-->

iklan banner

Cara Menentukan Bibit Pepaya California Yang Bagus


 namun pepaya california atau pepaya calina masih banyak digemari oleh masyarakat Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus




Meskipun harganya mahal, namun pepaya california atau pepaya calina masih banyak digemari oleh masyarakat, tidak kalah dengan budidaya pepaya jingga .





Bentuknya lonjong dengan berat rata-rata 1,5 – 2,5 kg. Dengan ukuran yang tergolong kecil jikalau dibandingkan dengan pepaya lainnya, harga per kg dari pepaya california ini sanggup mencapai Rp. 8.000,-.





Namun sepertinya harga tersebut tidak dianggap sebagai penurun daya tarik dari pepaya ini. Budidayanya kian meluas dan tak tanggung-tanggung produksinya meningkat setiap tahunnya.





Untuk mendapat hasil panen yang baik, para pembudidaya sudah niscaya telah memahami bahwa pemilihan bibit pepaya california merupakan salah satu kunci penting. Nah, bagi Anda yang berminat untuk terjun dalam bisnis budidaya ini, pastikanlah Anda juga mengetahui diam-diam tersebut.





Untuk itulah pada halaman ini kita akan tolong-menolong mencar ilmu perihal cara menentukan bibit pepaya california yang bagus. Selamat menyimak.





Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus





Anda sanggup mendapat bibit pepaya california melalui tiga cara, yaitu dari pokok buahnya, membeli secara pribadi di toko pertanian, serta membeli via toko online. Kami akan memperlihatkan tips jitu untuk ketiga cara tersebut.





  • Mendapatkan bibit dari buahnya




Jika Anda bermaksud untuk mendapat bibit pepaya california secara pribadi dari buahnya, maka pilihlah benih atau bibit dari buah yang telah matang tepat di pohonnya.





Pilih biji pada belahan tengah buah, atau 1/3 belahan pepayanya saja. Untuk memastikannya, Anda sanggup mengiris pepaya california menjadi 3 bagian. Nah, belahan tengah itulah yang sanggup Anda ambil bijinya untuk pembibitan. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai budidaya pepya california melalui biji, silahkan dibaca pada cara menanam pepaya.





  • Membeli bibit di toko pertanian




Jika Anda tidak mempunyai pohon pepaya indukan berkualitas yang biji buahnya sanggup dijadikan bibit, maka pergi saja ke toko-toko pertanian untuk mendapat bibit pepaya california yang dijual dalam kemasan. Ssama dengan ketika Anda akan memulai budidaya tumbuhan hias.





Yang perlu diperhatikan ketika akan membeli bibit dari toko pertanian adalah, pastikan bahwa bibit tersebut tidak kadarluarsa dan merupakan bibit pepaya unggulan. Disamping itu, cari bibit pepaya california yang telah mempunyai sertifikat sehingga terjamin kualitasnya.





  • Membeli bibit di toko online




Sama halnya dengan membeli bibit di toko pertanian secara langsung, ketika akan melaksanakan transaksi pembelian, pastikan bahwa bibit tersebut tidak kadarluarsa serta bersertifikat.





Belilah bibit pepaya california di toko online yang sudah Anda percaya sehingga sanggup terhindar dari penipuan dan apa yang Anda dapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan.





Itulah sekilas perihal cara menentukan bibit pepaya california yang bagus, semoga sanggup membantu Anda untuk mendapat bibit dengan kualitas terbaik. Pelajari pula cara menciptakan bibit bawang merah.





Sebenarnya pepaya california bukanlah pepaya import atau yang berasal dari luar negeri menyerupai namanya. Pepaya ini merupakan pepaya lokal yang diberi nama dengan pemanis kota di luar negeri semoga menarik minat masyarakat.










Dalam hal rasa, pepaya california juga mempunyai rasa yang sama menyerupai pepaya jenis lainnya. Namun memang proteksi nama atau merk merupakan sebuah teknik marketing yang penting untuk dipertimbangkan.





Hal serupa akan kita temukan pada mencangkok apel india.





Apa saja fakta menarik perihal pepaya california ini? Mari disimak pada keterangan di bawah ini.





Fakta Menarik Tentang Pepaya California





  1. Pepaya california ini merupakan hasil temuan dari Ilmuwan Insdonesia, yaitu Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS dari Institut Pertanian Bogor.
  2. Nama awal yang diberikan untuk jenis pepaya unggulan ini ialah pepaya IPB9 atau calina yang kemudian diberi nama lain pepaya california untuk tujuan komersil belaka.
  3. Metode tersebut berhasil, dan kian mengangkat nama pepaya california sebagai buah faforit masyarakat Indonesia. Meskipun harga belinya relatif mahal, namun tidak menurunkan minat para pembeli.
  4. Keunggulan dari pepaya california ini ialah dagingnya yang lebih renyah dibanding dengan pepaya jenis lainnya. Buahnya tidak lembek meskipun telah matang sempurna.




Dalam budidaya berskala besar layaknya cara membesarkan buah semangka ukuran raksasa, pepaya california dibagi menjadi dua yaitu pepaya california betina dan pepaya california sempurna. Bagi kita orang awam, mungkin tidak mengetahui perbedaaanya, alasannya ialah dari segi rasa dan tekstur sama saja.





Yang membedakan hanyalah bentuk buahnya. Jika pepaya california betina mempunyai tampilan yang sedikit membulat, pepaya california tepat bentuknya lebih memanjang





Namun perbedaan ini tentu penting untuk para pembudidaya pepaya california. Sebab harga jual dipasar antara keduanya terperinci berbeda. Pepaya california tepat dilabeli dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan pepaya california betina.










Bahkan sanggup dikatakan bahwa selisih harga antara keduanya sanggup mencapai dua kali lipat. Maka para pembudidaya pun niscaya akan mengusahakan untuk mendapat hasil panen berupa pepaya california sempurna.





Untuk itulah sangat dibutuhkan kejelian dalam cara menentukan bibit pepaya california yang bagus. Kami menyarankan pada Anda untuk mendapat benih pepaya california tersebut secara pribadi dari para pembudidaya yang sudah sukses.





Kualitas benihnya sudah terjamin, Anda pun sanggup melihat secara pribadi indukannya sehingga tidak perlu khawatir akan jenis pepaya yang hendak ditanam. Namun jikalau terpaksa membeli bibit di toko pertanian maupun online, maka pastikan bahwa masa produksinya tidak lebih dari 5 bulan.





Bibit yang sudah kadarluarsa akan menghambat pertumbuhan benih nantinya, disamping itu, buah yang dihasilkan belum tentu baik kualitasnya. Hal yang sama berlaku pula pada cara menanam jambu biji.





Jika memang Anda memutuskan untuk membeli bibit dari toko pertanian atau online, maka berikut ini ialah ciri dari bibit pepaya california yang baik dan berkualitas tinggi:





  • Dibungkus dengan plastik alumunium foil, sehingga bibit lebih tahan akan jamur.
  • Daya tumbuhnya tinggi
  • Presentasi buah tepat mencapai 70% lebih
  • Masa berlaku bibit dibatasi hanya hingga 5 bulan




Semoga cara menentukan bibit pepaya california yang kami bagikan ini memberi manfaat dan sanggup Anda jadikan sebagai referensi untuk budidaya pepaya california milik Anda. Selamat bertanam…



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menentukan Bibit Pepaya California Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel