-->

iklan banner

Peranan Koperasi Sekolah

Sobat bangkusekolah.com, kau pastinya sudah tidak gila mendengar istilah koperasi sekolah. Di sekolah kamu, niscaya ada yang namanya koperasi sekolah. Kamu sanggup melihat bahwa di koperasi sekolah terdapat barang-barang yang dijual. Biasanya, harga barang-barang tersebut lebih murah dibandingkan barang yang dijual di luar koperasi. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai peranan penting koperasi sekolah.


Sebenarnya, kata koperasi diambil dari Bahasa Inggris. Keprasi berasal dari dua kata yaitu co dan operation. Co itu artinya bersama. Sedangkan operation yaitu usaha. Jadi, kalau kita gabungkan kata tersebut menjadi arti perjuangan bersama. Dalam UU No.25 TAHUN 1992, terdapat definisi koperasi. Koperasi yaitu tubuh perjuangan yang beranggotakan orang-orang atau tubuh aturan koperasi dengan melakukan kegiatannya menurut prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang menurut asas kekeluargaan.


Nah, dalam koperasi sekolah, biasanya guru bertindak sebagai pengawas dan Pembina. Hampir setiap sekolah mempunyai koperasi sekolah entah itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas.


Peranan Koperasi Sekolah


Koperasi sekolah sangat penting untuk kemandirian dan kedewasaan siswa. Berikut ini merupakan peranan penting koperasi sekolah:



  1. Membantu pemerintah dalam pembangunan bidang perkoperasian melalui pendidikan di sekolah.

  2. Melatih siswa supaya mempunyai kesadaran berkoperasi.

  3. Melatih siswa untuk disiplin, jujur, suka bekerja keras, setia kawan, bekerja sama, saling membantu dan mempunyai jiwa demokratis.

  4. Memberikan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi pada siswa sehingga sanggup menjadi bekal ketika siswa terjun ke masyarakat.

  5. Mengembangkan jiwa jiwa wirausaha siswa.


Barang yang diusahakan di koperasi sekolah


Salah satu pendirian koperasi sekolaj yaitu untuk membantu siswa dalam memenuhi kebutuhannya. Itulah mengapa supaya koperasi sekolah sanggup berjalan dengan baik, pengurus koperasi sebaiknya menyediakan barang-barang yang diperlukan oleh siswa, khususnya barang-barang yang sanggup dipakai oleh siswa untuk menungjang proses belajarnya. Barang-barang itu antara lain alat tulis, buku-buku pelajaran, masakan menyerupai minuman dan masakan ringan, dan sebagainya.


Jika memungkinkan, koperasi sekolah juga sanggup menyediakan sikat gigi, pasta gigi, sabun dan sebagainya. Tentu saja barang-barang tersebut harus lebih murah dibandingkan harga di toko. Agar sanggup menjual barang dengan harga yang lebih murah, sebaiknya koperasi membeli barang dari toko grosis atau biro langsung. Dengan begitu, koperasi sanggup menjualnya dengan laba yang cukup. Maksud cukup yaitu dalam mengambil untung tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah yang sanggup mengancam keberadaan koperasi. Dengan demikian, koperasi masih sanggup laba dan anggota sanggup membeli barang di koperasi dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran. Keuntungan koperasi ini pada alhasil akan kembali kepada anggota sebagai sisa hasil usaha.


Jadi, sebagai siswa kita harus ikut membantu menyukseskan adanya koperasi di sekolah contohnya dengan membeli barang-barang yang diperlukan di koperasi sekolah dibandingkan membelinya di toko atau warung. Selain itu, kau juga akan mendapat laba alasannya yaitu harga barang tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga toko. Tentu saja kau sanggup berhemat.


Nah, itulah pembahasan menganai peranan penting koperasi sekolah. Banyak manfaat yang sanggup diperoleh khususnya bagi siswa alasannya yaitu beberapa sifat akan tertanam dengan adanya pendirian koperasi sekolah. Siswa akan dilibatkan sebagai anggota dan pengurus dengan adanya bimbingan dan pengawasan dari guru. Semoga pembahasan bahan mengenai peranan penting koperasi sekolah sanggup bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peranan Koperasi Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel