-->

iklan banner

✔ Struktur Dan Fungsi Bagian-Bagian Sel (Prokariotik)

Assalamualaikum Wr. Wb.

baik postingan aku selanjutnya tetap pada sub penggalan sel bahan sma kelas 11 yaitu, struktur sel prokariotik (sel belum memiliki membran plasma). tidak usah berlama-lama pribadi saja CHECK IT OUT.

1. Struktur Sel Prokariotik


a. Dinding Sel
            Tersusun atas peptidoglikan, lipid, dan protein. Dinding sel berfungsi sebagai pelindung  dan pemberi bentuk tetap. Pada dinding sel terdapat pori-pori sebagai jalan keluar masuknya molekul-molekul.
b. Membran Plasma
            Tersusun atas molekul lipid dan protein. Membran plasma berfungsi sebagai pelindung molekular sel terhadap lingkungan di sekitarnya, dengan jalan mengatur kemudian lintas molekul dan ion-ion dari dalam.

c. Sitoplasma
            tersusun atas air, protein, lipid, mineral, dan enzim-enzim. Enzim-enzim dipakai untuk mencerna masakan secara ekstraselular dan untuk melaksanakan metabolisme sel. Metabolisme sel mencakup proses penyusunan (anabolisme) dan Penguraian (katabolisme) zat-zat.

d. Mesosom
            Lekukan dari membran plasma dan membentuk mesosom. Mesosom berfungsi sebagai penghasil energi (pengganti mitokondria pada sel eukariotik). Pada mesosom terdapat enzim-enzim pernafasan yang berperan dalam reaksi-reaksi oksidasi untuk menghasilkan energi.

e. Ribosom
            merupakan organel kawasan berlangsungnya sintesi protein.

f. DNA
            DNA (deoxiribonucleat acid) atau asam deoksiribonukleat merupakan persenyawaan yang tersusun atas gula deoksiribosa, fosfat, dan basa-basa nitrogen. DNA berfungsi sebagai pembawa isu genetk, yaitu sifat-sifat yang harus diwariskan kepada keturunannya. Oleh alasannya ialah itu DNA disebut juga bahan genetik.

g. RNA

            RNA (Ribonucleat acid) atau asam ribonukleat merupakan persenyawaan hasil transkripsi DNA. Makara penggalan DNA tertentu melaksanakan transkripsi membentuk RNA.RNA membawa kode-kode genetik sesuai pesanan DNA. Selanjutnya, kode-kode genetik itu diterjemakan dalam bentuk urutan asam amino dalam proses sintesis protein.

itulah tadi citra umum wacana susunan sel Prokariotik. Mohon maaf jikalau ada yang salah, jangan lupa di tunggu kritik dan saran atau apapun hal yang ditanyakan silahkan di tulis di kolom komentar berikut ini. terima kasih, 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber http://biolog-1437.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Struktur Dan Fungsi Bagian-Bagian Sel (Prokariotik)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel