-->

iklan banner

Cara Menanam Pepaya Dalam Pot Dari Biji

Bagi penggemar buah pepaya dan ingin bertanam namun tidak memiliki cukup lahan, cobalah budidaya pepaya dengan memakai pot. Hal ini, akan sangat membantu sebab pasalnya sudah banyak yang pertanda kalau pepaya ditanam dalam pot masih tetap sanggup berbuah. Selain itu, tentunya Anda tidak perlu membutuhkan banyak lahan untuk tempat budidaya. Sampai dikala ini perbanyakan buah pepaya masih secara generatif, ialah dengan menyemaikan biji dari buah yang masak. Biji tersebut sanggup eksklusif ditanam dalam lahan atau disemaikan dulu. Biji pepaya sangat peka terhadap suhu dan kelembapan, sehingga Anda harus berhati-hati dalam mengecambahkan.


 dan ingin bertanam namun tidak memiliki cukup lahan Cara Menanam Pepaya Dalam Pot Dari Biji
Pepaya juga sanggup ditanam dalam pot.

Budidaya pepaya baik dilakukan di dataran rendah sampai ketinggian 1000 mdpl. Namun pertumbuhan optimal sanggup diperoleh pada ketinggian 50-700 mdpl. Tanaman ini butuh curah hujan sekitar 1000-2000 mm/tahun. Namun jangan khawatir, pepaya masih sanggup tumbuh di kawasan kering dengan penyiraman teratur.


Pemilihan Benih Pepaya


Benih yang baik didapatkan dari buah pepaya terseleksi. Pilih buah memanjang, tidak cacat, dan bebas dari penyakit. Buah tersebut dibiarkan matang di pohon. Biji pepaya terdapat di rongga buah dengan warna hitam kelam. Ambil biji yang terletak pada cuilan ujung sampai tengah buah. Perkecambahan biji pepaya sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara sebagai berikut:


Perkecambahan Menggunakan Tisu Atau Kain Yang Lembab



  • Biji terpilih direndam semalam memakai air hangat.

  • Ambil biji yang karam kemudian dicuci higienis dan tiriskan.

  • Bungkus biji dengan tisu atau kain basah/lembab, sesekali semprot dengan air supaya terjaga kelembabannya

  • Masukkan biji yang sudah terbungkus kedalam plastik klip dan tutup rapat.

  • Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari tetapi tidak secara langsung. Suhu yang diharapkan untuk perkecambahan sekitar 30°C.

  • Jaga kelembapan media benih dengan menyemprotkan air. Setelah sekitar 7-12 hari biji akan mulai berkecambah.

  • Selanjutnya biji disemai dalam polybag yang diisi media tanah dengan adonan pupuk sangkar (2:1).


Perkecambahan Menggunakan Kantong Plastik Yang Ditiup



  • Biji pepaya direndam semalam dengan air hangat kuku.

  • Ambil biji yang karam dan basuh higienis kemudian tiriskan.

  • Masukkan biji dalam kantong plastik besar kemudian ditiup.

  • Selanjutnya plastik diikat rapat sehingga udara tidak sanggup keluar dari dalam plastik.

  • Setelah 7-12 hari, biji sudah mulai berkecambah.


Pengolahan Tanah Media Tanam


Media tanam pepaya sanggup diolah dengan mencampurkan tanah pekarangan dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1. Pastikan pupuk sangkar sudah bau tanah sebab kalau belum masak terlalu panas dan sanggup membunuh tanaman. Bisa pula Anda tambahkan sekam bakar atau sekam mentah untuk sarana drainase. Karena kali ini kita akan budidaya pepaya dengan pot, maka siapkan pot besar dengan diameter minimal 40 cm. Pastikan cuilan bawah terdapat lubang untuk drainase. Hal ini bertujuan supaya sisa air sanggup mengalir dan tumbuhan tidak busuk.


Penanaman Bibit


 dan ingin bertanam namun tidak memiliki cukup lahan Cara Menanam Pepaya Dalam Pot Dari Biji
Biji pepaya pilihan yang telah dikecambahkan pada pot kecil.

Disarankan Anda menentukan bibit pepaya jenis california. Alasannya tumbuhan ini tidak terlalu besar kalau ditanam dalam pot. Selain itu, jenis pepaya california memiliki rasa yang anggun dan banyak disukai orang. Setelah bibit siap, Anda sanggup memasukkan media tanam dalam pot. Jangan lupa cuilan bawah diisi dengan pecahan genting, arang dapur, batu supaya lubang pengeluaran air terjaga. Tanam bibit dalam keadaan tegak dan pastikan cuilan akar tertutup rata dengan tanah.


Perawatan Budidaya Pepaya


 dan ingin bertanam namun tidak memiliki cukup lahan Cara Menanam Pepaya Dalam Pot Dari Biji
Tanaman pepaya dengan daun-daun yang mulai melebar harus dipindahkan pada pot atau wadah yang lebih besar. Lakukan terus perawatan menyerupai penyiraman teratur serta pemupukan.

 dan ingin bertanam namun tidak memiliki cukup lahan Cara Menanam Pepaya Dalam Pot Dari Biji
Perawatan menyerupai penyiangan dan penyulaman juga harus dilakukan saat tanamannya tumbuh semakin besar.

Penyulaman tumbuhan dilakukan sehabis berumur 1,5 bulan semenjak tanam. Tanaman yang tumbuh buruk dicabut dan sanggup diganti dengan bibit baru. Amati pohon dikala bunga pertama tumbuh pada ketiak daun. Bunga ini mulai tumbuh dikala usia tanam 4 bulan. Bila tumbuh tunggal berarti bunga betina dan kalau bergerombol berarti jantan. Pohon harus dicabut dan diganti dengan bibit baru. Untuk suplai nutrisi dilakukan pemupukan susulan yang dimulai pada ahad kedua sehabis bibit dipindah tanam. Gunakan pupuk sangkar atau pupuk kompos.


Pemanenan Buah Pepaya


 dan ingin bertanam namun tidak memiliki cukup lahan Cara Menanam Pepaya Dalam Pot Dari Biji


Budidaya pepaya sanggup dipanen sehabis masa tanam 9 bulan. Produktivitas tergantung kondisi iklim, varietas dan perawatan. Buah pepaya yang dipetik harus mendekati stadium matang pohon. Cirinya terdapat garis menguning pada kulit buahnya. Bila akan dikirim jauh maka sanggup dipetik lebih awal. Buah pepaya muda juga sering dimanfaatkan sebagai materi sayur. Selain itu daun pepaya muda suka dipakai sebagai lalapan.


Nah, demikian tadi cara budidaya buah pepaya dalam pot. Selamat mencoba dan dapatkan manfaat berlebih dari pohon pepaya.


Anda juga sanggup membeli aneka benih pepaya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Pepaya Dalam Pot Dari Biji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel