-->

iklan banner

Perbandingan Trigonometri (Sin, Cos, Tan)

Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan)-pada segitiga siku-siku berlaku perbandingan-perbandingan antar ketiga sisinya. Perbandingan-perbandingan antar sisi segitiga siku-siku tersebut dinamakan perbandingan trigonometri. Mari berguru lebih lanjut bersama .


Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan)

Misal pada kasus sebuah tangga yang disandarkan pada sebuah tembok, panjang tangga diwakili oleh KM, tinggi tembok diwakili oleh KL dan jarak pangkal tangga dengan tembok yaitu LM, maka digambarkan dalam segitiga siku-siku KLM, siku-siku di L sebagai berikut.


Tangga tersebut membentuk sudut terhadap lantai pada titik M, selanjutnya dinamakan dengan sudut M atau M. M adalah sudut lancip alasannya M  900. Tinggi tembok (KL) yaitu sisi di depan sudut M, panjang tangga (KM) yaitu , dan LM yaitu sisi di akrab sudut M.
Berdasarkan kesamaaan perbandingan pada sisi-sisi beberapa segitiga siku-siku yang sebangun, diperoleh hubungan sudut lancip dengan perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku sebagai berikut.





     Sebagai penguatan pemahaman, coba anda rumuskan keenam jenis perbandingan sudut untuk sudut K !


Dari kedua pola di atas, sanggup dipelajari banyak sekali kombinasi masalah mengenai nilai perbandingan trigonometri pada suatu segitiga siku-siku.

Sekian Pembahasan mengenai Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan). Soal-soal mengenai bahasan ini akan kami paparkan di postingan Contoh Soal Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan). Salam Matematika !!
Sumber http://www.partnermatematika.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbandingan Trigonometri (Sin, Cos, Tan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel