-->

iklan banner

30+ Pengertian Seni Tari Berdasarkan Para Hebat (Lengkap)

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap) - Macam macam seni sanggup dibagi menjadi beberapa kategori ibarat seni tari, seni musik, seni teater dan sebagainya. Adapun salah satu seni yang cukup terkenal dikalangan masyarakat luas yakni seni tari. Pengertian seni tari secara umum ialah cabang seni yang berafiliasi dekat dengan kebudayaan Nusantara. Seni tari tersebut ikut berkembang pesat ibarat halnya jenis seni lainnya. Meskipun zaman kini telah banyak berkembang seni seni tari modern. Seni tari tersebut mempunyai ciri khas tertentu yang menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya verbal wajah, gerakan kaki atau tangan, busana, lirikan mata dan hal hal yang ada kaitannya dengan keelokan.
 Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli  30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)
Seni Tari Nusantara
Seni tari intinya dilakukan dengan gerakan yang baik sehingga niat para penontonnya untuk ikut menari sanggup dibangkitkan. Kesenian menari tersebut memang sangat menarik dan membuat semua orang ingin tau akan apa yang terdapat didalamnya. Seni tari sanggup diartikan berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yakni seni gerak gerik atau tari menari yang memakai irama. Adapula yang mengartikan seni tari sebagai gerak badan di waktu dan tempat tertentu yang berirama untuk menjelaskan pikiran, perasaan, maksud dan untuk kepentingan dalam bergaul. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan wacana beberapa pengertian seni tari berdasarkan para jago lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)

Pengertian dari seni tari tidak hanya secara umum saja, melainkan juga berdasarkan beberapa pendapat para ahli. Masing masing jago seni tersebut mengutarakan arti seni tari yang berbeda beda. Adapun klarifikasi lengkap mengenai pengertian seni tari berdasarkan para jago yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap
Aristoteles (384 - 322 SM)
Pengertian seni tari berdasarkan Aristoteles yakni tindakan sebuah gerak ritmis yang menggambarkan aksara manusia. Aristoteles merupakan filsuf Yunani yang tertarik pada ilmu politik, fisika dan biologi. Ketertarikan Aristoteles tidak hanya itu saja, tetapi juga pada dunia seni ibarat musik, puisi maupun teater.

John Weaver (1673 - 1760)
Definisi seni tari berdasarkan John Weaver ialah gerak gerak elegan yang teratur dan dibuat dari harmonisasi postur badan yang dilawan secara manis serta dengan keelokan sikap. John Weaver sendiri yakni bapak pantomin (menurut sejarah Inggris), master koreografis serta tari balet yang berasal dari Inggris.

Curt Sachs (1881 - 1959)
Pengertian seni tari berdasarkan curt sachs yakni gerak berirama yang mengandung nilai estetika untuk mengungkapkan jiwa manusia. Curt Sachs merupakan pakar musik yang berasal dari Jerman. Bahkan semenjak usia belia, Sachs telah mempelajari bidang musik. Pada tahun 1937, Sachs menerbitkan sebuah buku khusus seni tari yang judulnya "Word History of the Dance".

Judith Mackrell
Definisi seni tari berdasarkan Judith Mackrell ialah sebuah gerak gerik ritmis badan yang dilaksanakan dalam ruangan dan diiringi musik sehingga sanggup menunjukkan kesenangan semata, sarana verbal emosi atau ide, dan untuk melepaskan energi. Mackrell merupakan kritikus tari yang banyak menulis artikel mengenai seni gerak pada tubuh. Bahkan pada tahun 2017, terdapat salah satu artikel berjudul Dance pernah di unggah ke Media Online Britannica.com. 

Atik Soepandi (1944)
Pengertian seni tari berdasarkan Atik Soepandi yakni gerak gerik ritmis yang memakai melodi indah untuk mengekspresikan jiwa manusia. Sejak tahun 1970 hingga 2000, Atik Soepandi aktif dalam bidang seni. Bahkan dia terkenal dengan daya tariknya terhadap bidang seni kawasan ibarat musik tradisional.
Baca juga : Pengertian Kreativitas dan Ciri Ciri Hasil Kreativitas Seni
Corrie Hartong (1906 - 1991)
Definisi seni tari berdasarkan Corrie Hartong ialah gerak gerik badan yang dilakukan dalam sebuah ruangan dan ditambahkan dengan nuansa ritmis. Hartong merupakan pakar tari yang terkenal sebagai guru koreografer dan guru tari dari Belanda. Pada tahun 1931 dia mendirikan sekolah tari miliknya sendiri dengan nama Rotterdam School of Dance.

Yulianti Parani (1939)
Pengertian seni tari berdasarkan Yulianti Parani yakni gerak ritmis seluruh atau sebagian badan yang memakai inspirasi atau verbal tertentu untuk dilakukan dengan contoh kelompok atau individual. Parani yakni sejarawan atau koreografer yang lahir pada tahun 1939 di Jakarta. Sejak usianya 11 tahun, Parani sudah mengenal wacana tari balet dan ketika di Indonesia dia membuatkan tarian balet tersebut. Bahkan pada tahun 1957, Parani telah mendirikan sekolah baletnya sendiri dengan nama Nritya Sundara.

Bagong Kussudiarja (1928 - 2004)
Definisi seni tari berdasarkan Bagong Kussudiarja ialah sebuah seni untuk alat verbal insan melalui gerak gerak ritmis. Bagong Kussudiarja yakni seorang pelukis sekaligus koreografer dari Indonesia. Sejak tahun 1954, Bagong telah terjun dalam dunia seni tari. Pada tahun 1958, dia juga mendirikan sentra latihan tari atau PLT.

Enoch Atmadibrata (1927 - 2011)
Pengertian seni tari berdasarkan Enoch Atmadibrata yakni perilaku badan yang disusun sesuai gerak dan irama dalam sebuah ruang. Atmadibrata merupakan pakar seni dari Garut yang terkenal dengan karya koreografinya. Bahkan pada tahun 2003, dia memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia berupa penghargaan Satya Lencana Kebudayaan.

Drs. I Gede Ardika (1945)
Definisi seni tari berdasarkan Drs. I Gede Ardika ialah sesuatu yang dipakai untuk menyatukan banyak hal sehingga masing masing orang sanggup menyelaraskan dan menyesuaikan dirinya dengan gerakan. Pada masa Kabinet Gotong Royong, dia merupakan Menteri Pariwisata dan Kebudayaan pada tahun 2000 - 2011. 

Walter Sorells
Pengertian seni tari berdasarkan walter sorells yakni mengolengkan badan dengan iringan musik ataupun dengan irama tertentu. Sorells yakni seorang penulis. Beliau aktif dalam menulis karya dalam bidang budaya dan tari semenjak tahun 1950 hingga 1966.

Hawkins
Definisi seni tari berdasarkan hawkins ialah gerakan yang berasal dari imajinasi penciptanya untuk media verbal jiwa manusia.

Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff
Pengertian seni tari berdasarkan Forrestine Paulay dan Irmgrad Bartenieff yakni penggambaran reaksi jiwa seseorang mengenai duduk kasus dan konfilik dunia modern yang berbentuk seni ekspresionostis. Kedua pakar seni ini sangat menyayangi dunia seni tari. Sejak tahun 1965, Paulay dan Bartenieff bergabung ke Lomax.s Performance Style Project dan melaksanakan bantuan pada tahun 1968 untuk mempublikasikan sebuah buku. 

Kealiinomohoku
Definisi seni tari berdasarkan Kealiinomohoku ialah seni pertunjukan verbal sesaat yang didigerakkan dalam ruang memakai gaya dan bentuk tertentu melalui badan manusia. Kealiinomohoku yakni spesialis tari yang berperan dalam bidang antropologi.

Judith Lynne Hanna (1936)
Pengertian seni tari berdasarkan Judith Lynne Hanna yakni seni plastis yang tampak sepintas melalui gerakan visual. Hanna merupakan jago bidang antropologi dan banyak melaksanakan bantuan dalam bidang seni. Bahkan dia pernah menerbitkan karyanya dalam bentuk buku di Kanada, Belanda, Bergia, Perancis dan sebagainya.

M. A. Theodora Retno Maruh (1947)
Definisi seni tari menurut M. A. Theodora Retno Maruh ialah karya seni yang tidak sanggup mempunyai sifat kontemporer sekalipun. Beliau merupakan koreografer sekaligus maestro tari Jawa Klasik yang memakai tarian bergaya Surakarta.

Waterman
Pengertian seni tari berdasarkan Waterman yakni gerakan badan yang memakai distilasi dan contoh kultural secara artistic.

Kamala Devi Chattopadhyaya (1903-1988)
Definisi seni tari berdasarkan Kamala Devi Chattopadhyaya ialah sebuah desakan emosi atau insting untuk mendorong seseorang dalam melaksanakan gerakan ritmis untuk menemukan verbal dalam diri insan itu sendiri. Kamala cukup dikenal di India dan diseluruh dunia sebagai tokoh reformasi. Beliau mempunyai keahlian dalam bidang seni dan aktif dalam bidang sosial. 

La Meri (1898 - 1988)
Pengertian seni tari berdasarkan La Meri yakni verbal simbolis yang dimasukkan dalam bentuk faktual sehingga wujudnya sanggup lebih tinggi. La Meri merupakan spesialis dalam bidang koreografi, guru dan tari etnis Amerika. Beliau mendalami seni tari ibarat tari balet semenjak usia muda.
Baca juga : Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Berdasarkan Cara Memainkannya
M. Jazuli
Definisi seni tari berdasarkan M. Jazuli ialah gerakan badan yang diiringi dengan musik sehingga iramanya selaras sehingga sanggup dipakai untuk menggambarkan tujuan dan maksud tertentu.

S. Humardani
Pengertian seni tari berdasarkan S. Humardani yakni gerakan yang indah dan ritmis untuk sarana ekspresif.

Soedarsono (1933)
Definisi seni tari berdasarkan Soedarsono ialah gerak gerak yang ritmis dan indah untuk mengungkapkan ekspresif jiwa manusia. Beliau yakni guru besar sejarah budaya dan seni di Universitas Gajah Mada dalam Fakultas Ilmu Budaya. Soedarsono yakni seniman yang berasal dari Indonesia.

Andre Levinson (1887 - 1933)
Pengertian seni tari berdasarkan Andre Levinson yakni gerak badan yang telah ditentukan memakai prosedur dan ritme tertentu secara berkelanjutan melalui ruang. Levinson yakni jurnalis tari yang berasal dari Perancis.

Soeryodiningrat
Definisi seni tari berdasarkan Soeryodiningrat ialah gerak anggota badan yang diiringi dengan irama gamelan atau suara tertentu sehingga tujuan dan maksud tarinya sanggup selaras.

Margaret H'Doubler (1889 - 1982)
Pengertian seni tari berdasarkan Margaret H'Doubler yakni verbal keadaan perasaan yang dibuat dalam gerak ritmis bernilai estetis dan dirancang secara sadar dalam bentuk lambang gerakan sehingga membuat kepuasan dalam pengalaman ulang, komunikasi, penciptaan bentuk, ungkapan dan pelaksanaan.

Suadarsa Pringgo Broto
Definisi seni tari berdasarkan Suadarsa Pringgo Broto ialah bentuk gerakan badan yang sesuai dengan ketentuan ruang.

Suryo
Pengertian seni tari berdasarkan Suryo yakni perwujudan verbal subjektif yang berbentuk obyektif.

Franz Boas (1858 - 1942)
Definisi seni tari berdasarkan Franz Boas ialah gerak gerak di kaki dan tungkai, lambaian lengan, gerak ritmis di setiap bab tubuh, serta gerak dari kepala atau torso. Boas yakni jago bidang antropologi yang berasal dari blasteran Jerman dan Amerika. Boas juga aktif dalam bantuan di dunia seni tari.

Susanne Langer (1895 - 1985)
Pengertian seni tari berdasarkan Susanne Langer yakni gerakan badan insan untuk dinikmati dalam bentuk ekspresif. Langer yakni penulis dan filsuf yang berasal dari Amerika.

Dr. J Verkuyl (1908 - 2001)
Definisi seni tari berdasarkan Dr. J Verkuyl ialah penyusunan gerak gerak anggota badan hingga berirama hingga sedemikian rupa.

John Martin (1893 - 1985)
Pengertian seni tari berdasarkan John Martin yakni perwujudan gerakan sebagai awal dari pengalaman hidup manusia. Sejak tahun 1927, Martin mulai berkarir sebagai kritikus tari.

Sekian klarifikasi mengenai beberapa pengertian seni tari berdasarkan para jago lengkap. Seni tari secara umum sanggup diartikan sebagai cabang seni yang berafiliasi dekat dengan kebudayaan Nusantara dalam bentuk gerak gerik atau tari menari memakai irama. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Sumber http://materi4belajar.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "30+ Pengertian Seni Tari Berdasarkan Para Hebat (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel