Tips Membuat Surat Komplain / Klaim Barang Yang Baik Dan Benar
Jika dalam skala kecil mungkin komplain tersebut dalam langsung disampaikan kepada pihak yang bersangkutan secara mulut atau dengan datang menemui pihak terkait. Namun untuk perdagangan besar, komplain tersebut biasanya disampaikan dengan menggunakan surat komplain atau yang dikenal dengan sebutan surat klaim. Tujuannya yaitu untuk memmemberikantahukan dari pihak pembeli atau pemesan kepada pihak penjual karena adanya barang yang tidak sesuai dengan pesanan.
Berikut ini yaitu beberapa alasan dibuatnya surat klaim atau surat komplain tersebut.
- Jumlah barang tidak sesuai dengan pesanan
- Adanya keterlambatan pengiriman barang
- Adanya kerusakan pada barang pesanan
- Pengingkaran perjanjian yang telah disepakati bersama
- Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu menghubungkan antara tanggal dan nomor surat pesanan.
- Menyampaikan komplain dengan bahasa yang baik dan santun
- Sertakan kepada siapa surat tersebut ditujukan
- Sebutkan jumlah barang yang tidak sesuai dengan kesepakatan
- Sebutkan juga alasan anda mengirimkan komplain tersebut.
- Sampaikan komplain anda dengan singkat, padat, dan terang biar tidak terlalu berbelit-belit.
PT. Laksana Indah Permai
Jalan Jendral Sudirman No 28
Komplek Palem Mutiara, Telp (021) 669325
Kota Jakarta 15120
Jakarta Timur
Nomor : 59/AK/VI/2017 10 April 2017
Lampiran : –
Hal : PENGADUAN ATAS KIRIMAN BARANG
Hal : PENGADUAN ATAS KIRIMAN BARANG
Kepada
Yth. Manager Pemasaran PT. Makmur Meubel
Jalan Anggrek No.56
Bandung
Dengan hormat,
Dengan ini kami memberikantahukan bahwa, kiriman Saudara berupa :
1. 6 buah Meja Jati
2. 3 buah Kursi Teras
3. 6 buah Meja Makan
4. 2 Sofa Jati
Telah hingga di daerah kami, dan kami mengucapkan terima kasih.
Namun, dengan sangat menyesal kami harus sampaikan bahwa setelah muatan barang kami buka, ternyata di mobil pertama yang bernomor polisi D 3625 SK ada sebuah bangku teras yang rusak. Kerusakannya yaitu terdapat di kepingan kaki bangku yang patah.
Menurut kami, kerusakan lemari es tersebut disebabkan karena pengepakan barang yang kurang pas sehingga kadab proses pengiriman barang, bangku tersebut terjatuh atau tertimpa barang lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini kami minta kepada Saudara biar mampu segera mengirimkan penggantinya dan kami akan segera pula mengirimkan barang yang rusak tersebut ke alamat Saudara atas beban biaya Saudara.
Demikian keterangan yang mampu kami sampaikan, dan atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
Namun, dengan sangat menyesal kami harus sampaikan bahwa setelah muatan barang kami buka, ternyata di mobil pertama yang bernomor polisi D 3625 SK ada sebuah bangku teras yang rusak. Kerusakannya yaitu terdapat di kepingan kaki bangku yang patah.
Menurut kami, kerusakan lemari es tersebut disebabkan karena pengepakan barang yang kurang pas sehingga kadab proses pengiriman barang, bangku tersebut terjatuh atau tertimpa barang lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini kami minta kepada Saudara biar mampu segera mengirimkan penggantinya dan kami akan segera pula mengirimkan barang yang rusak tersebut ke alamat Saudara atas beban biaya Saudara.
Demikian keterangan yang mampu kami sampaikan, dan atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Zahira Azahra
Manager Pemasaran
Sumber http://ayobelajarpemasaran.blogspot.com
0 Response to "Tips Membuat Surat Komplain / Klaim Barang Yang Baik Dan Benar"
Posting Komentar