-->

iklan banner

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Ramuan Alami

Anak susah makan – nafsu makan anak-anak biasanya dipengaruhi oleh kebutuhan energi badan dan selera makanannya. Bila sedang aktif, belum dewasa bisa menghabiskan banyak makanan, tetapi bila sedang tidak aktif, mungkin tampak tidak nafsu makan. Bila ini terjadi, lakukan tips cara meningkatkan nafsu makan anak dengan ramuan alami, berikut ini:
1. Pastikan anak sedang tidak menderita suatu penyakit.
2. Biarkan anak menentukan makananya sendiri.
3. Variasikan kuliner setiap hari.
4. Sajikan kuliner dengan bentuk yang menarik.
5. Berikan resep tradisional ramuan temulawak atau sambiloto dan meniran.

anak biasanya dipengaruhi oleh kebutuhan energi badan dan selera makanannya Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Ramuan Alami

Indonesia kaya akan tumbuh-tumbuhan yang bisa mengobati segala sumber penyakit. Selain sebagai penyembuh penyakit tumbuh-tumbuhan ibarat daun dan akar rimpang bisa dipakai untuk meningkatkan nafsu makan anak, diantaranya ramuan temulawak, daun sembiloto dan meniran. Berikut cara penggunaannya untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda.

Ramuan Temulawak 

Berikut cara penggunaan resep ramuan temulawak yang dipakai untuk meningkatkan nafsu makan anak:
“Potong halus 3 ruas temulawak yang telah dikupas. Rebus belahan dalam 300 cc air selama 30 menit (hingga air tersisa 150 cc), kemudian saring. Setelah hangat (60 derajat celcius), masukkan madu sambil diaduk. Biarkan adonan selama semalam. Minum larutan 3 x 1 sendok makan perhari”.

Ramuan Daun Sembiloto dan Meniran

Cara penggunaan resep daun sambiloto dan meniran yang dipakai untuk anak yang susah makan:
“Potong-potong 50 gram daun sambiloto yang telah dicuci, kemudian rebus dalam 500 cc air bersama 50 gram daun meniran sampai tersisa 250 cc. Setelah hangat (60 derajat celcius), masukkan 500 cc madu secara perlahan. Minum larutan 3 x 2 sendok makan per hari”.

Tips di atas dipakai untuk menyiasati anak susah makan. Lalu bagaimana bila ternyata anak Anda susah untuk meminum susu juga? Di bawah ini, saya berikan tips-tips supaya anak Anda mau minum susu.

Membujuk anak minum susu

Seringkali anak menolak minum susu dengan banyak sekali alasan. Bila anak menolak minum susu, siasati dengan cara berikut.
1. Ganti susu tawar dengan susu berasa, ibarat cokelat atau stroberi.
2. Tambahkan buah dalam susu, contohnya belahan buah melon atau mangga.
3. Buat jus yang dicampur dengan susu.
4. Kalau masih menolak untuk minum susu, berikan kuliner berbahan susu, contohnya puding susu dan camilan anggun lapis krim susu.
5. Variasikan jenis susu, contohnya ganti susu sapi dengan susu kambing.
6. Kalau masih menolak, beri pengertian bahwa susu sangat penting untuk pertumbuhan.

 Mengatasi bayi yang mogok menyusu

Seringkali bayi mogok menyusu tanpa alasan yang jelas. Hal ini sanggup disebabkan oleh ketidaknyamanan yang dirasakan oleh bayi terhadap lingkungan sekitarnya. Bila ini terjadi, berikut tips mengatasi bayi susah minum susu, diantaranya:

1. Jangan memaksa lantaran paksaan malah membuatnya semakin tegang.
2. Tawari susu dikala sedang mengantuk. Ketika mengantuk, perhatian bayi gampang beralih.
3. Buat bayi merasa nyaman, contohnya dengan membelai, menggendong, atau mengayun-ayunnya.

Artikel terkait : konsultasi bayi online untuk mengecek kondisi bayi Anda dengan metode 5 langkah gampang memakai Sistem Pakar Berbasis Web.

Sumber artikel cara meningkatkan nafsu makan anak dan mengatasi bayi susah minum susu (buku : Jangan panik Bunda oleh dr. Adji Suranto, Sp.A.) 


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Dengan Ramuan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel