-->

iklan banner

Rumus Penjumlahan Dan Pengurangan Besaran Vektor

Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor - Selamat Pagi semua. Jumpa lagi nih dengan ilmu sains online. Pada hari ini, Kita semua akan berguru fisika nih. Mau tahu bahan kita pada pagi hari ini? Kemarin, Kita telah mempelajari ihwal Materi Besaran Vektor dan Besaran Skalar. Nah, pada hari ini kita akan membahas bahan ihwal Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor. Sebelum masuk kedalam rumus, ada baiknya kalau kalian memahami terlebih dahulu mengenai Apa itu besaran vektor. Karena akan lebih gampang untuk mempelajari rumusnya kalau sudah paham ihwal vektor.


Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor
Google Image - Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor

Operasi penjumlahan dan pengurangan vektor biasanya kita temukan pada dikala kita berada dikelas 10 SMA. Tidak hanya besaran vektor saja yang sanggup dihitung, namun besaran skalar juga sanggup dihitung. kalau kalian sudah baca bahan ihwal besaran vektor maka kalian niscaya sudah paham apa itu besaran skalar. hehe. Langsung saja yuk kita bahas Rumus - rumus Besaran vektor dan besaran skalar.


Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor


1. Penjumlahan Besaran Vektor

Besaran vektor merupakan besaran yang mempunyai nilai dan arah. Dua vektor sanggup kita jumlah alasannya ialah mempunyai nilai tertentu. Nah, penjumlahan dari dua buah vektor ini dinamakan dengan Resultan. Untuk mengetahui jumlah dua buah vektor tersebut, sanggup kita gunakan Rumus sebagai berikut:

Resultan = F1 + F2

F1 = gaya yang bekerja pada titik 1
F2 = gaya yang bekerja pada titik 2

Sedangkan untuk mengetahui besar atau panjang resultannya, sanggup kita ketahui dengan memakai rumus umum resultan berikut ini:







dimana:

A = gaya pada arah a
B = gaya pada arah b
cos a = sudut yang dibuat oleh kedua arah tersebut.

2. Pengurangan Besaran Vektor

selain sanggup dijumlahkan, dua buah vektor juga niscaya mempunyai selisih. Untuk mengetahui rumus umum selisih dua buah vektor sanggup kita lihat sebagai berikut:





3. Penguraian Vektor

tahukah kalian kalau sebuah vektor sanggup kita uraikan menjadi dua buah vektor yang tegak lurus dimana komponen vektor tersebut berada didalam sumbu x dan sumbu y. Rumus umum untuk mengetahui besar masing - masing vektor sanggup kita lihat pada rumus berikut:

a. Vektor Searah sumbu x (Vx)

Vx = V cos a

b. Vektor Searah Sumbu y (Vy)

Vy = V sin a

Perhatian : Jika Sumbu x, maka memakai Cos. Jika sumbu y memakai Sin.

4. Perkalian Vektor

Perkalian vektor dibedakan menjadi dua yaitu:

a). Perkalian Skalar

perkalian skalar antara dua buah vektor a dan b yang membentuk sudut q akan menghasilkan skalar. rumus umus perkalian skalar adalah:

a . b cos q = a . b

b). Perkalian Vektor

Perkalian Vektor antara dua buah vektor a dan b yang membentuk sudut q akan menghasilkan vektor. Rumus umum perkalian vektor adalah:

a . b = ab sin q = c


Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Besaran Vektor - Nah, inilah bahan kita pada hari ini. gampang bukan belajar ihwal vektor. Saya harap kalian semua menyukai artikel ini. Jika kalian semua tekun dalam berguru insyaallah akan sanggup juga kok. pada pertemuan kita selanjutnya, kita akan membahas mengenai teladan soal ihwal vektor ya mitra - kawan. terimakasih. Jangan lupa di share ya. Semoga bermanfaat.

Sumber http://www.ilmusainsonline.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Penjumlahan Dan Pengurangan Besaran Vektor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel