-->

iklan banner

Perencanaan Kinerja

perencanaan kinerja merupakan proses penyusunan planning kinerja sebagai klasifikasi dari sasaran dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam planning stratejik, yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah melalui banyak sekali kegiatan tahunan. didalam planning kinerja ditetapkan planning capaian kinerja tahunan untuk seluruh indikator kinerja yang ada pada tingkat sasaran dan kegiatan.penyusunan planning kinerja dilakukan seiring dengan kegiatan penyusunan dan kebijakan anggaran, serta merupakan janji bagi instansi untuk mencapainya dalam tahun tertentu.

komponen planning kinerja
dokomen planning kinerja memuat gosip tentang: sasaran yang ingin dicapai dalam tahun yang bersangkutan; indikator kinerja sasaran, dan planning capaiannya.selain itu dimuat pula keterangan yang antara lain menjelaskan keterkaitan kegiatan, dengan sasaran, kebijakan dengan programnya, serta keterkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi/ sektor lain.

adapun komponen planning kinerja meliputi:
1.   sasaran
sasaran  yang dimaksud pada planning kinerja ini yakni sasaran sebagaimana dimuat dalam dokumen renstra. selanjutnya diidentifikasi sasaran mana yang akan diwujudkan pada tahun yang bersangkutan beserta indikator dan planning tingkat capaiannya (targetnya).

 2.  program
program-program yang ditetapkan merupakan program-program yang berada dalam lingkup kebijakan tertentu sebagaimana dituangkan dalam taktik yang diuraikan pada dokumen planning strategi. selanjutnya perlu diidentifikasi dan ditetapkan program-program yang akan dilaksanakan pada tahun bersangkutan, sebagai cara untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

 3.  kegiatan
kegiatan yakni tindakan aktual dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan oleh instansi pemerintah sesuai dengan kebijakan dan kegiatan yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu. dalam komponen kegiatan ini perlu ditetapkan indikator kinerja kegiatan dan planning capaiannya.

 4.    indikator kinerja kegiatan
indikator kinerja ialah ukuran kuantitatif dan kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu kegiatan yang telah ditetapkan. indikator kinerja kegiatan yang akan ditetapkan dikategorikan kedalam kelompok:
  1. masukan (inputs) yakni segala sesuatu yang diperlukan biar pelaksanaan kegiatan dan kegiatan sanggup berjalan atau dalam rangka menghasilkan output, contohnya sumber daya manusia, dana, material, waktu, teknologi, dan sebagainya.
  2. keluaran (outputs) yakni segala sesuatu berupa produk/ jasa (fisik dan atau non fisik) sebagai hasil eksklusif dari pelaksanaan suatu kegiatan dan kegiatan menurut masukan yang digunakan.
  3. hasil (outcomes) yakni segala sesuatu yang mencerminkan berfungsinya keluaran kegiatan pada jangka menengah.outcomes merupakan ukuran seberapa jauh setiap produk/ jasa sanggup memenuhi dan cita-cita masyarakat.
  4. manfaat (benefits) yakni kegunaan suatu keluaran (outputs) yang dirasakan eksklusif oleh masyarakat.dan sanggup berupa tersedianya kemudahan yang sanggup diakses oleh publik.
  5. dampak (impact) yakni ukuran tingkat imbas sosial, ekonomi lingkungan atau kepentingan umum lainnya yang dimulai oleh capaian kinerja disetiap indikator dalam suatu kegiatan.
indikator-indikator tersebut secara eksklusif atau tidak eksklusif sanggup mengindikasi sejauh mana keberhasilan pencapaian sasaran.dalam korelasi ini, penetapan indikator kinerja kegiatan merupakan proses identifikasi, pengembangan, seleksi dan konsultasi perihal indikator kinerja atau ukuran kinerja atau ukuran keberhasilan kegiatan dan program-program instansi.

penetapan indikator kinerja kegiatan harus didasarkan pada asumsi yang realistis dengan memperhatikan tujuan dan sasaran yang ditetapkan serta data pendukung yang harus diorganisasi, indikator kinerja dimaksud hendaknya (1) spesipik dan terperinci , (2) sanggup diukur secara objektif, (3) relevan dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai,dan (4) tidak bias.

Sumber http://2frameit.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perencanaan Kinerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel