-->

iklan banner

30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan Dan Turunan

Cara mengendarai motor kopling yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengendarai motor sport. Yah, rata-rata motor sport menggunakan kopling manual untuk mempermudah perpindahan gigi naik-turun. Butuh penyesuaian cukup usang biar terbiasa menggunakan motor kopling. Paling tidak masbro harus mencar ilmu di tanah lapang biar nantinya tidak canggung dikala mengendarai motor kopling di jalan raya.


Belajar mengendarai motor kopling terbilang cukup gampang. Masbro hanya perlu membiasakan tangan biar bisa mengikuti ritme perpindahan gigi dan tuas gas. Inilah yang membedakan antara motor kopling dengan motor matic. Apabila motor matic tinggal menarik gas, maka motor kopling mengharuskan kita menarik tuas kopling bebarengan dengan tuas gas. Apabila ingin menaik-turunkan gigi juga harus menarik kopling biar mesin tidak mati.




Bagi para pemula tentu sedikit kesusahan dan membutuhkan penyesuaian cukup lama. Mungkin inilah alasan mengapa sebagian orang lebih menentukan motor matic yang lebih nyaman dikendarai tanpa perlu mengatur kopling. Namun bukan pria namanya apabila belum bisa mengendarai motor kopling. Terlebih rata-rata motor laki menggunakan sistem kopling untuk berpindah dari gigi satu hingga gigi lima atau enam.


Beberapa tipe motor angsa juga mempunyai kopling, menyerupai Suzuki Satria FU, Yamaha Jupiter MX King, Honda Sonic, dan Honda Supra GTR. Semuanya menggunakan kopling manual yang menjadikan kemampuan akselerasi semakin cepat dan performa semakin bertenaga. Hadirnya kopling menciptakan kita bisa mengatur kecepatan maksimal motor yang kita kendarai. Lalu bagiamana cara mengendarai motor kopling dengan benar dan bagaimana car kerja kopling manual itu sendiri ?


CARA MENGENDARAI MOTOR KOPLING UNTUK PEMULA


 yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

Tips dan Cara Mengendarai Motor Kopling


1. Cara Kerja Motor Kopling Manual


Semua motor yang menggunakan kopling manual mempunyai tuas yang sering disebut sebagai handle kopling. Posisinya berada di setang kepingan kiri dan terhubung dengan kabel kopling. Saat tuas kopling tidak di tarik, maka plat tekan dan plat gesek akan ditahan oleh plat penekan atau sering disebut sebagai cluth pressure palte yang mana nantinya akan dibantu oleh pegas kopling biar tenaga putar dari poros engkol hingga pada roda belakang.


Kemudian dikala handle kopling di tarik, maka kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling dan menekan batang tekan atau Pushrod, sehingga nantinya menciptakan Pushrod mendorong piringan penekan ke arah berlawanan dengan arah gaya pegas kopling yang menjadikan plat gesek dan plat tekan salin merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada poros utama.


Motor akan eksklusif mati dikala masbro melepas tuas kopling secara tiba-tiba dikala posisi motor berhenti dan posisi gigi berada pada kondisi hidup. Seperti yang kami sampaikan di atas, masbro harus mengikuti keadaan terlebih dahulu. Pasalnya pengendalian motor kopling berbeda dengan motor matic yang notabennya menggunakan kopling otomatis yang membut kita lebih praktis mengendarainya.


2. Bagaimana Cara Mengendarai Motor Kopling ?


 yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

Cara Kerja Kopling Manual


Setelah mengetahui cara kerja kopling manual pada sepeda motor, kini giliran kita mencar ilmu untuk mengendalikan motor kopling dengan lancar. Cara mengendarai motor kopling memang cukup mudah. Masbro hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan di bawah ini.



  1. Cara mengendarai motor kopling yang pertama tentu siapkan motor kopling yang mempunyai kondisi sehat

  2. Jangan lupa menggunakan helm atau jaket untuk berjaga-jaga apabila masbro terjatuh dikala mencar ilmu mengendarai motor kopling.

  3. Ada baiknya masbro pergi ke tanah lapang atau untuk menghindari kecelakaan yang tidak dinginkan. Apabila belum terbiasa memang cukup berbahaya, alasannya yaitu motor bisa mati secara tiba-tiba apabila salah mengatur tuas kopling dikala berpindah gigi.

  4. Setelah semua siap, pastikan gigi transmisi pada posisi netral. Pasalnya beberapa motor kopling jaman kini tidak bisa distarter dikala gigi masuk

  5. Saat menghidupkan mesin jangan lupa kopling ditarik biar semakin praktis menghidupkan mesin

  6. Setelah motor hidup, tekan tuas kopling untuk memasukan gigi transmisi ke posisi satu dengan menekan pedal transmisi kearah depan

  7. Selanjutnya masbro harus melepas tuas kopling secara perlahan. Kami sarankan jangan eksklusif menarik gas ketika posisi motor belum bergerak biar masbro tidak kaget

  8. Inilah yang sulit dari mengendarai motor kopling. Pasalnya masbro harus melepas tuas kopling dengan sempurna dan perlahan biar motor tidak eksklusif mati.

  9. Sebenarnya motor akan eksklusif jalan tanpa perlu menarik tuas gas asalkan masbro melepas tuas kopling secara perlahan. Hal ini dikarenakan motor berada pada posisi setengah kopling.

  10. Setelah itu tinggal masbro menyeimbangkan diri dan menarik tuas gas secara perlahan biar motor bisa berjalan dengan nyaman.

  11. Cara mengendarai motor kopling selanjutnya yaitu melalukan perpindahan gigi transmisi ke posisi dua dengan menarik tuas kopling dan menaikan pedal transmisi.

  12. Perpindahan gigi transmisi motor kopling manual memang berbeda dengan motor angsa yang menggunakan kopling otomatis. Pasalnya posisi gigi satu harus ditekan ke bawah, dan posisi gigi dua dan selanjutnya di tekan ke atas. Apabila masbro telalu sedikit menaikan gigi satu, maka transmisi akan berpindah ke posisi netral. Namun juga di naikan sepenuhnya makan akan berpindah ke posisi dua

  13. Saat ini rata-rata motor kopling menggunakan transmisi 5 pecepatan dan 6 percepatan dengan posisi gigi (1-N-2-4-5) atau (1-N-2-3-4-5-6). Silahkan biasakan diri dengan posisi perpindahan gigi sesuai dengan tipe motor kopling yang masbro miliki.

  14. Saat menaikan atau menurunkan gigi jangan lupa selalu menekan tuas kopling dan melepasnya secara perlahan beriringan dengan menarik tuas gas.

  15. Apabila masbro mengendarai motor pada kecepatan di bawah 20 km/jam, kami sarankan untuk memposisikan gigi pada gigi dua biar motor siap di gas maksimal dikala menambah kecepatan.

  16. Apabila ingin menambah kecepatan hingga 40 km/jam, kami sarankan untuk berpindah pada gigi ketiga

  17. Lalu dikala berlari pada kecepatan melebihi 60 km/jam silahkan berpindah ke posisi gigi empat

  18. Posisi gigi lima dan enam bisa diadaptasi dengan RPM motor dikala posisi menengah ke atas

  19. Kemudian untuk menurunkan gigi masbro tinggal menarik kopling kemudian menekan pedal transmisi ke kepingan depan

  20. Apabila masih mencar ilmu kami sarankan untuk tetap memposisikan motor pada gigi tiga biar berkendara bisa stabil sembari menyesuaikan diri dengan tuas kopling untuk menaik-turunkan posisi gigi perseneling


3. Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan


 yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan


Setelah merasa lancar mengendarai motor kopling di tanah lapang, kini tinggal masbro turun ke jalan raya. Tidak semua jalan yang kita lalui rata, niscaya ada jalan menanjak dan menurun. Nah dikala berada di tanjakan kami sarankan untuk memposisikan motor pada gigi satu biar tenaga motor bisa keluar secara maksimal. Selanjutnya masbro tinggal berpindah gigi sesuai dengan kondisi tanjakan dan kecepatan motor.  Memindahan gigi transmisi dihentikan asal. Masbro harus menyesuaikan dengan kecepatan motor. Sebagai panduannya silahkan simak di bawah ini.



  1. Gigi 1  : Rentang kecepatan 0-10 km/jam

  2. Gigi 2 : Rentang kecepatan 10-40 km/jam

  3. Gigi 3 : Rentang kecepatan 40-60 km/jam

  4. Gigi 4 : Rentang kecepatan 60-80 km/jam

  5. Gigi 5 : Rentang kecepatan 100 km/jam ke atas


Apabila motor kopling yang masbro miliki mempunyai gigi 6, maka tinggal menyesuaikan kecepatan sesuai dengan putaran rpm. Apabila mempunyai Yamaha R25 dan Yamaha MT25 bekerjsama tidak perlu gundah dalam memaksimalkan perpindahan gigi. Pasalnya motor kopling Yamaha tersebut telah dilengkapi fitur Shift Timing Light yang bisa menjadi panduan untuk berpindah gigi sesuai dengan putaran rpm biar menghasilkan performa mesin yang maksimal.


4. Cara Mengendarai Motor Kopling Di Turunan


 yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

Cara Mengendarai Motor Kopling Di Turunan


Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dikala mengendarai motor kopling di turunan. Masbro bisa melepas kopling biar fitur Engine Brake berfungsi. Fitur tersebut memang sangat penting untuk mengurangi kecepatan motor tanpa perlu menginjak rem asalkan masbro tidak menarik tuas gas. Apabila kurang nyaman dengan Engine Brake, maka masbro bisa menekan tuas kopling dan berpindah ke gigi bawah biar nantinya selepas turunan bisa eksklusif menarik gas tanpa mengurangi performa mesin.


5. Pantangan Mengendarai Motor Kopling


 yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan Turunan

Yang Harus Dihindari Saat Naik Motor Kopling


Cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan memang sangat praktis apabila sudah terbiasa mengendarai motor kopling. Namun ada beberapa hal penting yang harus masbro hindari dikala mengendarai motor kopling manual. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.



  1. Jangan menaikan atau menurunkan gigi transmisi tanpa menarik tuas kopling, alasannya yaitu bisa mengakibatkan motor terhentak dan berpotensi merusak komponen transmisi.

  2. Hindari melepas pedal kopling secara mendadak yang bisa menciptakan motor eksklusif mati

  3. Agar performa mesin semakin optimal, masbro jangan menggunakan gigi 3 atau gigi 4 dikala motor akan berjalan. Pastikan transmisi pada gigi pertama, dan selanjutnya silahkan ditambah sesuai dengan kecepatan motor

  4. Jangan eksklusif menarik tuas gas pada RPM tinggi dikala awal menjalankan motor

  5. Jangan panik dikala ingin mengganti gigi, alasannya yaitu kita harus melepas kopling secara perlahan


6. Pilihan Motor Kopling Murah


Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis motor kopling dengan harga motor bervariasi sesuai dengan kapasitas mesin dan teknologi yang dimilikinya. Tidak semuanya dibanderol murah, jadi masbro harus pinta menentukan motor kopling yang berkualitas. Nah bagi masbaro yang gres berencana membeli motor kopling dengan budget di bawah 20 Juta Rupiah, dan gundah mempunyai motor yang mana, silahkan pilih salah satu motor yang telah kami sampaikan pada artikel berikut ini “Daftar Motor Kopling Termurah
















Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
 yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan TurunanMotor Termahal Di Dunia yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan TurunanMotor 1000cc Termurah
 yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan TurunanMotor Cafe Racer Pabrikan yang baik dan benar selalu menjadi pertanyaan bagi para pemula yang gres mencar ilmu mengenda 30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan dan TurunanBiaya Balik Nama Motor

Setelah mengetahui cara mengendarai motor kopling manual dengan baik dan benar, kami berharap masbro bisa mengendarai motor kopling dengan lancar. Sebagian orang mengganggap motor kopling ribet di kendara, tapi bekerjsama cara mengendarai motor kopling sangat mudah. Masbro hanya perlu mengikuti tips-tips yang kami sampaikan di atas, dan biasakan diri menggunakan motor kopling setiap harinya biar semakin lancar dan tidak takut dikala mengendarainya di jalan raya yang padat kendaraan bermotor.



Sumber https://www.otomotifo.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "30 Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan Dan Turunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel