-->

iklan banner

√ 3 Alasan Ini Sebabkan Bisnis Ukm Indonesia Sulit Berkembang!

 Alasan Ini Sebabkan Bisnis UKM Indonesia Sulit Berkembang √ 3 Alasan Ini Sebabkan Bisnis UKM Indonesia Sulit Berkembang!Bisa dikatakan kini ini Usaha Mikro dan Menangah (UKM) jadi lebih banyak didominasi pelaku ekonomi di Indonesia yang jumlahnya mencapai lebih dari 59 juta. Tapi sayangnya, pertumbuhan jumlah pelaku bisnis UKM di Indonesia belum diimbangi dengan perkembangannya di tengah pasar grlobal.


Kendala terbesar dalam meningkatkan daya saing bisnis UKM bersumber pada rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Baik dari segi keterampilan, kompetensi, etos kerja, huruf SDM, kesadaran mutu, standardisasi produk dan kualitas pelayanan, hingga kewirausahaan dan manajerial.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Selain itu, hambatan teknik produksi, pengembangan produk, desain kemasan, quality control, administrasi organisasi bisnis, pengelolaan keuangan usaha, serta cara pemasaran juga masih sering dikeluhkan para pelaku UMKM Indonesia.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Meski dari segi absorpsi tenaga kerja dan kapasitas produksi kini ini bisnis UKM di Indonesia sudah mulai mengalami peningkatan, tapi bila dilihat dari segi quality control masih sangat jauh. Yang diutamakan pelaku UMKM hanya jumlah produksi yang tinggi biar dapat segera dipasarkan, padahal di luar sana banyak produk serupa yang siap bersaing.


Agar dapat berkembang dan siap bersaing di pasar global, setidaknya ada tiga kelamahan UMKM yang perlu dioptimalkan, ialah dari segi SDM, permodalan, dan yang terakhir saluran pemasaran.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 3 Alasan Ini Sebabkan Bisnis Ukm Indonesia Sulit Berkembang!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel