-->

iklan banner

Perbedaan Antara Watu Akik Dan Watu Giok

Batu akik dan kerikil giok termasuk ke dalam kerikil mulia. Batu mulia ialah batu-batuan yang mempunyai kekerasan, ketahanan, dan keindahan serta mempunyai nilai. Yap, kerikil akik dan kerikil giok mempunyai harga yang pertanda nilainya. Faktor-faktor yang menghipnotis harga kerikil antara lain kelangkaan, tingkat kekerasan, dan keindahannya. Kedua jenis kerikil ini sering kali dipakai sebagai materi baku pembuatan perhiasan.
Salah satu skala yang dipakai untuk mengukur kualitas batu mulia ialah mohs. Skala ini berada di kisaran antara 1-10. Semakin besar angka yang ditunjukkan oleh skala ini, semakin keras pula struktur yang dimilikinya. Batu akik umumnya mempunyai tingkat kekerasan pada skala sekitar 2-4 mohs. Sedangkan untuk kerikil giok sendiri mempunyai tingkat kekerasan berkisar 4-7 mohs. Dari sini sudah dapat diketahui kalau kerikil akik berbeda dengan kerikil giok.
 Batu akik dan kerikil giok termasuk ke dalam kerikil mulia Perbedaan antara Batu Akik dan Batu Giok
Batu Akik
Jenis-jenis kerikil akik yang dijual di pasaran umumnya mempunyai tingkat kekerasan yang paling rendah dibandingkan dengan kerikil mulia lainnya. Rata-rata tingkat kekerasannya berada di kisaran 2-4 di dalam skala mohs. Batu akik umumnya terbentuk selama puluhan sampai ratusan tahun yang. Batu ini mempunyai warna yang kusam, tidak terlalu jernih, dan ada kotorannya. Warna kerikil akik sendiri dipengaruhi oleh proses mineralisasi dan bahan-bahan penyusunnya.
Batu Giok
Batu giok mempunyai penampilan yang jernih. Bahkan bila dibandingkan dengan kerikil giok, rata-rata kerikil ini lebih higienis dan lebih halus. Batu giok termasuk ke dalam kerikil mulia level menengah. Nilainya dipengaruhi oleh tingkat keindahan yang dimilikinya. Batu giok umumnya berwarna hijau, jernih, dan mempunyai tingkat kekerasan antara 4-7 dalam skala mohs. Salah satu pola kerikil giok yang populer mempunyai kualitas yang sangat baik ialah bau giok idograce.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara kerikil akik dan kerikil giok ditinjau dari banyak sekali faktor, antara lain :
  1. Tingkat kekerasan kerikil akik lebih rendah dibandingkan dengan kerikil giok.
  2. Batu akik mempunyai warna bermacam-macam. Batu giok hanya berwarna hijau.
  3. Warna kerikil giok lebih higienis dan lebih jernih ketimbang warna kerikil akik.
  4. Nilai kerikil giok lebih tinggi daripada kerikil akik sehingga harganya lebih mahal.
  5. Proses pembentukan kerikil giok juga memakan waktu yang jauh lebih lama.

Sumber http://farof.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Antara Watu Akik Dan Watu Giok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel