Cara Penggunaan Fungsi If Pada Microsoft Excel 2007
Fungsi if pada excel digunakan jikalau ada pernyataan ekspresi logika yang memiliki perintah diantara “salah” atau “benar”. penggunaan fungsi IF bersahabat kaitannya dengan fungsi logika atau ekspresi logika. Berikut langkah atau panduan cara penggunaan fungsi if pada microsoft excel 2007.
Mengenal fungsi logika
Fungsi atau expresi logika biasanya dipakai untuk operator korelasi sebagai berikut :
Untuk penggunaan expresi logika, lihat tumpuan soal untuk fungsi logika dalam penerapannya di bawah ini:
Buatlah di sheet lembar kerja excel anda yang baru, kemudian anda ketik soal menyerupai gambar di atas. Bila hasil tanggapan Anda untuk kolom “C” menyerupai gambar di bawah ini, artinya tanggapan Anda sudah benar.
Ket: Jika ditampilkan pernyataan “TRUE” berarti benar, “FALSE” berarti salah.
1. Penggunaan Fungsi If (menghitung Tunjangan dan Total Gaji)
Setelah fungsi logika diatas sudah anda pahami, kini waktunya kita melangkah ke Fungsi IF. Untuk lebih memudahkan pemahaman Anda. Kerjakan soal berikut di bawah ini:
Contoh Soal: Lihat gambar di bawah ini, isilah “kolom tunjangan” dan “total gaji”dengan memakai Fungsi. Tunjangan 30% dari Gaji Pokok, dan diperoleh jikalau usang kerja di atas 2 tahun.
Untuk menghitung santunan gunakan fungsi IF di Sel E7. Setelah mengisi formula di sel E7, copy formula drag hinga sel E13. Bentuk penulisan fungsi IF ialah sebagai berikut,
=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false),
atau
=IF(tes_logika;nilai_jika_benar;nilai_jika_salah)
Catatan: Untuk penanggalan di komputer dengan format 24 hours, pada penulisan formula gunakan pemisah; (titik koma) menyerupai penulisan fungsi IF diatas. Sedangkan untuk format penanggalan AM PM, gunakan pemisah, (koma), menyerupai tumpuan pengerjaan dibawah ini:
Untuk soal di atas rumus untuk mengisi “tunjangan” ialah =if(D7>2,30%*C7,0)
Lalu Untuk menghitung total honor gunakan operator penjumalahan di sel F7. Setelah mengisi formula di sel F7, copy formula atau drag hinga sel F13, lihat gambar di bawah ini:
Hasil keseluruhan dari soal di atas, sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :
Artikel menarik lainnya: penjelasan mengenai fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP disertai gambar
2. Penggunaan Fungsi If (menghitung Total dan Diskon)
Contoh soal: Isilah kolom “Total” dan “Diskon” gambar di bawah ini, dengan memakai Fungsi. Diskon 10% diperoleh jikalau yang dibeli ialah komputer Merk Relion dengan pembelian total di atas 30000000.
Untuk menghitung “total” soal di atas, gunakan operator perkalian. Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula atau drag sampai sel F10. Lihat gambar di bawah ini:
Untuk menghitung total “diskon” gunakan fungsi IF dan AND di F5. Setelah mengisi formula di sel G5, copy formula atau drag sampai sel G10.
Catatan: Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE (benar) jikalau semua argumen yang diuji bernilai benar dan akan menghasilkan nilai FALSE (salah) jikalau salah satu atau lebih argumen bernilai salah. Bentuk penulisan fungsinya ialah =AND(logical1,logical2,…). Dalam soal di atas tadi dikombinasikan dengan IF.
Untuk mendapatkan/d0wnl0ad bahan lengkap fungsi excel if di atas , silahkan anda d0wnl0ad tutorialnya di sini atau bila ingin membaca artikel lainnya silahkan baca artikel sebelumnya cara menghitung sum, count, dan counta.
Demikian tutorial excel cara memakai rumus if di excel 2007, agar bermanfaat.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Cara Penggunaan Fungsi If Pada Microsoft Excel 2007"
Posting Komentar