-->

iklan banner

Bagaimana Cara Mencar Ilmu Pemrograman Tanpa Stres!

Anda ingin menjadi seorang programmer? Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan program, menentukan pemrograman sangatlah tepat. Persiapkanlah diri anda, alasannya ialah programmer memang sulit! Namun, anda tak perlu khawatir. Artikel bagaimana cara berguru pemrograman tanpa stres ini akan membantu anda mempelajari bahasa pemrograman apapun!

Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Di artikel ini, mari kita sama-sama bahas kiat-kiat apa saja yang sanggup anda terapkan semoga berguru pemrograman tidak terlalu tertekan. Artikel ini diperuntukkan untuk anda yang mau berguru pemrograman ataupun yang sudah belajar. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi. Sehingga, anda sanggup mengembangkannya dengan gaya anda sendiri dan tidak perlu terpaku dengan apa yang ada di artikel.

Yang wajib anda ketahui: Tidak hanya anda yang mengalami kesulitan!

Sugestikan kedalam diri anda bahwa tidak hanya anda yang stres berguru pemrograman. Coba saja perhatikan sobat anda yang gres berguru pemrograman. Kesulitan dan stres sudah menjadi tantangan dalam berguru pemrograman. Setiap orang yang mulai berguru pemrograman pastinya mengalami kesulitan, ya menyerupai anda dan saya juga.

 Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan kegiatan Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Terlebih lagi, kesulitan dalam berguru pemrograman bukanlah hal yang normal. Bahkan berguru pemrograman kesulitannya niscaya akan terjadi. Belajar pemrograman bukan berbicara mengenai hari, minggu, dan bulan. Untuk sanggup menguasainya, sanggup hingga tahunan. Kesimpulannya, persiapkan diri anda!

Pelajari satu per satu dari dasarnya

Jika anda gres berguru pemrograman, tidak ada yang salah ketika anda melihat sebuah proyek pemrograman sobat anda, terus anda meminta sumber kodenya dan anda mempelajarinya. Keingintahuan anda memang sangat diharapkan dalam berguru pemrograman. Namun alangkah baiknya kalau anda mempelajari pemrograman satu per satu mulai dari dasarnya.

Sama menyerupai kita berguru Bahasa Inggris. Untuk menguasainya, pastinya anda mempelajari dulu kata-kata dalam bahasa inggris, kemudian cara menciptakan kalimat yang benar, dan mulai menciptakan 1 paragraf penuh. Belum lagi anda harus mempelajari tentang grammar dan tenses. Kita pun untuk sanggup berlari, dari kecil kita sudah diajarkan bagaimana cara merangkak, berjalan, dan barulah berlari.

 Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan kegiatan Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Dari teladan gampang diatas, pelajari dulu dasarnya. Pilihlah antara 3 jenis kategori pemrograman menurut platform-nya. Anda sanggup menentukan antara Desktop, Mobile, dan Web. Berikut penjelasannya untuk masing-masing kategori:

  1. Desktop: Dengan mempelajari bahasa pemrograman untuk desktop, aplikasi anda sanggup berjalan di komputer-komputer yang sering kita pakai. Anda sanggup membuatnya untuk Windows, MacOS, ataupun untuk Linux.
  2. Mobile: Dengan mempelajari bahasa pemrograman untuk mobile, aplikasi anda sanggup berjalan di smartphone anda. Misalnya di Android, IOS, dan Windows 10 Mobile.
  3. Web: Dengan mempelajari bahasa pemrograman untuk web, aplikasi anda sanggup berjalan dengan bantuan browser. Misalnya menyerupai Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.

Anda tidak wajib untuk menentukan ke-3 kategori diatas. Atau kalau anda tidak peduli platform yang anda piilh, anda sanggup menentukan bahasa pemrograman apa saja untuk dimulai. Karena kalau anda nantinya menguasai 1 bahasa pemrograman, mempelajari bahasa lainnya tidaklah terlalu sulit.

Saya pun awalnya galau mau berguru bahasa pemrograman apa. Pada dikala kuliah, saya memutuskan untuk berguru bahasa pemrograman Web. Namun untuk dikala ini, saya fokus berguru Java alasannya ialah tuntutan kerja. Tapi saya tidak perlu khawatir, sebenarnya algoritma semua pemrograman hampir sama saja, hanya saja bahasanya yang berbeda.

Namun, kalau anda mengetahui beberapa bahasa pemrograman dan ingin memilihnya, di bawah ini, ada infographic yang dapat membantu anda dalam menentukan bahasa pemrograman. Silahkan anda tentukan dengan mengikuti alurnya. Untuk melihatnya secara jelas, klik kanan gambarnya > Open in new Tab dan anda sanggup melihatnya dengan mengklik gambarnya untuk Zoom in.

 Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan kegiatan Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Sumber: http://carlcheo.com/startcoding

Setelah anda selesai menentukan bahasa pemrograman yang akan anda pelajari, cari rujukan dasarnya. Fokuslah pada 1 topik dan kalau sudah selesai memahaminya, gres menuju topik berikutnya.

Konsisten

 Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan kegiatan Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Misalkan anda kerja di Jakarta dan kemudian di pindah tugaskan ke kota Surabaya. Untuk pertama kalinya, pastinya anda memakai peta atau bertanya ke orang sekitar untuk menuju daerah kerja gres anda. Mungkin di hari kedua, anda mulai mengingat-ingat jalurnya sendiri dan begitulah seterusnya hingga balasannya anda hafal jalur pergi dan pulang ke daerah kerja.

Contoh di atas merupakan petunjuk bahwa lebih sering kita melaksanakan sesuatu, maka otak akan mengingatnya lebih berpengaruh daripada sebelumnya. Sama menyerupai berguru bahasa pemrograman, anda harus konsisten dan berguru terus menerus. Jangan hingga anda berhenti di tengah jalan, alasannya ialah pastinya anda akan lupa lagi. Konsisten ialah salah satu kunci penting dalam mempelajari bahasa pemrograman.

 Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan kegiatan Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Cari sumber berguru pemrograman yang banyak

Sumber berguru sanggup tiba dari buku atau pun dari sobat anda. Kalau dari buku, silahkan anda cari di internet tutorial bahasa pemrograman. Ada aneka macam situs yang menyediakan tutorial bahasa pemrograman. Misalnya saja W3Schools untuk berguru web. Anda juga sanggup mencari tutorial dengan mesin pencari Google.

Bahan untuk sumber berguru tidak hanya situs web, anda juga harus mencarinya melalui media E-book atau pun video. Ketika sudah, anda sanggup berguru bahasa pemrograman dengan lebih rileks. Jika anda menemukan suatu problem di satu sumber, anda sanggup mencari referensinya di sumber lainnya. Begitu seterusnya hingga anda menuntaskan topik yang sedang anda pelajari.

 Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan kegiatan Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Teman atau guru sanggup sangat berkhasiat kalau anda rasanya ingin mengalah belajar. Jika berhenti, anda salah besar. Jangan hingga anda tidak bertanya dengan sobat anda. Cari teman/guru yang sudah berpengalaman dan tanyalah. Kalau bisa, buatlah proyek kecil-kecilan bersama teman. Anda sanggup berkolaborasi dan sekaligus bertanya, sehingga anda lebih paham dalam belajarnya.

Teruslah berlatih dan jangan takut error!

Kunci berikutnya untuk menguasai pemrograman ialah teruslah berlatih. Pemrograman bahwasanya lebih ke praktek, bukan teori. Namun bukan berarti anda mengabaikan teori. Pelajari dulu teori implementasinya dan praktekkan apa yang gres anda baca. Teruslah menyerupai itu hingga anda benar-benar paham.

 Entah itu alasannya ialah ingin menjadikannya hobi atau anda ingin bekerja dengan menciptakan kegiatan Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres!

Semua programmer niscaya tidak suka kalau menemukan error. Jangan takut! Anda seharusnya mendekati error tersebut, pelajari error-nya, dan perbaikilah sebaik mungkin. Dengan sering mempelajari error yang anda hadapi, maka semakin cepat anda menuntaskan suatu problem yang sama walaupun dengan proyek yang berbeda nantinya.

Terapkanlah apa yang selama ini anda pelajari dalam sebuah proyek yang lebih besar. Jika anda tidak paham dengan langkah selanjutnya atau terjadi error, jangan segan untuk menciptakan proyek gres dan buatlah proyek kecil yang isinya perihal problem yang anda hadapi. Sehingga, anda sanggup lebih fokus dalam memperbaiki masalah.

Kesimpulan

Walaupun saya menulis artikel ini, bukan berarti saya hebat dalam bahasa pemrograman. Ilmu pemrograman saya juga gres sedikit dan saya juga pernah mengalami tekanan atau stres. Teman-teman saya banyak yang lebih handal alasannya ialah mereka juga terus berlatih. Anda juga harus menyerupai itu. Belajar bahasa pemrograman memang sulit, namun jadikanlah pemrograman itu hobi dan anda akan lebih enjoy dalam mempelajarinya.

Sekian artikel Bagaimana Cara Belajar Pemrograman Tanpa Stres! Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk Like Facebook Windowsku untuk mendapat artikel menarik lainnya menyerupai artikel ini.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Mencar Ilmu Pemrograman Tanpa Stres!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel