-->

iklan banner

✔ Cara Paling Ampuh Mengatasi Sakit Gigi, Serta Penyebabnya

Gigi berlubang merupakan salah satu tanda gigi tidak sehat. Penyebabnya adalah  plak, yaitu zat lengket di lisan yang sebagian besar tercipta akhir adanya tumpukan kuman atau bakteri. Bakteri dalam lisan rajin mengubah masakan menjadi asam. Apabila bakteri, sisa masakan yang tertinggal, air liur, dan asam dalam lisan bergabung menjadi satu, bersiap-siaplah akan munculnya plak. Dan asam pada plak pun kemudian sanggup merusak enamel pelindung gigi hingga membuat gigi berlubang.

Gigi berlubang biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun, jikalau lubang pada gigi semakin membesar, memengaruhi saraf, atau menimbulkan gigi patah, lain lagi ceritanya. Sakit gigi berlubang juga sanggup terjadi usai mengonsumsi masakan atau minuman yang cuek atau panas. Agar rasa sakit gigi berlubang tidak menghampiri setiap saat, ada baiknya segera mendatangi dokter gigi untuk menutup dan mengobati gigi yang berlubang.



Setiap orang niscaya pernah setidaknya sekali dalam hidupnya mengalami sakit gigi. Kondisi ini biasanya akan menimbulkan sakit kepala, gusi nyut-nyutan, hingga makan pun jadi terasa menyiksa. Jika Anda sedang sakit gigi, sebaiknya segera kunjungi dokter. Namun sementara itu, ada beberapa cara mengobati sakit gigi yang sanggup Anda lakukan sebagai kontribusi pertama sebelum pergi ke dokter.


Penyebab sakit gigi

Selain gigi berlubang, sakit di gigi juga sanggup disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini beberapa penyebab sakit di gigi paling umum yang harus Anda ketahui:


1. Sedang tumbuh gigi bungsu
Dalam banyak kasus, gigi bungsu yang sedang tumbuh biasanya akan membuat gigi Anda sakit. Gigi bungsu sering tumbuh dalam posisi yang tidak diinginkan atau berdesakan di kawasan yang terlalu ramai, sehingga sanggup menimbulkan nyeri berdenyut yang diiringi dengan serangan sakit tajam tiba-tiba.

2. Gigi sensitif
Memiliki gigi sensitif sanggup jadi penyebab Anda sering mengalami sakit di gigi. Biasanya, orang yang mempunyai gigi sensitif akan mencicipi nyeri tajam setiap kali makan atau minum sesuatu yang panas atau dingin. Gigi sensitif sanggup disebabkan lantaran resesi gusi (garis gusi surut hingga menimbulkan permukaan akar gigi menjadi terbuka) atau penipisan enamel gigi. Selain itu, perawatan gigi ibarat pengangkatan gigi busuk, pemasangan kawat gigi atau gigi palsu, juga sanggup menimbulkan gigi Anda menjadi sensitif.

3. Karies gigi
Karies gigi, alias gigi busuk, yakni penyebab lain Anda sering mengalami nyeri di gigi. Rongga kecil pada lapisan terluar gigi (enamel) biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tapi begitu pembusukan menebus melalui email gigi dan memengaruhi lapisa cuilan dalam gigi (dentin), gigi akan menjadi sangat sensitif. Jika dibiarkan, kondisi ini kemudian mengarah pada pembentukan lubang gigi.

Dalam karies gigi stadium lanjut, pembusukan berlangsung lebih dalam lagi, hingga ke lapisan terdalam gigi (pulp), yang menimbulkan rasa sakit intens yang tajam. Infeksi dari pembusukan gigi ini sanggup menimbulkan tamat hidup gigi dan menimbulkan bisul (penggumpalan nanah) di bawah akar gigi. Infeksi ini sanggup menyebar dan menimbulkan kerusakan gigi yang lebih parah serta penyakit gusi.

4. Penyakit gusi
Orang yang mempunyai penyakit gusi sangat rentan mengalami sakit gigi. Penyakit gusi terjadi lantaran adalnya penumpukan plak gigi di sekitar gusi. Hal ini membuat gusi Anda meradang. Peradangan yang disebabkan kuman dalam plak sanggup terasa menyakitkan lantaran menimbulkan gusi Anda membengkak, merah, dan berdarah. Jika kondisi ini terus berlanjut, Anda akan mengalami gingivitis.

Ketika sudah terkena gingivitis, Anda berisiko mengalami penyakit gusi yang lebih serius dan akan meningkatkan peluang Anda mengalami sakit di gigi berulang kali.


5. Kebiasaan menggeretakkan gigi
Anda punya kebiasaan menggeretakkan gigi ketika tidur? Mulai sekarang, ubalah kebiasaan jelek ini. Pasalnya, kebiasaan menggeretakkan gigi sanggup menimbulkan kerusakan saraf, yang pada karenanya menimbulkan keluhan sakit di gigi Anda.

Kebanyakan orang sanggup tidak menyadari mereka melaksanakan kebiasaan ini, terutama dilakukan ketika tidur. Selain itu, stres emosional dan ketegangan yakni penyebab utama kebiasaan menggeretakkan gigi. Jika gigi Anda menjadi lebih sensitif belakangan ini, jadi lebih kuning atau permukaannya datar, atau Anda berdiri dengan rasa sakit tumpul di belakang kepala atau rahang, Anda mungkin menggeretakkan gigi dalam tidur Anda.

6. Tambalan gigi lepas
Ketika tambalan gigi Anda longgar atau berada bersahabat area pembusukan gigi baru, tambalan sanggup patah, lepas, atau menjad aus. Anda mungkin akan mengalami rasa sakit tajam yang timbul-tenggelam ketika menggigit area tersebut. Anda juga mungkin menemukan bahwa area gigi yang sakit tersebut menjadi sangat sensitif.

7. Gigi patah/retak
Kadang, Anda mungkin mengalami sakit di gigi namun akar penyebabnya tidak terang diketahui. Bahkan, sakit di gigi tidak berasal dari gigi yang bolong atau penyakit gusi tertentu. Sakit di gigi tanpa alasan terang yang menimbulkan rasa sakit tumpul sanggup membuktikan gigi Anda retak atau patah, yang mungkin terlalu kecil untuk sanggup dilihat oleh mata telanjang.

Keretakan gigi mungkin terjadi lantaran kebiasaan mengunyah yang buruk, menggeretakkan gigi, cedera gigi, melemahnya gigi lantaran tambalan besar, dan sebagainya. Ketika retakannya parah, saraf yang mungkin terkena sanggup menimbukan rasa ngilu yang menyakitkan. Retakan gigi sanggup menjadi alternatif kawasan kuman berkumpul sehingga membuat infeksi yang menimbulkan kerusakan dan duduk kasus gigi lebih lanjut.

8. Penyebab lainya
Jika Anda baru-baru ini mengalami cedera pada persendian penyambung rahang dan tengkorak kepala (persendian temporomandibular), Anda mungkin sanggup mencicipi rasa sakit di sekitar gigi. Trauma rahang ini juga sanggup disebabkan oleh kebiasaan menggeretakkan gigi, arthritis, atau kanker lisan yang memengaruhi rahang.

Salah satu penyebab sakit gigi yang kurang umum, namun juga sama pentingnya untuk yakni sinusitis. Gigi belakang cuilan atas Anda mengembangkan saraf yang sama dengan rongga sinus. Akibatnya, rasa sakit yang hadir mungkin sanggup disebabkan oleh gigi, atau sebaliknya. Sakit gigi akhir sinus ini biasanya disertai/didahului oleh hidung yang tersumbat, dan nyeri di sekitar rongga hidung.

Jika Anda menduga salah satu dari alasan di atas yakni penyebab sakit gigi Anda, kunjungi dokter untuk diagnosis dan perawatan yang lebih akurat.


Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami


1. Menggunakan Garam

Garam selain berfungsi untuk bumbu dapur ternyata garam juga berfungsi sebagai obat sakit gigi yang tidak mengecewakan ampuh. Cara menggunakannya yaitu cukup gampang dengan melarutkan garam dengan air hangat kemudian air tersebut dipakai untuk berkumur. tapi perlu anda ingat, air tersebut hanya untuk “Berkumur” dan Jangan Ditelan.

2. Menggunakan Bawang Putih

Menurut Buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Juce C. Todd, bawang putih sanggup menyembuhkan sakit gigi dan gigi berlubang lantaran bawang putih mengandung senyawa antiseptik.

Cara dengan mengambil satu siung bawang putih dan letakkan pada gigi yang sakit atau berlubang. Lakukan selama 7 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas lisan dengan air hangat.

3. Menggunakan Sereh

Sereh (Bukan sirih) banyak dikenal dengan sebutan serai. Biasa dipakai sebagai bumbu penyedap dapur terutama untuk pepes ikan akan menambah aroma harum. Cara nya dengan Merebus 40 g Daun sereh segar dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah. kemudian berkumurlah dengan air rebusan daun sereh tersebut, lakukan cara ini 2 kali sehari biar menerima hasil yang maksimal.

4. Menggunakan Merica

Sejak dulu Merica memang sudah dikenal sebagai salah satu materi untuk obat alami tradisional untuk menyembuhkan sakit gigi, dan ini merupakan sebuah warisan dari leluhur.

Cara mengobati sakit Gigi dengan merica sangat mudah, Caranya yaitu Campur merica dengan Garam. berikan beberapa tetes air pada adonan merica dan garam tersebut hingga terbentuk menjadi sebuah pasta. Kemudian oleskan adonan tersebut pada Gigi yang berlubang atau gigi yang sedang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Untuk hasil yang maksimal, Cara ini sanggup anda lakukan setiap hari selama gigi masih sakit.

5. Menggunakan Daun Cengkeh

Cengkeh biasanya dipakai untuk materi perbuatan rokok, selain itu daun cengkeh ternyata sanggup dipakai untuk mengobati sakit gigi. Caranya Cuci beberapa helai daun cengkeh, kemudian seduh dengan air mendidih, kemudian lumatkan. peras dengan kain, kemudian basahi kapas dengan airnya, kemudian jejelkan kelubang gigi yang sedang sakit.

6. Dengan Menggunakan Bawang Merah

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga sangat baik untuk mengobati sakit gigi, lantaran bawang merah mempunyai kandungan anti microba. cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah juga terbilang sangat mudah, anda siapkan satu siung bawang merah kemudian memarkan, kemudian letakkan bawang merah tersebut di cuilan gigi yang berlubang atau gigi yang sakit. sesudah selesai anda tinggal berkumur dengan air hangat atau dingin.

7. Menggunakan Teh Hangat

Teh hangat selain bermanfaat sebagai materi alami untuk menghilangkan komedo membandel pada wajah juga sanggup membantu menghilangkan kuman di lisan dan mengurangi rasa sakit untuk sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.

Nah dari beberapa cara alami diatas silakan anda mencobanya, selain cara diatas bebas dari efek samping yang berbahaya bahan-bahannya juga gampang untuk didapatkan bukan. lalukan cara yang anda pilih secara rutin hingga gigi tidak lagi terasa sakit. nah, untuk Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat kami sudahi terlebih dahulu lantaran cara yang kami berikan sudah cukup jelas, jangan lupa jikalau artikel ini bermanfaat bantu kami share artikel ini supaya orang lain yang sedang membutuhkan terasa dibantu. terimakasih banyak.

Selain cara diatas, sebaiknya Anda juga mengindari masakan pantangan sakit gigi biar sakit gigi Anda tidak semakin parah. sekian semoga bermanfaat.


Sumber http://inirifany.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Cara Paling Ampuh Mengatasi Sakit Gigi, Serta Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel