-->

iklan banner

Sering Diabaikan! Begini Pengertian Komputer Secara Umum


Pengertian komputer secara umum sering diabaikan oleh para penggunanya. Bahkan kalau ditanya pengertian dari komputer, masyarakat cenderung lebih mengenal menggunakannya saja. Padahal dengan mengetahui pengertian dan fungsi sistem komputer secara luas, penggunanya juga semakin gampang memakai komputer. Hal ini alasannya pengguna komputer sedikit banyak mengetahui seluk beluk komputer. Komputer seiring waktu mengalami perubahan. Dari yang dulunya dipakai untuk pengerjaan aritmetika, kini komputer berkembang menjadi salah satu piranti wajib. Komputer di jaman kini lebih mengarah pada penggunannya di banyak sekali macam bidang pekerjaan. Sehingga komputer di dunia modern merujuk pada rangkaian alat elektronik yang disempurnakan.





1. Pengertian Komputer dan Sejarah Singkat Komputer





Dahulu komputer dibentuk untuk membantu insan dalam melaksanakan penghitungan. Namun hal tersebut berubah sejalan dengan kemajuan teknologi. Pengertian perangkat keras komputer kalau melihat dari bentuknya merupakan alat elektronik yang sengaja disusun menjadi rangkain berbentuk mesin dengan teknologi tinggi. Komputer juga dilengkapi dengan pengontrol sistem operasi dan kegiatan yang bisa mendapatkan bahkan menyimpan, serta mengolah data. Bahkan dengan sistem operasi di dalanmnya, komputer menghasilkan data yang akurat.





1.1 Awal Mula Kata Komputer





Merujuk pada sejarahnya, asal kata komputer dipakai untuk melukiskan orang orang yang melaksanakan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu. Seiring waktu, banyak orang mengartikan kata tersebut sebagai mesin yang digunakan. Saat ini kata komputer diterjemahkan secara luas alasannya komputer tidak hanya dipakai untuk menghitung angka angka saja. Kata “komputer” biasa diartikan memproses info atau sistem pengolah info.





1.2 Sejarah Perkembangan Komputer Secara Singkat





Sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama hingga kini dimulai dari tahun 1646. Kala itu, komputer dipandang sebagai alat kalkulasi mekanis. Peningkatan perkembangan komputer juga ditandai dengan adanya sebutan khusus yaitu mikrokontroler. Sebutan ini merujuk pada komputer benam. Tidak hanya itu saja, beberapa istilah kemudian berkembang di masyarakat modern diantaranya kompter langsung atau PC, minikomputer dan kerangka komputer.












2. Komponen Komputer dan Fungsinya





Pengertian perangkat komputer secara lengkap yaitu kumpulan komponen elektronik yang disebut perangkat dan dipakai insan dalam mengolah data menurut perintah operatornya. Dari pengertian komputer tersebut Anda sanggup mengetahui di dalam sebuah komputer terdapat komponen. Tanpa komponen tidak mungkin sebuah komputer sanggup berfungsi dan berjalan sebagaimana mestinya. Apa saja komponen di dalam sebuah komputer? Ada tiga komponen di dalam komputer yaitu Software, Hardware dan Brainware pengertian komputer.





2.1 Software





Software atau perangkat lunak menjadi salah satu elemen penting. Software merupakan sebuah kegiatan yang dibentuk biar bisa dipakai dalam mengolah data.





2.2 Hardware





Hardware merupakan perangkat keras yang terdiri dari susunan elemen penunjang kinerja komputer. Contoh macam-macam hardware yaitu CPU dan Hardisk.





2.3 Brainware





Brainware merupakan operator yang memakai komputer. Tugasnya memasukkan setiap data imput ke dalam hardware dengan memanfaatkan software.





3. Manfaat Komputer Dalam Kehidupan Sehari Hari





Di jaman digitalisasi menyerupai kini ini, insan sangat dekat kaitannya dengan komputer. Hal ini mengingat apapun yang Anda selalu memanfaatkan perangkat komputer. Peran komputer berkembang dari yang dulunya ditujukan untuk satu bidang, kini semua bidang pekerjaan membutuhkan piranti perhiasan yaitu komputer. Selain menjadi piranti pengolah data, berikut yaitu manfaat komputer untuk kehidupan insan modern.





  • Sebagai piranti penyimpan data berupa dokumen, gambar maupun file video
  • Alat untuk mengolah data berupa angka hingga menjadi hasil hitungan yang diinginkan
  • Mempercepat pekerjaan dan mempersingkat waktu pengerjaan




4. Kesimpulan





Jadi, komputer menjadi teknologi yang menguntungkan bagi insan modern. Dengan memanfaatkan komputer, kesalahan sanggup diminimalisir. Komputer juga telah mengalami perkembangan mulai dari bentuknya yang tebal dan berat kini bermetamorfosis lebih tipis dan ringan. Pengetahuan mengenai pengertian komputer secara umum di atas juga membantu Anda memahami seberapa penting komputer untuk kehidupan insan dari masa ke masa.



Sumber https://www.ahmadweb.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sering Diabaikan! Begini Pengertian Komputer Secara Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel