem Informasi dalam Bisnis
– Mendukung proses dan operasi bisnis
– Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya
– Mendukung aneka macam seni administrasi untuk keunggulan kompetitif
Download Sistem Informasi Manajemen
Tutorial ini dari STMIK Jakarta STI&K berbentuk ppt sebanyak 260 halaman, untuk mend0wnl0adnya silahkan klik disini. Semoga artikel ini bisa Anda jadikan panduan untuk pembuatan makalah sistem gosip manajamen atau dijadikan contoh makalah sistem gosip manajemen.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Materi Sistem Gosip Administrasi Ppt"
Posting Komentar