-->

iklan banner

Soal Kejuruan Tsm Engine Dan Kelistrikan Sepeda Motor

Soal Pilihan Ganda Materi kejuruan TSM / Teknik Sepeda Motor khususnya materi wacana engine, materi sistem materi bakar, materi kelistrikan sepeda motor

Soal Kejuruan TSM

Pilihlah satu jawaban yang anda anggap paling benar!


1.      Siklus mesin untuk mesin 4 langkah terdiri dari :
a)    Dua langkah piston satu kali putaran poros engkol
b)   Empat langkah piston dua kali putaran poros engkol
c)    Empat langkah piston satu kali putaran poros engkol.
d)    Tidak ada jawaban yang benar.


2.      Pada mesin 4 tak, apabila katup masuk terbuka dan katup buang tertutup, sementara piston bergerak dari TMA ke TMB, maka proses ini disebut :

a)    Langkah pembuangan
b)   Langkah usaha
c)    Langkah hisap
d)    Ketiga jawaban diatas salah

3.      Pada mesin 2 tak pada ketika piston bergerak dari TMB ke TMA dibawah piston  terjadi proses :
a)    Peghisapan materi bakar dari karburator.
b)   Pemampatan materi bakar kedalam ruang pembilasan.
c)    Jawaban tidak ada yang benar.
d)    Kedua jawaban (a dan b ) benar semua.

4.    Berikut yaitu mekanisme yang dilakukan sebelum melaksanakan penyetelan celah katup pada mesin sepeda motor :
a)    Melepas epilog lubang poros engkol, dan epilog lubang investigasi waktu pengapian
b)   Melepas epilog lubang penyetelan katup
c)    Memutar rotor generator berlawanan arah jarum jam pastikan katup masuk bergerak turun dan kemudian naik kembali, tepatkan  tanda “T” pada rotor generator dengan tanda penyesuainya.
d)    Jawaban a, b, c yaitu benar.

5.    Berikut yaitu mekanisme investigasi Tekanan kompresi pada mesin sepeda motor, kecuali :
a)    Memanaskan mesin dan kemudian mesin dimatikan
b)   Melepas cup busi dan busi
c)    Menutup penuh gas tangan
d)    Memasang meter tekanan kompresi pada lubang busi

6.    Prosedur investigasi tinggi permukaan oli pada mesin sepeda motor dalah sebagai berikut :
a)    Menghidupkan mesin dan biarkan berputar stasioner selama 2-3 menit
dan kemudian matikan mesin
b)   Menempatkan sepeda motor pada standar tengannya dan pada mermukaan lantai yang rata
c)    Melepas tutup pengisi oli / batang pengukur dan periksa tinggi permukaan oli
d)    Jawaban a,b,c yaitu benar

7.    Pada umumnya mesin sepeda motor memakai sistem pendingin menyerupai dibawah ini, kecuali :
a)    Sistem pendinginan udara
b)   Sistem pendingin udara yang ditiupkan ( force air )
c)    Sistem pendingin turbo charger
d)    Sistem pendinginan air ( water cooled  )

8.    Berikut yaitu komponen-komponen sistem pendinginan air, pada sepeda motor, kecuali :
a)    Water jacket
b)   Water cendimeter
c)    Radiator
d)    Water pump

9.     Pemeliharaan  sistem pendingin udara yaitu sebagai berikut , kecuali  :
a)    Membersihkan Rusuk Pendingin hingga higienis dengan memakai angin dari kompressor.
b)   Memberi lapisan cat pada rusuk pendingin
c)    Jangan menghidupkan mesin terlalu usang kalau tidak dijalankan
d)    Bersihkanlah Sela-sela lubang angin pada silinder atau head silinder dengan angin dari kompressor.

10. Suatu alat yang dipergunakan untuk menguji kebocoran system pendinginan air pada sepeda motor, disebut :
a)    Hydrometer
b)   Odometer
c)      Radiator tester
d)      Tacho meter

11. Fungsi karburator pada sistim materi bakar sepeda motor yaitu ;
a)    Untuk mengatur jumlah udara yang akan masuk ke dalam silinder
b)   Untuk mengatur jumlah materi bakar  yang akan masuk ke dalam silinder
c)    Untuk mencampur materi bakar dan udara sesuai dengan beban kerja mesin
d)    Untuk menyuplai materi bakar kedalam mesin.

12. Komponen-komponen karburator yaitu sebagai berikut, kecuali :
a)    Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, nedle jet holder
b)   Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve
c)    Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, pilot screw
d)    Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve dan power valve

13.    Makin tinggi oktan materi bakar  artinya :
a)    Bahan bakar tersebut makin tidak gampang terbakar
b)   Bahan bakar tersebut makin gampang terbakar
c)    Bahan bakar tersebut lebih banyak didominasi terjadi detonasi pada mesin
d)    Bahan bakar tersebut buruk untuk pembakaran

14. Penyebab adonan materi bakar terlalu kaya / gemuk diantaranya ialah :
a)    Ada kebocoran udara yang masuk
b)   Katup cuk macet /dalam keadaan tertutup
c)      Penyetelan putaran stasioner tidak benar
d)      Elemen saringan udara tidak terpasang

15. Penyebab adonan materi bakar terlalu miskin / kurus  ialah sebagai berikut, Kecuali :
a)    Katup pelampung tidak bekerja dengan baik
b)   Selang pernapasan karburator tersumbat
c)    Elemen saringan udara dalam keadaan kotor
d)    Spuyer karburator tersumbat.

16. Apa bila lemen saringan udara dalam keadaan kotor, maka adonan udara dan materi bakar pada karburator akan menjadi :
a)  Campuran akan menjadi tepat
b) Campuran akan menjadi miskin
c)  Campuran akan menjadi kaya
d)  Campuran akan menjadi ekonomis

17.    Bila baut penyetel Idle Mixture Adjusting Screw Karburator (setelan angin)
diputar arah ke dalam maka :
a)    Jumlah udara lebih banyak
b)   Jumlah bensin lebih banyak
c)    Jumlah udara lebih sedikit
d)    Jumlah bensin lebih sedikit

18. Komponen ini mangatur anutan bensin di karburator pada saat  mesin putaran rendah
a)    Slow jet
b)   Main jet
c)    Throtle Valve
d)    Venturi

19. Pernyataan dibawah ini yaitu mekanisme penyetelan karburator sepeda motor, kecuali :
a)    Mesin  telah dipanasi temperatur kerja
b)    Mesin dalam kondisi dingin
c)   Elemen saringan telah diperiksa
d)    Kompenen-komponen karburator telah diperiksa

20. Pada Ignition Switch  menghubungkan dan memutuskan:
a) Regulator dengan alternator
b) Alternator dengan motor starter
c)  Massa dengan igniton coil
d) Baterai dengan massa

21.    Fungsi kumparan primer pada coil yaitu :
a)  Membuat magnit permanen pada coil.
b) Menginduksi kumparan secunder coil
c)  Membuat loncatan bunga api
d)  Mengatur lamanya platina menutup.

22. Pada pengapian yang memakai platinaTegangan tinggi pada coil akan menjadi rendah / dibawah standar sebab :
a)  Sering timbul bunga api pada kontak platina.
b) Tegangan battery yang masuk ke Coil rendah.
c)  Condensor yang sudah tidak berfungsi dengan baik
d)  Jawaban a,b,c yaitu benar.

23. Apabila terjadi panas yang berlebihan pada coil kendaraan balasannya :
a)  Arus tegangan tinggi pada busi makin baik.
b) Arus tegangan tinggi pada busi makin menurun
c)  Arus tegangan accu menjadi tidak stabil
d)  Arus tegangan accu menjadi rendah.

24. Pada pengapian yang memakai platinaTegangan tinggi pada coil akan   menjadi rendah / dibawah standar sebab :
a)  Sering timbul bunga api pada kontak platina.
b)  Tegangan battery yang masuk ke Coil rendah.
c)  Condensor yang sudah tidak berfungsi dengan baik
d)  Jawaban a,b,c yaitu benar.

25. Terjadinya teganggan tinggi ( kurang lebih 20.000 Volt ) pada ignition coil  yaitu :
a)  Pada ketika platina mulai menutup
b) Pada ketika platina mulai membuka.
c)  Pada ketika platina tetap menutup
d)  Pada ketika platina selesai membuka

26. Pengaturan Saat pengapian (igniton timing) pada sepeda motor ditentukan oleh :
a)  Pemilik sepeda motor
b) Workshop manual
c)  Kebijakan bengkel masing-masing
d)  Teknisi / mekanik

27. Di bawah ini adalah  komponen sistem pengapian sistem CDI
a)  Sumber arus, Coil, Busi, Flasher
b)  Sumber Arus, Coil, Busi, Flasher, CDI Unit
c)    Sumber arus, Busi, Coil, Pick Up coil, rotor,  CDI Unit
d)   Sumber arus, Busi, Coil, Pick Up coil,  CDI Unit

28. Sumber  listrik sepeda motor menggunakan   :
a)    Accu dan alternator
b)   Alternator  dan Regulator
c)    Starter motor dan alternator
d)    Rotor.

29. Berat jenis air acuu yang baik yaitu :
a)    1.2
b)   1.26
c)    2,16
d)    0,27

30.  Untuk mengukur berat jenis  accu  dipergunakan alat sebagai berikut :
a)    Multi tester
b)   Micro meter
c)    Hydrometer
d)    Silinder gauge.

31.   Kapasitas battery sanggup diketahui dari :
a.  Voltage
b.  Ampere
c.   Spesifikasi di kotak battery
d.  Semua jawaban salah

32.   Kelebihan Battery kering yaitu :
a)  Tidak butuh perawatan berkala
b) Umur pakai lebih lama
c)  Arus listrik lebih kecil
d)  Tidak ada penguapan elektrolit

33. Jika elektrolit didalam battery volumenya  dibawah batas lower level akan menyebabkan  :
a.  Sel-sel pada  battery akan cepat rusak
b.  Kapasitas voltage sel battery bertambah
c.   Amper batterai bertambah
d.  Semua jawaban salah

Pembahasan dan Kunci jawaban soal kejuruan TSM engine dan kelistrikan
Sobat pembaca yang budiman demikian materi pertanyaan yang sanggup saya bagikan semoga menambah perbendaharaan atau bank soal bapak / ibu guru khususnya guru kompetensi keahlian TSM

Sumber http://jawaban-soal.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Kejuruan Tsm Engine Dan Kelistrikan Sepeda Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel