-->

iklan banner

Pengertian, Jenis, Dan Efek Gempa Bumi Lengkap


Pengertian, Jenis, dan Dampak Gempa Bumi. Bicara soal gempa niscaya semua negara pernah mencicipi gempa, oleh lantaran itu biar tidak menjadi bencana, kita harus mengantisipasi tiba nya gempa. Antisipasi yaitu awal paling penting untuk menyelamatkan diri dari gempa.



Pengertian Gempa Bumi


gempa bumi atau dalam dunia geografi dikenal dengan kata seisme, seisme yaitu guncangan tanggapan pergerakan lapisan batau bumi  atau lempeng bumi yang berasal dari permukaan bumi.


Gempa Bumi merupakan getaran atau guncangan dipermukaan bumi ang disebabkan oleh gelombang seismik dai pusast gempa. Gempa sering terjafi tanggapan tumpukan antar lempeng tektonik yang disebabkan akitvitas magma didalam bumi. Getaran ini bersumber dari dalam bumi, merambat dari permukaan bumi, dan menembus bumi sehingga makhluk hidup yang berada dipermukaan bumi sanggup mencicipi geetaran nya. Gerak Getaran gempa bumi sangat lah cepat sehingga sulit untuk memprediksi nya.






Jenis-Jenis Gempa Bumi


1. Gempa Tektonik
Gempa tektonik ditimbulkan oleh pergerakan lempeng tektonik. Gempa ini sanggup menjadikan patahan atau retakan batuan kerak bumi. Gempa tektonik bis sangat berpengaruh dan mencakup wilayah yang luas sehingga sering menimbukan kerusakan atau musibah hebat.


2. Gempa Vulkanik


Gempa Vulkanik, ditimbulkan oleh kegiatan gunung api, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Gempa vulkani kurang berpengaruh dibanidingkan gempa tektonik dan hanya terasa didaerah sekitar gunung api.


3.Gempa Runtuhan


Gempa Runtuhan, Ditmbulkan oleh runtuhnya atap gua atau terowongantamabang didalam bumi. kekuatan gempa runtuhan relatif lemah dan hanya terasa disekitar runtuhan.

Berdasarkan episentrum gempa dibedakan menjadi 2 yaitu :




  • Gempa Sentral, Episentrum berbentuk titik. pola nya, gempa vulaknk, dan gempa runtuhan.

  • Gempa Linear, Episentrum berbentuk garis. pola nya gempa tektonik tanggapan patahan batuan.




Dampak Gempa Bumi



Gempa tidak hanya berdamapak pada lingkungan fisik, tetapi juga pada kehidupan sosial masyarakat. Damapak tanggapan gempa sebagai berikut :


  • Bangunan Roboh

  • Kebakaran

  • Korban patah tulang dan meninggal dunia

  • Permukaan tanah retak-retak

  • Jembatan ambruk dan jalan terputus

  • Tanah longsor

  • Banjir tanggapan tanggul jebol

  • Tsunami, tanggapan gempa dengan kekuatan (>6 skala Ritcher) didasar bahari dangkal.


Kesimpulanya gempa bumi yaitu getaran atau guncangan dipermukaan bumi yang ditimbulkan gelombang seismik antar lempeng tektonik, gempa juga memiliki jenis dan dampak dari gempa bumi.


Ya itulah klarifikasi wacana pengertian, jenis, dan damapak gempa bumi, Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih 🙂



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Jenis, Dan Efek Gempa Bumi Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel