-->

iklan banner

√ Semoga Nggak Malu-Maluin, Siapkan 5 Ini Sebelum Ekspo Ke Luar Negeri!

Bisa dibilang semua pelaku UKM di Indonesia niscaya pengen punya kesempatan ikut pameran ke  √ Biar Nggak Malu-maluin, Siapkan 5 Ini Sebelum Pameran ke Luar Negeri!Bisa dibilang semua pelaku UKM di Indonesia niscaya pengen punya kesempatan ikut pameran ke luar negeri. Bukan hanya untuk meningkatkan eksistensi bisnisnya saja, tapi juga untuk memperluas jangkauan pasar terutama kalau acara pameran tersebut diadakan di daerah benua Eropa.


Selain besarnya laba yang didapat pelaku UKM ketika menjual produknya dengan mata uang asing, acara pameran di luar negeri juga membuka peluang kerjasama dengan buyer ajaib yang dikenal mempunyai loyalitas cukup tinggi dengan produk-produk yang berkualitas.


Pasti kepengen kan produk buatanmu bisa eksis promosi hingga negara tetangga dan menerima respon kasatmata dari buyer asing? Nah, biar nggak malu-maluin waktu ikut pameran ke luar negeri, pastikan sebelumnya 5 hal yang kami kutip dari Kumparan.com ini sudah kau persiapkan dengan baik!


1. Jangan hingga jauh-jauh promosi ke luar negeri tanpa bawa kartu nama usaha, serta leaflet dan brosur


Saat mempromosikan sebuah produk dalam sebuah kegiatan pameran, setiap pengusaha berusaha untuk memberikan info yang lengkap kepada pengunjung (importir/pembeli) wacana keunggulan produk yang dijualnya.


Menjelaskan keunggulan produknya dalam 10 menit bukanlah hal yang tidak mungkin bagimu sebagai seorang distributor promosi sejati. Namun bagaimana bila terdapat lebih dari 10 pengunjung berbeda yang tiba silih berganti dalam setiap 5 menit? Sanggupkah kau melakukannya tanpa henti dalam waktu 4-5 jam? tantangan lainnya, kadang seorang pengunjung pameran internasional di Polandia hanya siap mendengarkan penjelasanmu hanya dalam waktu 3-5 menit saja, karena harus mengunjungi banyak anjungan pameran lainnya.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Kurangnya waktu yang kau miliki untuk menjelaskan info mengenai produk tersebut menciptakan tugas dari sebuah kartu nama, leaflet dan brosur menjadi penting. Kartu nama sanggup menjadi instrumen kunci dalam membangun jejaring bisnis (networking). Sebisa mungkin cetak dalam Bahasa Inggris biar pengunjung yang tiba memahami info yang disampaikan.


2. Siapkan pola produk biar buyer ajaib bisa melihat kualitas produkmu secara langsung


Dalam melaksanakan promosi produk di sebuah pameran internasional di negara manapun di dunia, pastikan kau membawa pola produk serta bentuk kemasan produknya untuk dipamerkan selama pelaksanaan acara pameran tersebut. <


Biasanya para pengunjung pameran internasional produk makanan dan minuman,  senang untuk merasakan produk yang kau promosikan untuk mengetahui rasa dan sensasi yang ditimbulkan oleh produk tersebut. Siapkan dirimu untuk menjawab pertanyaan yang pada umumnya menyinggung antara lain : materi dasar, proses produksi, proses pengemasan, negara-negara tujuan ekspor ketika ini serta harga jual di pasarnya.


Dalam pemilihan kemasan produk, sebaiknya produkmu memakai kemasan berstandar internasional sebelum dipromosikan di luar negeri. Tentu saja kau juga tidak menginginkan seorang pembeli membatalkan niatnya untuk membeli produkmu hanya alasannya kemasan produkmu yang tidak sesuai dengan standar yang dipakai di negara tersebut.


3. Modal utama pameran ke luar negeri tidak hanya produk, tapi juga kemampuanmu dalam berkomunikasi dengan bahasa asing


Agar sebuah produk sanggup dipromosikan dengan baik sepanjang pelaksanaan pameran berlangsung, kau harus bisa bersikap komunikatif kepada pengunjung.


Karena sifatnya pameran internasional, perilaku komunikatif cenderung menuntut para pengusaha harus bisa berkomunikasi memakai Bahasa Inggris yang baik, bahkan lebih elok lagi kalau kau sanggup berkomunikasi dengan bahasa ajaib dimana pameran tersebut diadakan. Situasi ini terkadang dapat menyulitkanmu, alasannya bahasa tersebut bukanlah sebuah bahasa yang dipelajari secara umum oleh masyarakat internasional, termasuk di Indonesia. Namun, hal ini sanggup disiasati dengan memanfaatkan warga lokal yang sanggup dibayar sebagai penerjemah bagi anda dalam mempromosikan produk.


Tidak hanya menjadi penerjemah, para warga lokal tersebut sanggup juga diminta untuk mempromosikan produkmu sepanjang pelaksanaan pameran.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



4. Pastikan penampilanmu di luar negeri tidak menciptakan aib negara Indonesia


Di Indonesia, pada ketika acara pameran berlangsung, kita terbiasa melihat para pengusaha yang mempromosikan produknya mengenakan pakaian batik sepanjang acara pameran berlangsung. Sementara dalam acara pameran internasional, para pelaku UKM bisa mengenakan setelan jas sepanjang pelaksanaan acara pameran. Mengenakan pakaian resmi apalagi yang menggambarkan ciri khas Indonesia, tentu bisa menunjukkan kesan elegan dan menarik sebagai seorang pebisnis.


5. Sebelum berangkat pastikan dokumen perizinan ekspor sudah kau kantongi


Pada ketika seorang pengunjung setuju untuk membeli produkmu, pastikan bahwa dokumen-dokumen terkait izin ekspor produk ke luar negeri telah siap. Bangun komunikasi yang baik dengan pihak KBRI, maupun kementerian terkait di Indonesia mengenai perizinan ekspor dan impor tersebut, sehingga hal tersebut tidak akan menjadi penghalang proses jual-beli produkmu kedepan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Semoga Nggak Malu-Maluin, Siapkan 5 Ini Sebelum Ekspo Ke Luar Negeri!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel