-->

iklan banner

Panduan Singkat – Cara Ngeprint Dari Hp Atau Tablet Android Kamu

Tablet atau HP Android juga sanggup dipakai untuk ngeprin pribadi ke printer. Setiap pembaharuan versi Android semakin dilengkapi dengan aneka macam fitur mulai dari hiburan menyerupai musik, video, gaming, hingga pengolahan dokumen.


Sangat mungkin di waktu yang akan tiba OS Android akan sanggup menjadi alternatif terbaik untuk komputer desktop setara Windows, Linux atau juga Mac. Baca juga; cara mengubah Android jadi menyerupai Windows. Nah, bila kau sering menyimpan atau mengolah dokumen di HP Android kamu, kau perlu mengetahui bagaimana cara mengeprin dari HP kamu.


Untuk ngeprin dari HP Android, kau tidak harus mempunyai printer yang mendukung Wi-Fi. Tapi dengan printer Wi-Fi, ngeprin dari HP atau tablet akan lebih cepat. Nah, disini kita akan menjabarkan cara ngeprin dari HP atau tablet Android dengan atau tanpa fitur Wi-Fi.


Google, yang ialah pemilik Android, telah menciptakan jalan pintas untuk menghubungkan printer kau ke akun Chrome dan ponsel Android kamu. Sehingga, mencetak dokumen melalui HP atau tablet pun akan menjadi mudah.


Sebagian besar printer keluaran terbaru sanggup dipakai untuk mencetak dokumen melalui Bluetooth, Wi-Fi, atau cara cepat lainnya. Tidak semua orang punya printer yang mendukung fitur-fitur tersebut. Dan ada juga pengguna Android yang menjalankannya melalui cloud. Di situlah kelebihan Google Cloud Print. Pertama, kau perlu mendaftarkan printer kau ke Google Cloud Print terlebih dahulu. Lalu, pastikan printer tersebut terhubung ke internet. Dengan fitur yang satu ini, kau sanggup mengoperasikannya printer kau dari mana saja asalkan terkoneksi ke internet dengan baik. Dengan demikian, kau sanggup ngeprint dokumen atau foto dari ponsel atau tablet Android.


Oleh sebab itu, periksalah printer kau apakah sanggup dikoneksikan ke Google Cloud Print. Biasanya pada buku manual printer kau sudah ada warta kalau printer kau mendukung fitur Google Cloud Print. Jika memang bisa, ikuti panduan di bawah ini.


Cara Ngeprint Melalui HP Menggunakan Fitur Google Cloud Print



  • Buka Google Chrome di komputer kamu.

  • Login ke Google Chrome bila kau tidak pribadi masuk secara otomatis.

  • Klik tombol Menu yang bertanda tiga garis horizontal atau tiga titik kecil di sudut kanan bila kau memakai Chromebook.

  • Pilih Pengaturan (Settings).

  • Klik Tampilkan pengaturan lanjutan (Show advanced settings).

  • Gulir ke bawah hingga ketemu penggalan Google Cloud Print dan klik Kelola (Manage).

  • Klik Tambahkan Printer (Add Printers)

  • Kamu akan diarahkan ke daftar printer yang cocok. Cukup centang opsi yang sesuai dengan nama dan tipe printer kamu. Klik Tambah Printer (Add Printers). Setelah itu, Chrome akan mendeteksi printer kamu.


Cetak Mencetak Dokumen dari Ponsel Android


Bawaan ponsel Android biasanya sudah dilengkapi dengan fitur Google Cloud Print. Tapi bila belum ada atau pernah dihapus, kau tidak perlu kawatir. Kamu sanggup mengunduh Google Cloud Print dari Google Play.


Setelah kau klik d0wnl0ad dan berhasil terinstal di ponsel atau table Android kamu, kau tidak perlu menjalankan aplikasi tersebut. Google Could Print sanggup juga berperan menyerupai add-on di perangkat ponsel Android. Tapi sebelumnya pastikan akun Google kakmu sudah terhubung dengan ponsel atau tablet yang juga kau gunakan pada Google Chrome di panduan sebelumnya. Setelah itu, ikuti langkah di bawah ini.



  • Buka dokumen yang ingin kau print, baik yang kau simpan di Google Drive atau yang ada di ponsel kamu.

  • Pilih tombol Menu (tiga titik di sudut kanan atas).

  • Klik Cetak, kau akan diarahkan ke halaman baru.

  • Klik panah bawah yang ada sempurna di sebelah kanan Save as PDF.

  • Pilih printer yang ingin kau gunakan untuk mencetak. Jika kau tidak sanggup menemukannya, centang atau klik semua daftar printer biar mencari setiap printer yang terhubung.

  • Setelah itu, klik tombol cetak (lingkaran biru bergambar printer).


Mencetak Halaman Website dan Pesan Gmail pada HP Android


Kamu juga sanggup mencetak halaman web atau pesan Gmail melalui Google Cloud Print. Prosesnya hampir sama dengan panduan sebelumnyna. Ikuti panduan di bawah ini.



  • Buka Gmail atau Google Chrome.

  • Pada ketika kau sudah menemukan halaman website yang ingin kau print, pilih tombol Menu (tiga titik).

  • Setelah itu daftar opsi akan muncul. Pilih Cetak

  • Halaman pencetakan akan pribadi muncul dan kemudian pilih printer yang terhugung.

    Klik Cetak


Demikianlah cara ngeprin melalui HP atau Tablet Android. Jika kau masih menemukan duduk perkara dalam proses menyambungkan printer atau HP kau ke Google Clod Print, jangan sungkan-sungkan bertanya di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Singkat – Cara Ngeprint Dari Hp Atau Tablet Android Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel