-->

iklan banner

Cara Mengatasi Permasalahan Nilai Tidak Terkirim Ke Wali Kelas Pada Aplikasi E-Rapor Smp

e-Rapor Sekolah Menengah Pertama Versi 2018
Sejak diluncurkannya aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama versi 2018 beberapa waktu yang kemudian ternyata di lapangan berbagai hambatan teknis yang dihadapi oleh para pengguna aplikasi e-Rapor tersebut. Sebenarnya cukup dimaklumi jika banyak permasalahan terkait e-Rapor yang terjadi di lapangan. Dengan adanya permasalahan tersebut justru tim pengembang aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama menjadi tahu dan sanggup memperbaiki serta menyempurnakan aplikasi tersebut.

Salah satu permasalahan yang juga dialami oleh operator sekolah dalam mengelola aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama yaitu ternyata nilai tidak terkirim ke wali kelas pada aplikasi e-Rapor SMP. Jika dirunut dengan secama, permasalahan nilai tidak dikirim ini sanggup disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama, kemungkinan disebabkan lantaran mata pelajaran belum terpetakan dengan baik pada mapping mata pelajaran. Kesalahan elementer ibarat ini sanggup saja terjadi pada operator sekolah manapun.

Kedua, permasalahan tersebut sanggup saja disebabkan lantaran direktur atau operator sekolah belum menciptakan KKM dan interval predikat mata pelajaran. Sehingga hal tersebut berdampak pada nilai yang tidak sanggup dikirim ke wali kelas.

Ketiga, kemungkinan disebabkan lantaran direktur lupa menyimpan pembobotan rencana evaluasi PH (Penilaian Harian, Perguruan Tinggi Swasta (Penilaian Tengah Semester) dan PAS (Penilaian Akhir Semester). Sehingga sistem tidak sanggup membaca nilai yang akan dikirim ke wali kelas.

Terakhir, hal yang menimbulkan nilai tidak terkirim ke wali kelas lantaran adanya notifikasi teks berwarna merah pada proses deskripsi nilai. Sebagaimana diketahui bahwa deskripsi nilai pada aplikasi e-Rapor dibatasi sampai 200 karakter. Jika lebih dari 200 abjad maka kelebihan teks tersebut akan berwarna merah. Hal ini menimbulkan sistem tidak mau mengirim nilai.

Nah untuk mengatasi nilai yang tidak terkirim ke wali kelas pada aplikasi e-Rapor Sekolah Menengah Pertama tersebut, ada beberapa cara yang sanggup dipakai ibarat berikut ini.

  1. Memastikan bahwa mata pelajaran tersebut telah terpetakan pada “Mapping Mata Pelajaran” , Admin sanggup meninjau kembali pada sajian “Referensi Data Lokal>>Mapping Mapel”.
  2. Memastikan bahwa KKM dan interval predikat mata pelajaran tersebut telah di buat oleh Admin.
  3. Admin sanggup meninjau kembali pada sajian “Referensi Data Lokal>>Data KKM Mata Pelajaran”. Kemudian tinjau pula “Referensi Data Lokal>>Data Interval Predikat”
  4. Pada guru mata pelajaran, pastikan bahwa pembobotan pada rencana evaluasi PH,PTS dan PAS telah disimpan. 
  5. Pada guru mata pelajaran, pastikan bahwa pada “Proses Deskripsi” tidak ada teks yang berwarna merah. Jika ditemukan teks deskripsi berwarna merah, ini berarti deskripsi melampaui batas maksimum 200 karakter.
  6. Selanjutnya edit Deskripsi tersebut sampai kurang dari 200 karakter.
  7. Klik tombol “Simpan” kemudian pilih sajian “Kirim Nilai Akhir”

Bagaiman, cukup terperinci kan? Jika masih belum terselesaikan kemungkinan ada dilema pada aplikasi dapodik atau e-Rapornya lantaran proses instalasi yang tidak sempurna.
Sumber http://sidapodikdas.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Permasalahan Nilai Tidak Terkirim Ke Wali Kelas Pada Aplikasi E-Rapor Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel