-->

iklan banner

Seleksi Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Dengan Menggunakan Nilai Sbmptn

Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN – Dalam postingan kali ini gue akan coba membahas perihal Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN. Seleksi Mandiri jenis ini merupakan salah satu dari beberapa jenis atau mekanisme seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri PTN.


Mengacu pada PERMENRISTEKDIKTI Nomor 126 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri yang tercantum pada Pasal 12 (dua belas)  ayat 2 (dua) bahwa Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat”.


Oleh alasannya itu, mulai tahun 2017 ini PTN-PTN banyak yang mengubah jalur seleksinya, dari tes tertulis menjadi tanpa tes menggunakan nilai SBMPTN. Meski begitu, pada kenyataannya masih ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang tetap mengadakan seleksi tertulis (bisa lo lihat di jadwal ujian mandiri berikut).


Sekilas perihal seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri PTN


Seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri merupakan salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan sendiri oleh PTNnya. Makara prosedur maupun sistem seleksi dari seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri diserahkan ke masing-masing Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara, sehingga tiap Perguruan Tinggi Negeri sanggup beda-beda.


Beberapa bentuk seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Negeri antara lain:


1. Tes



  • Ujian mandiri: seleksi melalui tes yang dilakukan oleh kampusnya sendiri (misalnya SIMAK UI, UTUL UGM, UTM IPB dll)

  • Ujian bersama: seleksi melalui tes secara bahu-membahu oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri (misalnya UMB PT)


2. Tanpa tes



  • Seleksi raport: seleksi tanpa tes melalui nilai raport (misalnya PBUB dan PBUTM UGM)

  • Seleksi melalui nilai SBMPTN (misalnya Unair, ITS, UB, UPN Jakarta, UNS)


Seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri melalui nilai SBMPTN


Okay, dalam postingan ini akan khusus membahas perihal Seleksi melalui nilai SBMPTN. Seleksi melalui nilai SBMPTN merupakan seleksi tanpa tes dengan melihat nilai SBMPTN. Tentu saja alasannya melihat nilai SBMPTN, maka sebelumnya lo harus mengikuti SBMPTN 2017.


Setelah lo daftar, Perguruan Tinggi Negeri penyelenggara seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri akan meminta nilai SBMPTN mu ke panitia SBMPTN. Lalu dari nilai yang didapat dari panitia SBMPTN, nilaimu akan diranking bersama bawah umur yang menentukan di jurusan yang sama. Jika sehabis diranking lo masuk kuota diterima, maka lo akan lolos, kalau tidak, maka ga lolos. Makara sehabis daftar, lo cenderung pasif, ga terlibat dalam proses input nilai SBMPTN, tinggal nunggu jadinya saja.


Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN  Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN



PTN penyelenggara seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri melalui nilai SBMPTN


Beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang sudah niscaya menggunakan nilai SBMPTN di seleksi mandirinya antara lain Unair, ITS, UB, UPN Jakarta, UNS. Kemungkinan tahun depan lebih banyak lagi. Berikut ini jadwalnya:





































PTNJalurPendaftaranUjianWebsite
UPISM UPI 5 Mei – 30 Juni 2017Memakai nilai SBMPTNhttp://pmb.upi.edu/
UNSSM UNS30 Mei – 15 Juni 2017memakai nilai SBMhttp://www.spmb.uns.ac.id
UNPADSMUP Prodi S-1 Keperawatan di Kabupaten Garut2 Mei - 30 Juni 2017memakai nilai SBMhttp://smup.unpad.ac.id/
UNHASJNS3 - 8 Juli 2017memakai nilai SBMhttps://www.unhas.ac.id/pmb/
UPN JakartaMandiri15 Juni - 04 Juli 2017

memakai nilai SBMhttps://penmaru.upnvj.ac.id/
UBSPMK14 Juni - 08 Juli 2017memakai nilai SBMhttp://selma.ub.ac.id/spmk/
UNAIRUjian Mandiri22 Mei – 19 Juni 2017memakai nilai SBMhttp://ppmb.unair.ac.id/id/site/mandiri
UNSOEDSPMB Mandiri5-19 Juni 2017memakai nilai SBMhttp://spmb.unsoed.ac.id
ITSPKM16 Mei – 4 Juli 2017memakai nilai SBMhttp://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm


Ketentuan Umum


Ketentuan untuk mengikuti seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri ini memang beda-beda, jadi sebaiknya lo pastiin ke masing-masing web di atas sesuai dengan Perguruan Tinggi Negeri yang lo inginkan:



  • Mengikuti SBMPTN di tahun tersebut dan ga lolos. Apabila lolos, lo ga sanggup daftar seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri ini.

  • Mendaftar sesuai dengan pilihan jurusan di SBMPTN dulu. Apabila dulu lo daftar saintek, maka di seleksi ini lo cuma sanggup daftar saintek, begitu pula sebaliknya. Namun apabila di SBMPTN lo ikut IPC / Campuran, maka di seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri ini lo sanggup daftar baik rumpun saintek, soshum atau campuran.

  • Lo ga mesti menentukan Perguruan Tinggi Negeri tersebut saat SBMPTN. Apabila lo SBMPTN ga milih Unair, misalnya, maka lo tetep sanggup daftar seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri di Unair. Namun setau gue, persyaratan ini ga berlaku untuk Unsoed.


Keuntungan dan Kerugian Ujian Mandiri Memakai Nilai SBMPTN


Nah dengan banyaknya Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan sistem di atas, keuntungannya, lo sanggup set sasaran lebih tinggi di SBMPTN. Selama ini banyak yang menentukan pilihan kedua dan ketiga SBMPTN sebagai pilihan yang “aman”. Karena banyak yg khawatir ga bakal diterima seandainya nilainya jelek. Nah dengan banyaknya Perguruan Tinggi Negeri yang menggunakan nilai SBMPTN di seleksi mandirinya, maka lo sanggup set sasaran yang tinggi, dengan asumsi apabila lo ga lolos di sasaran jurusan yg tinggi tersebut, nilai lo masih sanggup dipakai buat daftar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri yg ujian mandirinya menggunakan nilai SBMPTN tersebut. Asalkan nilai SBMPTN lo ga jeblok.


Trus laba yang kedua, lo sanggup daftar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri sekaligus, tanpa disibukkan oleh tes. Tinggal daftar, dan nunggu pengumuman aja. Makara usahakan lo punya simpanan duit yang banyak apabila emang pengen daftar di beberapa PTN.


Nah kalo kerugiannya sih, berdasarkan gue cuma satu dan itu penting banget. SEANDAINYA nilai SBMPTN lo jeblok, entah alasannya nervous pas hari H atau ada hambatan lain, maka akan susah juga diterima di seleksi ini. Oleh alasannya itu usahakan buat mendapat nilai setinggi mungkin di SBMPTNnya.


Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan


Terkait nilai SBMPTN


Karena nilai SBMPTN ga dipublish alangkah baiknya lo bikin asumsi nilai SBMPTN lo sesuai dengan kunci tanggapan dari bimbel atau internet. Dari asumsi tersebut, lo jadi punya gambaran, apakah sebaiknya, dengan asumsi nilai SBMPTN lo, lo ikut seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri jenis ini atau ga.


Terkait waktu pendaftaran


Apabila lo lihat di aktivitas registrasi beberapa Perguruan Tinggi Negeri di atas, terlihat bahwa registrasi seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri tersebut sudah membuka registrasi semenjak jauh-jauh hari sebelum pengumuman hasil SBMPTN. Apabila lo mendaftar sebelum pengumuman dan ternyata diterima di SBMPTN, maka otomatis seleksi sanggup bangun diatas kaki sendiri mu tidak akan diproses dan uang pendaftarannya hangus. Makara untuk menghindari hal tersebut, lo bisa mendaftar sehabis pengumuman SBMPTN tanggal 13 Juni 2017.


 


=============================================================


Demikian pembahasan perihal Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN, terkait biaya kuliah jalur ini, silakan baca pembahasan di artikel Biaya Kuliah PTN berikut. Semoga bermanfaat.



Sumber https://halokampus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seleksi Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Dengan Menggunakan Nilai Sbmptn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel