Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 1 - 5
Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 1 hingga dengan nomor 5 tentang:
- besaran dan satuan,
- pengukuran,
- asam dan basa,
- klasifikasi zat, serta
- pemisahan zat.
Soal No. 1 wacana Besaran dan Satuan
Doni melaksanakan beberapa acara pengukuran dan diperoleh data sebagai berikut:
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (6)
- Massa beberapa telur dalam plastik 0,5 kg.
- Volume sebuah telur 40 cm3.
- Suhu kamar Doni 25 ℃.
- Tinggi meja berguru 80 cm.
- Luas kantor ayah Doni 12 m2.
- Denyut jantung Doni 78 denyut per menit.
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (6)
Pembahasan
Kunci utama menjawab soal di atas yaitu menghafal besaran pokok. Besaran pokok hanya ada 7, selain itu berarti besaran turunan.Ada berapa besaran turunan? Tak terhitung jumlahnya. Untuk itu, hafalkan saja besaran pokok berikut ini!
No | Besaran | Satuan | Alat Ukur |
1. | panjang | meter | mistar |
2. | massa | kilogram | neraca |
3. | waktu | sekon | stopwatch |
4. | kuat arus listrik | ampere | amperemeter |
5. | suhu | kelvin | termometer |
6. | intensitas cahaya | candela | fotometer |
7. | jumlah zat | mol | - |
Berdasarkan tabel, pernyataan di atas yang termasuk besaran pokok adalah:
- massa telur 0,5 kg [pernyataan 1]
- suhu kamar 25 ℃ [pernyataan 3]
- tinggi meja 80 cm [pernyataan 4]
Centimeter (cm) juga termasuk satuan pokok dalam sistem cgs (cm, gram, sekon) sedangkan meter (m) satuan pokok dalam sistem MKS (m, kg, sekon).
Jadi, hasil pengukuran Doni yang termasuk besaran pokok yaitu pernyataan 1, 3, dan 4 (B).
Soal No. 2 wacana Pengukuran
Sebuah mistar dipakai untuk mengukur panjang beberapa pensil ibarat gambar di bawah ini.
Berdasarkan gambar, panjang pensil yang benar yaitu ….
A. pensil I : 3,9 cm
B. pensil II : 3 cm
C. pensil III : 5,7 cm
D. pensil IV : 6,6 cm
Berdasarkan gambar, panjang pensil yang benar yaitu ….
A. pensil I : 3,9 cm
B. pensil II : 3 cm
C. pensil III : 5,7 cm
D. pensil IV : 6,6 cm
Pembahasan
Mari kita cermati pengukuran di atas!- pensil I : (5 – 3) cm = 2 cm [opsi A salah]
- pensil II : (7 – 4) cm = 3 cm [opsi B benar]
- pensil III : (5,7 – 3,5) cm = 2,2 cm [opsi C salah]
- pensil IV : (6,6 – 4,5) cm = 2,1 cm [opsi D salah]
Soal No. 3 wacana Asam dan Basa
Perhatikan gambar percobaan berikut ini!
Berdasarkan percobaan, larutan bersifat basa ditunjukkan oleh angka ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Berdasarkan percobaan, larutan bersifat basa ditunjukkan oleh angka ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Pembahasan
Larutan yang bersifat basa akan membirukan kertas lakmus, baik itu lakmus merah maupun lakmus biru. Sedangkan larutan yang bersifat asam akan memerahkan kertas lakmus, baik itu lakmus merah maupun lakmus biru.asam → merah
basa → biru
Dengan demikian, untuk memilih larutan basa cukup dilihat hasil akhirnya. Jika hasil jadinya lakmus merah menjadi biru atau lakmus biru tetap biru maka itulah larutan basa.
Pada percobaan di atas:
- lakmus merah menjadi biru [basa]
- lakmus merah tetap merah [asam]
- lakmus biru menjadi merah [asam]
- lakmus biru tetap biru [basa]
Soal No. 4 wacana Klasifikasi Zat
Perhatikan gambar berikut ini!
Berdasarkan gambar, campuran, senyawa, dan unsur secara berurutan ditunjukkan oleh angka ….
A. (1)-(2)-(3)
B. (2)-(3)-(1)
C. (2)-(1)-(3)
D. (3)-(2)-(1)
Berdasarkan gambar, campuran, senyawa, dan unsur secara berurutan ditunjukkan oleh angka ….
A. (1)-(2)-(3)
B. (2)-(3)-(1)
C. (2)-(1)-(3)
D. (3)-(2)-(1)
Pembahasan
Zat sanggup diklasifikasikan menjadi 3, yaitu:Unsur: zat tunggal yang tidak sanggup diuraikan dengan reaksi kimia biasa, contoh: aluminium (Al), kalsium (Ca). [gambar 1]
Senyawa: gabungan unsur atau beberapa yang terbentuk melalui reaksi kimia, contoh: gas hidrogen (H2), air (H2O). [gambar 2]
Campuran: gabungan unsur atau senyawa tanpa melalui reaksi kimia, teladan air tanah. [gambar 3]
Catatan:
Zat pada gambar (3) terdiri dari dua senyawa yang tergabung tanpa melalui reaksi kimia.
Jadi, campuran, senyawa, dan unsur secara berurutan ditunjukkan oleh angka 3, 2, 1 (D).
Soal No. 5 wacana Pemisahan Zat
Garam yang kita konsumsi pada umumnya berasal dari air laut. Petani garam di Madura memanfaatkan panas matahari untuk menciptakan garam. Mereka menampung air maritim pada tambak-tambak di tepi pantai sehingga sanggup terkena panas matahari pribadi kemudian secara sedikit demi sedikit akan dihasilkan garam dan diproses lebih lanjut sehingga diperoleh garam dapur yang siap dikonsumsi. Proses pemisahan yang dilakukan oleh petani garam tersebut yaitu ….
A. evaporasi
B. filtrasi
C. destilasi
D. kromatografi
A. evaporasi
B. filtrasi
C. destilasi
D. kromatografi
Pembahasan
Secara singkat, terbentuknya garam tersebut alasannya yaitu air maritim (air asin, mengandung garam) mengalami penguapan oleh panas matahari. Yang menguap hanya airnya sehingga tersisa garamnya.Termasuk proses apakah pemisahan ini? Mari kita pahami kembali istilah-istilah yang terjadi pada opsi balasan di atas!
- Evaporasi adalah proses perubahan molekul dari cair menjadi gas (proses penguapan)
- Filtrasi adalah proses pemisahan padatan dan cairan melalui selaput membran (proses penyaringan)
- Destilasi adalah proses pemisahan menurut perbedaan tingkat volatilitas (kemudahan menguap), proses ini dikenal istilah penyulingan
- Kromatografi adalah proses pemisahan menurut perbedaan pola gerak partikel dalam larutan.
Pembahasan IPA Sekolah Menengah Pertama UN 2017 No. 6 - 10
Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf di sini.
Demikian, membuatkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah. Sumber http://kakajaz.blogspot.com
0 Response to "Pembahasan Ipa Smp Un 2017 No. 1 - 5"
Posting Komentar