-->

iklan banner

Basic Yang Dibutuhkan Untuk Mencar Ilmu Ajax

Panduan berguru AJAX – Ajax merupakan bahasa pemrograman adonan dari teknik atau teknologi yang sebelumnya sudah ada. Pemrograman Ajax dibentuk oleh Jesse James Garret pendiri perusahaan Adaptive Path. Ajax dibentuk untuk mensiasati kurang interaktifnya aplikasi web dibandingkan aplikasi dekstop. Dimana Aplikasi dekstop lebih interkatif dan responsif dibandingkan aplikasi web. Seperti pada ketika anda menjalankan aplikasi dekstop, kemudian anda mengklik suatu tombol, maka reaksi perubahannya akan pribadi terlihat pada aplikasi tersebut. Sedangkan pada aplikasi berbasis web, ketika anda mengklik/menjalankan suatu tombol, browser yang kita gunakan akan menjadi halaman kosong kosong berwarna putih untuk beberapa saat. Untuk itulah kurang lebih Ajax diciptakan. Banyak situs dunia yang telah memakai AJAX  diantaranya Facebook, Twitter, GMail, Google Maps, Google Suggest, Flickr, Apple, Yahoo, dll. Lalu Apa saja basic yang dibutuhkan untuk berguru ajax? Berikut basic yang anda perlukan untuk berguru ajax.

Program dan Aplikasi Pendukung Ajax

Di awal sudah dipaparkan bahwa “ajax bukanlah bahasa pemprogaman yang baru, tetapi ajax merupakan adonan dari teknik atau teknologi yang sebelumnya sudah ada. Gabunggan dari teknik yang sudah ada untuk berguru AJAX(Asynchronous Javascript and XML) kurang lebih ada lima, diantaranya:

1. XHTML (exTensible Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman pengembangan HTML.
2. CSS (Cascading Style Sheets) dibutuhkan untuk mengatur style/format tampilan suatu dokumen web.
3. XML ( eXtensible Markup Language) dibutuhkan untuk melaksanakan pertukaran data. Sebagai alternatif XML dapat digantikan dengan JSON (Javascript Object Notation). Keduanya merupakan bahasa pemrogramn untuk format data yang memungkin untuk melaksanakan pertukaran data.
4. DOM(Document Object Model) dibutuhkan untuk mengatur interaksi dan tampilan sisi HTML dan XML secara dinamis.
5. Javascript merupakan bahasa utama yang membentuk lapisan Ajax.

Video Rekomendasi:

  1. Video Tutorial Membangun Sistem Informasi Rumah Sakit dengan Codeigniter MySQL dan Ajax

  2. Video Tutorial Tips dan Trik Aplikatif Master Codeigniter

  3. Video Tutorial 24 Jam Mahir Codeigniter dengan Studi Kasus Aplikasi Inventory

Dilihat dari uraian di atas, terlalu banyak yang mesti dipelajari untuk berguru ajax, tetapi anda tidak perlu khawatir dengan JQuery anda dapat terbantu untuk menyederhanakan itu semua. Yang perlu anda ketahui, inti dari pemrograman AJAX yakni metode atau teknik pengambilan data dari server memakai sebuah fungsi dalam Javascript, yaitu XMLHttpRequest(XHR). Apa sih XMLHttpRequest itu? XMLHttpRequest merupakan objek yang dirancang untuk memungkinkan seruan layanan ke server HTTP secara asinkron. HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol, yaitu protokol yang dipakai oleh HTML. Perbedaan Asinkron dan Sinkron yang dimaksud disini, Asinkron berarti bahwa klien dapat meminta layanan dari server dan tidak perlu menunggu server melayaninya, sedangkan Sinkron kebalikan dari asinkron yaitu klien harus menunggu layanan dari server.

Untuk mempelajari dasar-dasar ajax, anda dapat mempelajari dengan d0wnl0ad tutorial ajaxnya, silahkan baca dan klik dulu artikel belajar ajax pdf.

Demikian artikel belajar ajax untuk pemula semoga bermanfaat.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Basic Yang Dibutuhkan Untuk Mencar Ilmu Ajax"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel