-->

iklan banner

Cara Menentukan Bibit Bunga Mawar Yang Paling Bagus


Bunga mawar memang menjadi pujaan banyak orang. Bentuknya yang indah, semerbak harum baunya, serta cara menanam bunga mawar secara hidroponik yang gampang dilakukan menciptakan tumbuhan ini cocok bagi pembudidaya pemula.





Kendati demikian, tidak semua paham mengenai cara menentukan bibit bunga mawar yang anggun dan menghasilkan pohon mawar yang indah. Kendalanya ialah minimnya pengetahuan, serta anggapan bahwa bunga mawar sanggup ditanam begitu saja tanpa teknik tertentu.





Padahal, untuk menghasilkan mawar yang rajin berbunga dan bunganya pun lebat, diharapkan sedikit teknik dan juga penguasaan wacana beberapa faktor pendukung, ibarat halnya cara menanam bunga dahlia.





Salah satunya, tentu saja pemilihan bibit bunga mawar yang berkualitas. Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, inilah cara menentukan bibit bunga mawar yang baik dan berkualitas.





Cara Memilih Bibit Bunga Mawar





Sebelum masuk lebih dalam ke pembahasan wacana cara menentukan bibit bunga mawar, perlu Anda ketahui, bahwa bunga mawar sanggup dikembangbiakkan melalui dua cara. Yang pertama yaitu lewat bijinya, atau perkembangbiakan generatif.





Sedangkan yang kedua ialah dengan cara vegetatif, melalui cangkok dan juga stek batang. Metode yang kerap dilakukan oleh para pembudiya bunga mawar ialah teknik stek.





Selain mudah, teknik stek juga memungkinkan tumbuhan gres mewarisi sifat dari indukannya. Lalu bagaimana dengan teknik gemeratif atau lewar bijinya ibarat cara menanam mawar hitam dari biji?





Kami akan membahas satu persatu biar Anda sanggup membandingkan sendiri, dan mengerti mana teknik yang paling cocok untuk Anda.





  • Memilih bibit bunga mawar dari bijinya




Bunga mawar memang menjadi pujaan banyak orang Cara Memilih Bibit Bunga Mawar yang Paling Bagus




Bibit bunga mawar yang berasal dari biji lebih sulit ditemukan dari pada yang berasal dari stek atau cangkok. Pasalnya, selain tingkat keberhasilan pertumbuhannya yang sulit, biji pun rentan mati sebelum sanggup ditumbuhkan.





Sebagai pelengkap informasi, inilah cara mendapatkan biji bunga mawar:





  1. Biji bunga mawar berasal dari buah mawar. Maka untuk mendapatkannya, kita hars terlebih dahulu membuka buah mawarnya.
  2. Buah mawar ini didapatkan dari bunga mawar yang telah dewasa, dan melewati masa penyerbukannya. Pada awalnya, warna dari buah ini adaah hijau, lau akan menjelma merah, jingga, atau ungu.
  3. Keluarkan biji bunga mawar dari buahnya. Bersihkan terlebih dahulu biar nantinya tidak menghindari proses perkecambahan tanggapan kotor.
  4. Rendam biji-biji tersebut di dalam air selama 24 jam untuk mengetahui kualitas bijinya. Jika bibi-biji tersebut tenggelam, maka ambillah untuk disemaikan.
  5. Semaikan biji bunga mawar tersebut untuk mendapatkan bibit bunga mawar yang berkualitas. Cara menyemai biji bunga mawr ialah dengan meletakkannya pada media lembab ibarat tisu yang sudah dibasahi.
  6. Tunggu sampai biji berkecambah, dan bibit siap ditanam.









  • Memilih bibit bunga mawar dari stek atau cangkok








Bibit bunga mawar yang baik dan berkualitas lebih gampang didapatkan dari teknik stek dan juga cangkok. Cara mendapatkan bibit bunga mawar berkualitas melalui teknik stek ialah sebagai berikut:





  1. Pilihlah bunga mawar yang akan dijadikan sebagai indukan. Pilih bunga mawar yang sudah berbunga, sehat, dan ternebas dari serangan hama serta penyakit.
  2. Tentukan batang yang akan di stek. Pilih batang renta yang besar, kuat, dan mempunyai mata tunas.
  3. Potong batang bunga mawar tersebut dengan ukuran kurang lebih 5 -10 cm. Posisikan mata tunas di tengah-tengah batang, kemudian potonglah secara menyerong biar bunga mawar lebih gampang dalam menyerap unsur hara.
  4. Rendam stek tersebt ke dalam cairan hormon untuk mempercepat pertumbuhan akar. Waktu perendaman yang ideal ialah 2 – 3 jam.
  5. Tanam stek tersebut pada media yang suah Anda sediakan.




Persiapan Menanam Bibit Bunga Mawar





Bibit bunga mawar telah didapatkan, baik itu melalui teknik semai biji, maupun teknik stek. Kini saatnya kita menanam bibit tersebut biar bertumbuh menjadi bunga mawar yang indah.





Langkah-langkah untuk menanam bibit bunga mawar ialah sebagai berikut:





  1. Siapkanlah terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam tersebut sanggup berasal dari adonan kompos, sekam, dan juga tanah. Pastikan tanah yang akan Anda pergunakan bebas dari polusi dan juga bekas hama atau penyakit.
  2. Komposisi media tanam yang ideal ialah 1 : 1 : 1 untuk tanah : sekam : kompos. Untuk menciptakan pupuk kompos sendiri, Anda sanggup melihat cara menciptakan pupuk kompos dari jerami padi.
  3. Tanaman gres siap dipindahkan bila sudah terlihat akar dan daun yang keluar baik itu dari bijinya maupun dari batang stek. Atau setidaknya membutuhkan waktu selama 1 – 2 bulan.
  4. Beri penyiraman secara teratur minimal 2 kali dalam sehari dengan cara menyemprot bibit bunga mawar tersebut. Namun tetap jagalah media tanam tidak tergenang, biar akarnya tidak gampang busuk.









Proses Penanaman Bunga Mawar





Bunga mawar yang ditanam eksklusif di dalam tanah akan menghasilkan tumbuhan yang tumbuh besar, subur, dan bunganya lebat. Namun tidak menutup kemungkin Anda untuk mendapatkan hasil serupa dengan menanam di dalam pot.





Syaratnya tertu saja dengan menyediakan unsir hara pelengkap berupa pupuk kimia atau pupuk organik sebagai pelengkap nutrisi pada media tanamnya. Jangan lupa pula memperlihatkan penyiraman secara teratur biar bunga mawar tidak mengalami kekeringan.





Pot yang dipakai pun baiknya yang berasal dari tanah liat. Buat lubang tanam sedalam 10 – 15 cm, pindahkan bibit bunga mawar tersebut ke dalam media tanamnya. Padatkan, dan siram dengan sedikit air.





Saat memindahkan bibit ke dalam media tanam, lakukanlah dengan hati-hati biar tidak merusak akarnya. Pemindahan tersebut baiknya dilakukan pada ketika sore hari biar tumbuhan tidak shok ketika mendapatkan sengatan sinar matahari.





Merawat Bunga Mawar





Bunga mawar yang sudah bertumbuh di medianya memerlukan perawatan khusus biar sanggup menghasilkan pohon berbunga lebat dan sehat. Berikan penyiraman secara teratur, setidaknya dua haris sekali, dan berikan pupuk penunjang pertumbuhannya.





Selain itu, sangat penting untuk menjauhkan tumbuhan mawar kita dari serangan hama dan juga penyakit. Salah satu penanggulangannya ialah dengan melaksanakan penyiangan atau penyemprotan pestisida.





Namun kalau Anda tidak ingin memakai pestisida, maka cobalah cara mengatasi hama dan penyakit pada tumbuhan. Pohon mawar yang sudah berbunga sangat anggun untuk dijadikan dekorasi di dalam ruagan. Silahkan baca cara merawat bunga yang sudah dipotong biar tetap segar untuk mengetahui cara perawatannya.





Itulah cara menentukan bibit bunga mawar yang anggun dan berkulitas, selamat betanam bunga mawar..









Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menentukan Bibit Bunga Mawar Yang Paling Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel