-->

iklan banner

Pembangunan Desa Yang Berkelanjutan

pembangunan yang berkelanjutan sanggup diartikan secara luas sebagai kegiatan-kegiatan di suatu wilayah untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di masa kini tanpa membahayakan daya dukung sumberdaya bagi generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya. tantangan pembangunan berkelanjutan ialah menemukan cara untuk meningkatkan kesejahteraan sambil memakai sumberdaya alam secara bijaksana.

arus globalisasi yang semakin besar lengan berkuasa perlu diimbangi dengan kesadaran bahwa prosedur pasar tidak selalu bisa memecahkan persoalan ketimpangan sumberdaya. kebijakan pembangunan harus memberi perhaatian untuk perlunya menata kembali landasan sistem pengelolaan aset-aset di wilayah pedesaan. penataan kembali tersebut lebih berupa integrasi kepada pemanfaatan ganda, yaitu ekonomi dan lingkungan/ekosistem. walaupun wawasan agroekosistem merupakan sesuatu pengelolaan yang kompleks dan rumit, akan tetapi keberhasilannya sanggup dilihat dan dirumuskan dengan melihat indikator-indikator antara lain: donasi terhadap keberlanjutan lingkungan lokal, donasi terhadap keberlanjutan penggunaan sumberdaya alam, donasi terhadap peningkatan lapangan kerja, donasi terhadap keberlanjutan ekonomi makro, efektifitas biaya dan donasi terhadap kemandirian teknis.

empat aspek umum ciri-ciri spesifik terpenting mengenai konsep agroekosistem. empat aspek umum tersebut adalah: kemerataan (equitability), keberlanjutan (sustainability), kestabilan (stability) dan produktivitas (productivity). secara sederhana, equitability merupakan evaluasi wacana sejauh mana hasil suatu lingkungan sumberdaya didistribusikan diantara masyarakatnya. sustainability sanggup diberi pengertian sebagai kemampuan sistem sumberdaya mempertahankan produktivitasnya, walaupun menghadapi aneka macam kendala. stability merupakan ukuran wacana sejauh mana produktivitas sumberdaya bebas dari keragaman yang disebabkan oleh fluktuasi faktor lingkungan. productivity ialah ukuran sumberdaya terhadap hasil fisik atau ekonominya.
dimasa yang akan datang, dalam konteks pembangunan pedesaan yang berkelanjutan, pengelolaan sumberdaya di desa haruslah dilaksanakan dalam satu rujukan yang menjamin kelestarian lingkungan hidup, menjaga keseimbangan biologis, memelihara kelestarian dan bahkan memperbaiki kualitas sumberdaya alam sehingga sanggup terus diberdayakan, serta menerapkan model pemanfaatan sumberdaya yang efisien.


Sumber http://2frameit.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembangunan Desa Yang Berkelanjutan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel