-->

iklan banner

Ruang Lingkup Sosiologi: Beberapa Contoh

Ruang lingkup sosiologi merupakan objek kajian yang dipelajari dalam sosiologi. Objek kajian sosiologi sangat luas. Namun pada prinsipnya kita sanggup menyampaikan bahwa objek kajian sosiologi yakni masyarakat alasannya sosiologi merupakan studi wacana masyarakat.







Ruang lingkup sosiologi pada satu sisi terbatas, artinya dibatasi oleh aspek-aspek yang berkaitan dengan masyarakat saja. Namun disisi lain juga teramat luas alasannya aspek yang berkaitan dengan masyarakat tak terhitung jumlahnya.


Beberapa aspek masyarakat yang masuk dalam ruang lingkup sosiologi mencakup interaksi antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, dan karakteristik kelompok sosial yang beragam.


Baca juga Pengertian Sosiologi







Postingan ini akan membahas wacana ruang lingkup sosiologi. Pengertian singkat wacana apa ruang lingkup yang dimaksud disini yakni apa yang dipelajari dalam sosiologi.


Ruang lingkup sosiologi


Beberapa aspek yang dipelajari dalam sosiologi antara lain:


♣ Sosiologi mempelajari korelasi timbal balik antara individu dengan individu lain. Sebagai contoh, kita melihat seorang pemimpin dan pengikut yang mempunyai interaksi yang khas. Setiap mereka bertemu, seorang pengikut selalu menundukkan pandangannya dan melakukan titah pemimpinnya. Fenomena interaksi dua orang ini sudah sanggup menjadi objek kajian sosiologi.


♣ Sosiologi mempelajari korelasi antara individu dengan kelompok. Sebagai contoh, tugas sosial seorang ayah yang menentukan bekerja di kantor atau seorang ibu yang menentukan bekerja di rumah. Pilihan untuk mememainkan tugas sosial dipengaruhi oleh pandangan mereka wacana bagaimana membangun keluarga. Ayah atau ibu merupakan individu. Sedangkan keluarga yakni kelompok.


♣ Sosiologi mempelajari korelasi antara kelompok yang satu dengan kelompok lain. Sebagai contoh, konflik antar etnis yang terjadi di Kalimantan beberapa tahun silam. Hubungan antar etnis yang bertikai terperinci bersifat konfliktual. Hubungan tersebut merupakan bentuk korelasi antar kelompok masyarakat. Sosiologi sanggup mengkajinya dari beberapa dimensi. Misalnya dari dimensi identitas, dimana kedua kelompok tersebut memakai identitas etnis untuk saling bermusuhan.


♣ Sosiologi mempelajari karakteristik atau ciri-ciri kelompok sosial yang beragam. Salah dua konsep dasar sosiologi yang banyak dipelajari yakni diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial. Perbedaan kelompok sosial baik secara vertikal maupun horizontal sanggup menjadi objek kajian sosiologi. Misalnya, mengapa sebagian orang menempati kelas sosial atas dan sebagian yang lain mau naik kelas aja kesulitan, malah menyungsep ke kelas bawah atau terjebak di kelas menengah.


Baca juga Kelompok Sosial: Pengertian dan Contohnya







Keempat aspek di atas boleh disebut sebagai ruang lingkup sosiologi alasannya merupakan objek kajian sosiologi. Sebelumya saya juga pernah menulis ringkasan wacana Objek Kajian Sosiologi di postingan lain. Sekadar warta kalau pembaca tertarik mendalami.


Menurut sosiolog Soerjono Soekanto, ruang lingkup sosiologi sanggup diklasifikasikan menjadi dua, yaitu ruang lingkup sosiologi secara umum dan khusus. Berikut klarifikasi masing-masing ruang lingkupnya.


Ruang lingkup sosiologi secara umum


Sosiologi mempelajari, mengidentifikasi, mengkaji, menyelidiki, dan menginvestigasi pola sikap insan dalam hubungannya dengan insan lain dan lingkungannya. Ruang lingkup ini sangat luas sehingga cukup tersamar dan luas. Sebagaimana yang sudah disampaikan di awal, sosiologi yakni studi wacana masyarakat sehingga masyarakat secara umum menjadi objek kajian sosiologi.


Ruang lingkup sosiologi merupakan objek kajian yang dipelajari dalam sosiologi Ruang Lingkup Sosiologi: Beberapa Contoh


Ruang lingkup sosiologi secara khusus


Sosiologi mempelajari, mengidentifikasi, mengkaji, menyelidiki, dan menginvestigasi aneka macam dimensi sosial kemasyarakatan yang spesifi. Istilah dimensi yang spesifik di sini menenkankan pada satu sektor tertentu. Misalnya, sosiologi yang mempelajari korelasi sosial dalam aspek keluarga, dipelajari dalam sosiologi keluarga. Sosiologi yang mempelajari korelasi sosial di periode digital atau internet, dipelajari dalam sosiologi digital, dan sebagainya.


Dalam dimensi yang spesifik ini, kita sanggup menemukan bahwa ruang lingkup sosiologi sangat beragam. Terbukti dari beragamnya subdisiplin sosiologi yang mempunyai objek kajiannya masing-masing. Sebagai contoh: sosiologi agama mempelajari prinsip dan praktik keagamaan di masyarakat. Sosiologi ekonomi mempelajari korelasi antara ekonomi dan sosial. Sosiologi fashion mempelajari pola konsumsi fashion di masyarakat.


Kita sanggup menyebutkan lebih banyak lagi hingga tak terbatas. Apa yang ingin saya sampaikan di sini yakni bahwa ruang lingkup sosiologi yang khusus berisi wacana keragaman dimensi atau objek kajian. Sedangkan ruang lingkup sosiologi yang umum yakni masyarakat dan hubungannya dengan insan lain dan lingkungannya.







Baca juga Sosiologi: Sebuah Ringkasan



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ruang Lingkup Sosiologi: Beberapa Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel