-->

iklan banner

Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Sahabat bangkusekolah.com, sesudah pada kesempatan yang kemudian kita membahas perihal pengertian pendapatan nasional, kali ini kita akan membahas perihal manfaat perhitungan pendapatan nasional. Tahukah kau apa tujuan perhitungan nasional? Perhitungan nasional mempunyai tujuan untuk mendapat data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara selama satu periode.


Manfaat perhitungan pendapatan nasional.


Bisa ditinjau lebih jauh lagi, manfaat yang sanggup diperoleh dari perhitungan pendapatan nasional ialah sebagai berikut:


 sesudah pada kesempatan yang kemudian kita membahas perihal  Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional


A. Mengetahui dan Menelaah Struktur Perekonomian


Data pendapatan nasional sanggup dipakai untuk menggolongkan suatu Negara industry, pertanian, atau jasa. Contohnya, menurut perhitungan pendapatan nasional sanggup diketahui bahwa Indonesia termasuk Negara pertanian atau agraris, Jepang merupakan Negara industri, singapura termasuk Negara yang unggul do sektor jasa, dan sebagainya.


Di samping itu, data pendapatan nasional juga sanggup dipakai untuk memilih besarnya bantuan banyak sekali sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional, contohnya sektor pertanian, perdagangan, pertambangan, industri, jasa dan sebagainya.


B. Membandingkan Kemajuan Perekonomian dari Waktu ke Waktu


Umumnya data pendapatan nasional dibentuk setiap tahun sehingga sanggup dipakai untuk membandingkan besarnya pendapatan nasional suatu Negara dari tahun ke tahun. Perbandingan dilakukan biasanya tidak hanya menurut pada harga yang berlaku, tetapi juga dengan metode perbandingan data menurut harga tetap atau konstan, dengan memakai sebuah tahun dasar sebagai tolak ukur.


Hal ini disebabkan lantaran perbandingan pendapatan nasional menurut harga berlaku mungkin saja terkena efek inflasi, sehingga setiap kenaikan yang terjadi sanggup jadi disebabkan oleh adanya inflasi dari tahun ke tahun. Dengan memakai metode harga konstan, maka kita akan sanggup melihat citra pendapatan nasional yang bahwasanya (riil).


C. Membandingkan Perekonomian Antarnegara atau Antar Daerah


Data perhitungan pendapatan nasional selain sanggup dipakai untuk membandingkan perekonomian suatu Negara dengan Negara lain, juga sanggup dipakai untuk membandingkan perekonomian antara suatu kawasan atau propinsi dengan kawasan atau propinsi lainnya. Perhitungan ini mempunyai kegunaan untuk menilai seberapa jauh ketertinggalan atau kemajuan perekonomian suatu Negara atau kawasan dibandingkan dengan Negara atau kawasan lainnya.


D. Sebagai Landasan Perumusan Kebijakan Pemerintah


Data pendapatan nasional sanggup dipakai sebagai landasan atau aliran bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan perekonomian. Dengan mengetahui bantuan masing-masing sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional berikut kemajuan atau kemundurannya, maka pemerintah sanggup melihat sektor mana yang masih sanggup digali potensinya, sektor mana yang harus mendapat prioritas, sehingga pemerintah sanggup memilih kebijakan apa yang harus diambil untuk memperbaiki situasi perekonomian.


Dari klarifikasi di atas, sobat bangkusekolah sudah mengetahui bahwa banyak manfaat yang sanggup diambil dari perhitungan pendapatan nasional dalam segala komponennya. Hal ini juga sangat mempunyai kegunaan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. Jika sebuah Negara mempunyai pendapatan Negara yang tinggi, hal ini menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraannya juga tinggi, begitu juga sebaliknya.


Akan tetapi, kalau melihat hanya pada satu faktir itu saja, tentu juga belum cukup untuk menghitung kesejahteraan sebuah masyarakat di suatu Negara. Untuk menentukannya, kita harus memakai pendapatan perkapita. Pendapatan perkapita ialah perhitungan dengan membandingkan pendapatan Negara dengan pendapatan yang didapatkan oleh warga negaranya. Jika ada sebuah Negara yang mempunyai pendapatan nasional yang banyak, namun jumlah penduduknya sangat banyak, hal ini tidak akan mempunyai arti bagi kesejahteraan negaranya. Kesejahteraan sebuah Negara sanggup terjadi saat pendapatan nasionalnya mempunyai perbandingan yang seimbang dengan jumlah penduduknya.


Cukup sekian klarifikasi mengenai manfaat pendapatan nasional. Semoga sobat bangkusekolah.com sanggup mengambil intisarinya sehingga bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya. Terima kasih atas kunjungannya ke bangkusekolah.com.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel