-->

iklan banner

7 Tips Sehat Ketika Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar

7 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar – Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat Islam yang harus dijalankan. Ibadah puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai sore hari ketika terbenamnya matahari.


Secara medis kondisi tubuh yang tidak makan dan minuman dalam jangka waktu berjam-jam  merupakan salah satu cara tubuh melaksanakan proses detoksifikasi atau proses pembuangan zat-zat beracun dalam tubuh. Namun proses detokdifikasi ini akan berjalan maksimal apabila diimbangi dengan gaya hidup sehat ketika puasa.


Oleh alasannya yaitu itu ada baiknya kita ketahui beberapa tips sehat ketika puasa semoga puasa tetap lancar dan tetap baik untuk tubuh. Tips sehat ketika puasa berikut ini sanggup Anda lakukan semoga tetap sanggup menjalankan ibadah puasa dengan baik serta semoga kondisi kesehatan tetap terjaga. Apa saja tips yang sanggup Anda lakukan? Berikut ulasannya.


Tips Sehat Saat Puasa


1. Tips Sehat Saat Puasa Jangan Lewatkan Sahur


Cara paling sederhana dalam menjaga tubuh semoga tetap fit ketika berpuasa yaitu tidak melewatkan makan sahur. Sahur merupakan kegiatan makan dan minum sebelum waktu imsak atau memasuki waktu puasa. Aktivitas ini sangat penting lantaran pada ketika tersebut tubuh akan diberi asupan makanan dan minuman sebagai bekal ketika menahan lapar dan haus selama berpuasa.


Dengan makan sahur sebelum puasa maka Anda tetap mempunyai energi meskipun puasa seharian. Saat sahur Anda sanggup menentukan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral. Zat-zat tersebut sanggup Anda peroleh dengan mengonsumsi makanan menyerupai gandum, oat, sayuran dan buah-buahan.


2. Tips Sehat Saat Puasa Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh


 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar  7 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar


Kita tahhu bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Dalam sehari kebutuhan air yang kita perlukan yaitu minimal 8 gelas setiap hari. Namun ketika puasa tentu saja cairan di dalam tubuh menjadi berkurang. Untuk tetap sanggup mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, Anda sanggup memenuhinya ketika sahur dan berbuka.


Anda sanggup minum air putih setiap satu gelas pada ketika sesudah adzan maghrib, sesudah shalat maghrib, sesudah makan, sesudah shalat tarawih, sebelum tidur, sesudah berdiri tidur, sebelum makan sahur dan sesudah makan sahur. Dengan minum air putih pada 8 waktu tersebut maka Anda sanggup mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa.


3. Penuhi Kebutuhan Vitamin Dan Mineral


Tips sehat ketika puasa berikutnya yang sanggup dilakukan yaitu dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Vitain dan mineral di dalam tubuh sanggup berfungsi semoga tubuh tidak terhidrasi. Oleh jadinya makanlah buah dan sayur ketika buka dan sahur.


Selain mencegah kehilangan cairan tubuh pada tubuh, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ketika puasa juga berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral ini sanggup Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan menyerupai papaya, manga, jeruk, melon serta sayuran menyerupai brokoli, bayam, tomat dan aneka sayur dan buah-buahan lainnya.


4. Tips Sehat Saat Puasa Dengan Makan Secukupnya


 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar  7 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar


Saat berbuka puasa merupakan ketika yang dinanti bagi orang yang berpuasa. Pada ketika tersebut sebagian besar orang terpengaruhi untuk menyantap semua hidangan berbuka. Jika tidak terkontrol maka akan menjadikan perut begah dan kembung.


Tentu saja hal ini menciptakan tidak nyaman dan bahkan sanggup menjadikan dilema pencernaan lainnya. Setelah adzan maghrib Anda sanggup makan kudapan menyerupai kurma atau buah. Setelah shalat barulah Anda sanggup pribadi makan.


Baca Juga : Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yang Bisa Anda Dapatkan Jika Rutin.


5. Hindari Makanan Berminyak


Gorengan memang merupakan makanan khas yang sering menghiasi meja makan ketika berbuka. Meskipun hidangan satu ini memang selalu menggoda, namun terlalu banyak memakan gorengan ketika berbuka bukanlah hal yang baik. gorengan merupakan makanan berlemak yang selain sanggup menjadikan kolesterol juga sanggup menciptakan tubuh lebih cepat lemah dan lesu.


Terlalu banyak memakan goorengan akan menciptakan kualitas puasa menurun dan brpengaruh pada berat tubuh Anda. maka tak heranjika banyak orang yang sesudah menjalankan puasa selama sebulan bukannya turun berat badannya justru malah naik timbangannya. Bisa saja hal tersebut lantaran contoh makan yang tidak teratur.


6. Tidur Yang Cukup


 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar  7 Tips Sehat Saat Puasa Agar Badan Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar


Selain memperhatikan contoh makan, semoga puasa tetap fit dan lancar Anda juga harus menjaga contoh tidur. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan istirahat Anda dengan tidur yang cukup. Saat puasa Anda harus berdiri pagi untuk makan sahur.


Tentu saja sahur merupakan kegiatan diluar kebiasaan harian Anda. Bangun pagi untuk menyiapkan sahur akan mengurangi waktu tidur Anda. Oleh jadinya usahakan hindari begadang selama bulan rahmat semoga waktu tidur Anda tidak terganggu dan puasa sanggup berjalan dengan lancar. Kualitas tidur yang kurang baik juga sanggup mempengaruhi kinerja otak yang akan menghambat kegiatan Anda.


7. Tips Sehat Saat Puasa Olahraga


Seharusnya ibadah puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan beraktivitas apalagi olahraga. Olahraga ketika puasa sangat penting untuk menjaga tubuh semoga tetap prima. Anda tidak perlu olahraga berat yang akan mengeluarkan banyak keringat. Beberapa pilihan olahraga ringan sanggup Anda jadikan alternatif untuk melaksanakan olahraga ketika berpuasa. Anda sanggup berjalan kaki ataupun bersepeda santai selama 30 menit sebagai pilihan olahraga ketika puasa.


Agar puasa tetap lancar menjaga contoh hidup sehat ketika berpuasa sangatlah penting. Dengan melaksanakan tips sehat ketika puasa di atas maka Anda sanggup meminimalisir kemungkinan sakit ketika puasa, merasa lemah, letih dan lesu serta mengantuk yang sanggup menghambat kegiatan Anda. Semoga isu ini bermanfaat dan selamat mencoba.




Sumber https://dewailmu.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Tips Sehat Ketika Puasa Supaya Tubuh Tetap Fit Dan Puasa Tetap Lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel