-->

iklan banner

Definisi Persepsi

menurut davidoff, persepsi merupakan cara kerja atau proses yang rumit dan aktif, alasannya ialah tergantung pada sistem sensorik dan otak (davidoof, 1988: 237). bagi manusia, persepsi merupakan suatu aktivitas yang pleksibel, yang sanggup mengikuti keadaan secara baik terhadap masukan yang berubah-ubah.

dalam kehidupan sehari-hari, tampak bahwa persepsi insan memiliki kemampuan mengikuti keadaan dengan baik terhadap lingkungan dan budayanya. dalam konteks ini, pengalaman-pengalaman pada aneka macam kebudayaan yang berbeda sanggup mensugesti bagaimana warta penglihatan itu diproses. pengalaman budaya berperan sangat penting dalam proses kognitif, alasannya ialah tangapan dan pikiran yang merupakan alat utama dalam proses kognitif selalu bersumber darinya. dengan demikian pengalaman seseorang yang merupakan akumulasi dari hasil berinteraksi dengan lingkungan hidupnya setiap kali dalam masyarakat, lokasi geografisnya, latar belakang sosial-ekonomi-politiknya, keterlibatan religiusnya, sangat memilih persepsinya terhadap suatu aktivitas dan keadaan.

karena kebudayaan dinyatakan sebagai segala sesuatu yang berafiliasi bersahabat dengan sikap insan dan kepercayaan, maka ia mencakup aneka macam hal dalam kehidupan manusia, yang diantaranya ialah agama, pendidikan, struktur sosial ekonomi, teladan kekeluargaan, kebiasaan mendidik anak, dan sebagainya. dengan demkian sanggup dikatakan bahwa kondisi kehidupan seseorang sehari-harinya sangat mensugesti persepsi pada setiap insiden sosial, dimana dalam setiap aktivitas sosial tersebut selalu melibatkan kekerabatan antar-subjek dan terbentuknya makna. makna tersebut akan memilih kesanggupan seseorang untuk terlibat dan berpartisipasi pada aktivitas tertentu dalam masyarakatnya (sutopo, 1996: 133).

dalam kamus besar bahasa indonesia, persepsi diintepretasikan sebagai jawaban atau penerimaan pribadi dari sesuatu, atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui panca inderanya (depdikbud, 1995:759). persepsi selalu berkaitan dengan pengalaman dan tujuan seseorang pada waktu terjadinya proses persepsi. ia merupakan tingkah laris selektif, bertujuan, dan merupakan proses pencapaian makna, dimana pengalaman merupakan faktor penting yang memilih hasil persepsi (sutopo, 1996:133).

teori persepsi
Sumber http://2frameit.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi Persepsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel