-->

iklan banner

Cara Menanam Jagung Elok Yang Gampang Diikuti

Cara menanam jagung anggun sanggup di lakukan dengan sangat mudah. Bahkan bagi pemula pun juga sanggup mempraktikkannya secara pribadi lantaran dalam menanam jagung anggun tidak membutuhkan skill khusus. Sebelumnya telah dibahas wacana cara budidaya jagung anggun yang baik dan benar. Ada baiknya kalau kita juga mempelajarinya lebih detail lagi. Untuk itu, ayo baca terus artikel ini hingga tuntas.


Cara menanam jagung anggun sanggup di lakukan dengan sangat gampang Cara Menanam Jagung Manis yang Praktis Diikuti


Jagung yaitu salah satu jenis materi pangan yang sudah popular lebih dulu sebelum padi. Berbagai macam olahan jagung manis bisa menjadi sumber karbohidrat bagi badan dan bahkan dikonsumsi dengan cara yang sederhana menyerupai jagung anggun rebus dan jagung anggun bakar. Bahan pangan ini sanggup dijumpai dengan gampang dan dimana saja serta mempunyai harga jual yang sangat terjangkau sehingga siapa menciptakan penikmatnya semakin bertambah.


Tidak hanya lantaran itu saja, jagung ini rupanya juga mempunyai banyak khasiat yang sangat luar biasa bagi badan sehingga tidak rugi kalau anda mengonsumsinya. Oleh lantaran itu juga banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara menanam jagung manis. Beberapa orang yang beranggapan bahwa membudidayakan jagung ini sangat sulit. Padahal cara menanam jagung anggun ini sanggup dilakukan dengan mudah. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana caranya, pribadi saja simak ulasan dibawah ini.


Siklus Tumbuh Tanaman Jagung


Sebelum mengetahui bagaimana proses penanaman jagung ini, anda harus tahu lebih dulu bagaimana kembang tumbuh jagung yang sanggup dilihat dari siklus tumbuhnya. Makara sesudah bibit jagung anggun ini di tanam maka siklus hidupnya akan berkisar pada usia 60 hingga 150 hari. Pada usia tersebut ukuran tinggi tumbuhan jagung anggun ini sekitar 1 hingga 3 meter dan hal tersebut tergantung dari varietas bibit jagung anggun itu sendiri. Pada pertumbuhannya, tumbuhan ini akan mengalami dua siklus sekaligus, yaitu pada fase pertama ada siklus vegetatif dan di fase kedua ada siklus generatif. Akar dari jagung anggun ini masuk ke dalam jenis akar serabut dan penggalan batangnya masuk ke dalam jenis beruas yang bangkit tegak.


Langkah Langkah Menanam Jagung


Memilih Bibit Unggul


Jadi tahap pertama yang harus Anda lakukan pada cara menanam jagung anggun ini yaitu melaksanakan pemilihan bibit unggul. Gunakan bibit yang berkualitas tinggi yang tidak terjangkit oleh penyakit dan tidak mempunyai cacat fisik. Bibit unggul juga sanggup memperlihatkan hasil panen yang lebih berlimpah. Anda sanggup menemukan bibit jagung anggun unggul ini pada petani yang telah berhasil membudidayakan jagung anggun dan mempunyai hasil panen melimpah. Hal ini memang sangat penting lantaran apabila Anda melaksanakan cara menanam jagung anggun dengan benar akan jadi mubazir dan percuma ketika bibit jagung anggun yang Anda tanam tidak berkualitas.


Mengolah Media Lahan Tanam


Langkah berikutnya yaitu mengolah media lahan tanam. Pertama, Anda sanggup melaksanakan pencangkulan lahan hingga tanah menjadi gembur. Jika sudah maka diamkan lahan gembur tersebut selama 1 minggu. Kemudian pada proses pencangkulan, Anda juga harus memperhatikan lahan dari serangan gulma. Jika ternyata terdapat gulma pribadi saja bersihkan lahan tersebut. Jika ternyata kadar asam pada tanah terlalu tinggi atau pH tanah kurang dari 5, maka Anda sanggup menambahkan kapur dolomit dengan takaran takaran 1 ton untuk ukuran 2 hektar lahan.


Pupuk sangkar yaitu nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah yang mengakibatkan media lahan tanam lebih subur pada ketika proses penanaman jagung anggun ini berjalan, sehingga Anda perlu memperlihatkan pupuk sangkar untuk lahan Anda. Biasanya cara menanam di lahan memerlukan bedengan, namun untuk budidaya jagung ini tidak memerlukan bedengan sehingga Anda sanggup memanfaatkan drainase yang sanggup mengalirkan air hujan dengan jarak 4 meter supaya lahan tidak tergenang. Setelah itu, buatlah lubang untuk tanam tugalan yang ukuran kedalamannya 4 hingga 5 cm dengan memakai jarak sekitar 30 x 60 cm pada tiap tiap lubang.


Proses Penanaman Bibit


Langkah berikutnya pada proses tanam jagung anggun ini yaitu Anda sanggup memulai menanam bibit pada lubang tanam yang telah di buat di awal. Penanaman bibit ini sebaiknya di laksanakan pada awal trend penghujan dengan jumlah bibit 1 butir untuk setiap lubang. Langkah berikutnya yaitu lakukan penyulaman pada tanaman. Ketika benih sudah berusia 1 ahad maka Anda harus mengontrol atau mengamati pertumbuhannya. Apabila ternyata terdapat bibit yang tidak sanggup tumbuh dengan tepat maka Anda sanggup menggantinya dengan bibit yang gres supaya pertumbuhan tumbuhan nantinya sanggup seragam. Tahapan inilah yang disebut dengan penyulaman tanaman.


Cara menanam jagung anggun sanggup di lakukan dengan sangat gampang Cara Menanam Jagung Manis yang Praktis Diikuti
Jagung anggun yang mulai tumbuh sesudah penanaman benih beberapa hari kemudian.

Proses Penyiangan Dan Proses Pembubunan


Langkah selanjutnya yaitu melaksanakan proses penyiangan dan juga pembubunan pada tumbuhan jagung manis. Bila usia jagung sudah mencapai 2 minggu, maka Anda sanggup membersihkan dan mencabut rumput rumput liar yang biasanya akan tumbuh disekitar tumbuhan jagung Anda. Agar hasil panen sanggup berjalan secara maksimal maka Anda sanggup membersihkan gulma tumbuhan dengan cara alami dan tanpa memakai pestisida. Jika sudah maka lakukan proses pembubunan supaya batang jagung yang semakin tumbuh tinggi tidak gampang roboh. Anda sanggup melakukannya dengan cara mengumpulkan seluruh tanah yang ada di sekeliling tumbuhan ini untuk membentuk gundukan tanah yang berfungsi untuk memperkuat batang tanaman. Proses ini sanggup di lakukan apabila tumbuhan jagung sudah berusia 1 bulan kurang.


Proses Penyiraman


Cara menanam jagung anggun sanggup di lakukan dengan sangat gampang Cara Menanam Jagung Manis yang Praktis Diikuti


Tahap yang sangat penting pada cara menanam jagung anggun ini yaitu dengan melaksanakan proses penyiraman yang benar dan tepat. Penyiraman harus dilakukan secara rutin pada ketika trend kemarau datang supaya kelembaban dari lahan tersebut tetap terjaga dan terhindar dari kekurangan kadar air yang sangat di butuhkan pada proses pertumbuhan.


Pemberian Pupuk Susulan


Cara menanam jagung anggun sanggup di lakukan dengan sangat gampang Cara Menanam Jagung Manis yang Praktis Diikuti
Pemupukan susulan bisa dilakukan ketika tumbuhan jagung sudah berusia 2 bulan.

Pemupukan susulan ini juga sangat dibutuhkan oleh lahan tumbuhan yang sanggup dilakukan dengan memakai pupuk sangkar atau juga dengan memakai pupuk buatan yang fungsinya untuk menjaga kondisi tanah supaya tetap terjaga kesuburannya dan juga supaya tanah tetap kaya akan zat unsur hara. Pemberian pupuk ini sanggup dilakukan pada ketika usia tumbuhan jagung menginjak 2 bulan.


Proses Panen


Cara menanam jagung anggun sanggup di lakukan dengan sangat gampang Cara Menanam Jagung Manis yang Praktis Diikuti


Masa panen yaitu hal yang di tunggu tunggu oleh petani dan proses panen jagung anggun juga sangat bervariasi lantaran tergantung dari jenis varietas tumbuhan yang Anda tanam, kemudian suhu cuaca di lingkungan lahan, kemudian tingkat ketinggian dari tanah atau lokasi lahan. Jika berada di dataran rendah, maka penanaman jagung anggun akan memperlihatkan hasil panen yang lebih cepat dibanding dengan tumbuhan jagung yang berada di dataran tinggi. Pada ketika memasuki trend hujan, hasil panen jagung anggun juga akan berjalan lebih usang kalau dibandingkan dengan hasil panen di trend kemarau.


Itulah beberapa informasi mengenai cara menanam jagung anggun yang sanggup dilakukan dengan sangat mudah. Ulasan kali ini memberitahukan Anda bahwa ternyata menanam jagung anggun itu sangatlah mudah. Mungkin kendalanya yaitu modal media lahan untuk penanaman jagung anggun ini yang tentunya tidak hanya membutuhkan dana sedikit. Namun beruntung sekali kalau Anda mempunyai lahan nganggur atau lahan kosong yang pribadi sanggup Anda jadikan sebagai media untuk pembudidayaan tumbuhan jagung anggun ini.


Lihat juga yukk aneka benih tumbuhan jagung yang kami jual disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Jagung Elok Yang Gampang Diikuti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel