-->

iklan banner

Pengertian Bilangan Pecahan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat benda-benda yang dibagi dengan ukuran yang sama, contohnya sebuah apel yang dibagi menjadi dua bab yang sama dan sebuah makanan ringan cantik tar (kue ulang tahun) yang dipotong menjadi beberapa bagian.

Selain itu, yang paling sering kita temui benda-benda yang dibagi dengan ukuran sama yakni penggaris atau mistar. Coba Anda perhatikan sebuah mistar. Anda akan melihat skala centimeter pada mistar akan dibagi menjadi bab yang sama, sehingga membentuk skala milimeter. Apa hubungannya contoh-contoh di atas dengan bilangan pecahan?

Sekarang perhatikan gambar di bawah ini. Sebuah apel Malang mula-mula dibelah atau dibagi menjadi dua bab yang sama.

benda yang dibagi dengan ukuran yang sama Pengertian Bilangan Pecahan

Sekarang perhatikan dua bab buah apel Malang yang sudah dibelah tersebut, satu bab dari buah apel Malang yang dibelah tersebut disebut “satu per dua” atau “seperdua” atau “setengah” dan ditulis “½”.

Sedangkan kalau kedua bab belahan dari buah apel malang tersebut kita belah menjadi dua lagi, maka dari sebuah apel malang tersebut akan diperoleh empat bab buah apel malang yang sama. Satu bab buah apel malang dari empat bab yang sama itu disebut “satu per empat” atau “seperempat” dan ditulis “¼”

Dari klarifikasi di atas kita akan menemukan bilangan ½ dan ¼ dan kedua bilangan tersebut disebut dengan bilangan pecahan atau lebih singkatnya disebut dengan pecahan. Pada pecahan ½,  angka 1 disebut pembilang dan angka 2 disebut penyebut. Sedangkan pada pecahan ¼, angka 1 disebut pembilang dan angka 4 disebut penyebut. Kaprikornus pecahan sanggup diartikan sebagi perbandingan bab dari keseluruhan.

Berdasarkan pemaparan di atas maka sanggup disimpulkan bahwa “pengertian dari bilangan pecahan yakni bilangan yang sanggup dinyatakan dalam bentuk a/b, dengan a dan b yakni bilangan bulat, b ≠ 0, dan b bukan faktor dari a. Bilangan a disebut pembilang dan bilangan b disebut penyebut”.

Mengapa bilangan b disyaratkan tidak nol? Karena pembagian suatu bilangan dengan nol (dimana pembilang tidak sama dengan nol) dalam matematika akibatnya tidak terdefinisi.

Demikian postingan Mafia Online wacana pengertian bilangan pecahan. Mohon maaf kalau ada kata-kata yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Bilangan Pecahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel