-->

iklan banner

Jenis Desain Pintu Utama Depan Rumah

Pintu utama di depan rumah anda memakai jenis pintu apa ? Apakah pintu swing biasa, double swing, sliding atau gebyog ? Berikut ini yakni beberapa alternatif pilihan pintu utama dan klarifikasi pengaruh ruang dan suasana yang ditimbulkan.

Pintu utama di depan rumah anda memakai jenis pintu apa  Jenis Desain Pintu Utama Depan Rumah
Jenis Desain Pintu Utama Depan Rumah

01. Pintu Single Swing / Sliding

Jika memasang pintu single sebagai pintu utama rumah baik dengan sistem swing atau sliding pastinya di pasang di pinggir fasade rumah. Namun kita sanggup meletakan jendela di tengah-tengah untuk menciptakan aspek keseimbangan tampilan.

Dengan memasang pintu single di samping, maka potongan tengah ruangan depan Anda tidak akan diambil untuk ruang sirkulasi. Misalnya ruang terdepan yakni ruang keluarga, bila pintu utamanya di samping, maka potongan tengah mungkin sanggup diisi dengan sofa dan meja. Ruang sirkulasi ada di potongan samping sehingga tidak akan mengganggu acara di dalam dan lebih hemat ruangan.

Namun kelemahannya yakni absennya kesan simetri bila dilihat dari luar. Anda tidak sanggup menciptakan kesan elegan apabila pintu utama rumah terletak di samping. Dengan demikian, pemasangan pintu ini juga hendaknya menyesuaikan dengan desain rumah. Pintu ini paling cocok dipasang pada rumah minimalis atau rumah kontemporer yang tidak mementingkan simetri pada fasad bangunan.

02. Pintu Double Swing Standar

Pintu double swing menawarkan kesan glamor dan elegan terhadap fasad depan rumah sehingga sanggup menciptakan simetri pada eksterior rumah. Hal ini merupakan sesuatu yang istimewa bagi sebagian orang yang mengutamakan tampilan.

Dengan meletakan pintu di tengah-tengah dinding ruangan akan menciptakan ruang sirkulasi utama bergerak dari tengah. Ini akan memakan ruang cukup banyak dan sanggup mengganggu acara di dalam dikala pintu dibuka. Namun hal tersebut tidak akan terlalu duduk masalah ketika tersedia sisa ruang yang cukup luas untuk sirkulasi.

Selain itu, pintu swing merupakan jenis pintu yang paling gampang dipasang dan perawatannya juga tidak terlalu banyak. Namun pintu swing memerlukan ruang untuk ketersediaan bukaan pintu ke dalam. Pintu double swing cocok untuk rumah yang mengutamakan tampilan dan rumah bergaya klasik.

03. Pintu Double Sliding Standar

Pintu double sliding sejatinya akan menawarkan pengaruh tampilan yang menyerupai dengan pintu double swing. Namun pintu swing lebih baik dalam menghemat ruang daripada pintu swing. Jika ruangan depan kecil, namun Anda masing ingin menciptakan pintu bukaan double, maka gunakan pintu sliding.

Di sisi lain, pintu sliding lebih ringkih daripada pintu swing. Pintu swing juga memerlukan perawatan yang relatif lebih banyak dan lebih sulit daripada pintu swing biasa. Pemasangannya pun lebih sulit dan memerlukan tukang yang berpengalaman. Oleh sebab itu, pintu depan ini cocok dipasang untuk rumah bergaya modern dan kompak.

04. Pintu Ukir Tradisional

Bagi Anda yang mempunyai selera seni yang tinggi, Anda sanggup memakai pintu ukir sebagai pintu utama di depan rumah. Pintu ukir menawarkan nilai seni tinggi dan menawarkan kesan status sosial yang sangat baik di Indonesia. Pintu ukir di Indonesia umumnya tersedia dengan sistem bukaan double swing dan memakai engsel pivot.

Anda sanggup menentukan jenis goresan tradisional dan kontemporer yang sedang tren dikala ini. Beberapa jenis pintu ukir bernilai tinggi menyerupai pintu ukir jogja, pintu gebyog, pintu ukir bali yang khas. Pintu ini umumnya terbuat dari kayu kelas I dengan kekuatan dan ketahanan yang tinggi.

Sayangnya pada pintu ukir biasanya hanya satu sisinya saja yang diukir, sementara bila dilihat pada potongan dalamnya hanya pintu kayu polos biasa. Engsel pivot yang dibentuk dari kayu seringkali berbunyi akhir gesekan kayu dan tidak semulus engsel besi pada umumnya. Terakhir, pintu ukir harganya sangat mahal dibanding pintu biasa.

Demikianlah mengenai Jenis Desain Pintu Depan Rumah yang sanggup Anda gunakan di rumah. Semoga artikel ini sanggup membantu menambah wawasan dan bermanfaat sebagai ilham desain rumah Anda. Terima kasih,
Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Desain Pintu Utama Depan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel