-->

iklan banner

Zaman Prasejarah Menurut Geologi

Pengertian Zaman Prasejarah



Zaman Prasejarah sering disebut zaman nirleka, artinya dimana insan belum mengenal tulisan, nir artinya “tidak” dan leka artinya “tulisan/aksara”. jadi zaman prasejarah ialah zaman sebelum memasuki zaman sejarah dan belum mengenal tulisan/aksara.



sebelum sanggup didiami insan pada zaman ini, bumi telah mengalami perubahan secara perlahan. Kulit bumi beberapa kali mengalami perubahan, terjadinya perubahan dikarenakan gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor dan terjadinya banjir. tanda-tanda tersebut mengubah penampakan bumi. untuk mengetahui pembentukan bumi, pembentukan bumi dibagi menjadi 2, salah satu nya menurut geologi yang mau saya jelaskan.



Pengertian Geologi


Geologi ialah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan geologi, terjadinya perubahan bumi hingga kini dibagi kedalam empat zaman



Perubahan zaman dibagi menjadi 4, yaitu  :


1. Zaman Masa Arkaikum

Masa ini berlangsung sekitar 2.500 juta tahun yang lalu. masa arkaikum merupakan masa awal yang artinya masa awal pembentukan bumi dari inti hingga kulit bumi.



2. Zaman Masa Palaeozoikum

Masa ini terjadi kira-kira 340 juta tahun yang lalu. palaeozoikum artinya ialah zaman bumi purba. pada masa ini dipermukaan bumi mulai terbentuk hidrosfer dan atmosfer. pada masa itu telah muncul tumbuhan, dan binatang yang berkembang pertama kali nya, termasuk flora paku, paku ekor kuda, amfibi, serangga, dan reptilia.



3. Zaman Masa Mesozoikum

Pada zaman mesozoikum ini, bumi mengalami perkembangan yang sangat cepat dengan ditandai dengan muncul nya hewan-hewan bertubuh besar, menyerupai binatang reptilia pemakan daging. menyerupai dinosaurus menguasai daratan, ichtiyosaurus berburu didalam lautan, dan pterosaurus merajai angkasa. pada zaman ini muncul juga binatang mamalia.



4.  Masa Neozoikum

Zaman ini berlangsung kira-kira 60 juta tahun yang lalu, dan dibagi menjadi dua masa yaitu :


  • Zaman Tersier 

  • Zaman Kuarter

  • Kala Pleistosen

  • Kala Holosen


Terimakasih telah mengunjungi blog saya, untuk mempelajari wacana zaman prasejarah menurut geologi,  saya ucapkan terimakasih 🙂


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Zaman Prasejarah Menurut Geologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel