-->

iklan banner

10 Tips Menghemat Space Hosting

Hosting, Bagi para pemilik website yang ingin lebih kondusif dan bebas mengelola websitenya niscaya lebih menentukan untuk memakai hosting daripada sekedar numpang gratisan menyerupai blogspot dan wordpress.


Tapi alasannya yaitu terlalu mahal kalau kita menciptakan server sendiri, jadinya ada pilihan lain yaitu dengan memakai shared hosting.


Cara kerjanya sama dengan menyewa kamar kost, Yang dimana dalam 1 rumah terdapat banyak kamar untuk disewakan.


Bagi Anda yang masih pemula dan ingin berguru wacana hosting, Ada baiknya menentukan memakai paket yang paling murah terlebih dahulu.


Selain untuk tes kemampuan hosting yang dimiliki, Sekaligus tahap berguru untuk mengelola cpanel atau website baru.


Sayangnya, Dengan menentukan paket yang paling murah jadinya kita hanya mendapat space disk yang sangat minim.


Seperti yang saya pakai untuk website bacaanku.com ini yaitu pake yang paling murah dengan space disk hanya sebesar 200mb.


Hanya dengan diisi CMS wordpress dan template sekaligus beberapa plugin untuk meningkatkan secara optimal website pun sudah lebih dari 100mb terpakai, Kaprikornus mau tidak mau harus berfikir untuk menghemat space.


Untuk mengetahui berapa file yang sudah mengisi hosting Anda, Anda bisa masuk pada cpanel dan melihat pada tab disk space usage


 Bagi para pemilik website yang ingin lebih kondusif dan bebas mengelola websitenya niscaya lebi 10 Tips Menghemat Space Hosting
disk space usage – 1

Dengan masuk pada tab tersebut Anda bisa mengetahui pecahan mana yang paling menciptakan hosting Anda habis, Namun alasannya yaitu hanya sekilas dan tidak menunjukkan klarifikasi yang lebih detail biasanya cpanel juga menyediakan tab yang lebih detail dibawahnya.


 Bagi para pemilik website yang ingin lebih kondusif dan bebas mengelola websitenya niscaya lebi 10 Tips Menghemat Space Hosting
disk space usage – 2

Dengan melihat tab diatas, Anda bisa melihat root dari folder tersebut dan mengetahui mana yang menghabiskan paling banyak space.


…. Berikut beberapa 10 Tips Menghemat Space Hosting yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus paham dunia hosting yang ribet :


#1. Delete Theme


Pembukaan Tips Menghemat Space Hosting kali ini yaitu dengan menghapus theme, Bisa menghemat paling tidak 1mb space.


Jika Anda pengguna wordpress, maka setiap awal kali menginstall wordpress Anda akan mendapat 3 theme original dari wordpress.


Oleh alasannya yaitu itu Anda bisa menghapus 2 dari ketiga theme tersebut, Kenapa cuma 2?


Karena untuk jaga jaga dikala website Anda crash blank putih, Maka Anda bisa melaksanakan reset ke template bawaan wordpress.


Untuk menghapusnya, Anda bisa menuju folder public_html > wp-content > theme > dan hapus 2 folder theme pilihan Anda.


#2. Optimasi Gambar


Ada beberapa cara untuk menghemat space dengan cara meningkatkan secara optimal gambar.


Salah satunya yaitu dengan kompress ukuran gambar tersebut, Yang pernah saya ulas dalam artikel mengenai optimasi ukuran gambar dan kompress ukuran gambar pada website.


Baca juga : 9 Cara meningkatkan secara optimal SEO pada gambar


Pastikan Anda membaca ketiga artikel diatas terlebih dahulu…


… Sedangkan cara yang kedua yaitu dengan memanfaatkan shared space dari pihak ketiga menyerupai google drive, photobucket, dan sebagainya.


Namun tidak disarankan kalau Anda ingin mendaftarkan website Anda pada pada google adsense, Karena sanggup dianggap sebagai website chat atau melanggar hak cipta.


#3. Hapus Log


Log file memiliki fungsi untuk mnampilkan log dari website ANda, Bisa berfungsi untuk trace error dari script, plugin atau hosting.


Biasaya, Setiap awal bulan log akan dirangkum dalam file berjenis .gzip dan bisa Anda jalan masuk pada folder log pada hosting Anda.


Shortcut : Bisa Anda klik eksklusif pada logs/ menyerupai yang tertera pada gambar disk space usage – 1


Anda bisa menghapusnya tiap awal bulan kalau tidak terjadi kerusakan pada website Anda.


#4. Mail


Jika Anda pengguna hosting untuk perusahaan, maka Tips Menghemat Space Hosting HARUS anda terapkan.


Email, Bisa jadi biang kerok utama dalam menghabiskan space hosting Anda. Terlebih kalau website Anda yaitu website perusahaan yang memiliki banyak karyawan.


Biasanya, Untuk meningkatkan dapat dipercaya perusahaan maka akan dibuatkan webmail account tiap karyawan.


Masalahnya adalah, Setiap email tersebut terkadang dimiliki oleh karyawan yangg tidak paham mengenai teknologi sehingga gampang mendapat email spam.


Pengalaman saya, Dengan menunjukkan space 250mb pada tiap email kadang bisa eksklusif penuh dalam waktu 3 hari alasannya yaitu dipenuhi oleh email spam. Bayangkan jka terdapat 10 atau 100 karyawan #kokjadicurhat.


Jika Anda hanya mengelola 1 email akun saja, Maka Anda bisa menghapus email inbox pada akun tersebut untuk menghemat space.


#5. Cache


Anda bisa menyimpan cache untuk meringankan kinerja hosting Anda, Selain menghemat space juga sanggup menghemat memory.


Walaupun tidak signifikan, Tapi setidaknya membantu juga dalam kecepatan loading website.


Gunakan CDN cloudflare yang bisa Anda manfaatkan secara gratis.


#6. Optimasi Database


Anda bisa melaksanakan meningkatkan secara optimal database menyerupai menghapus revision, tabel plugin yang sudah tidak Anda gunakan lagi, dan sebagainya.


Silahkan baca artikel tips meningkatkan secara optimal database untuk wordpress.


#7. Bijak Dalam Memilih Plugin


Tips Menghemat Space Hosting yang tidak kalah pentingnya yaitu menentukan plugin.


Biasanya, Plugin menjadi hal yang pling kita rumitkan walaupun tidak penting bergotong-royong (kecuali memang butuh).


Dengan menentukan plugin yang baik dan benar, Anda bisa menghemat space sekaligus memory hosting Anda. Mungkin beberapa plugin yang saya gunakan di website ini bisa Anda tumpuan :



Mungkin plugin diatas bisa Anda gunakan untuk meningkatkan secara optimal website Anda, Sebenarnya masih banyak lagi plugin yang saya gunakan. Namun list diatas yaitu yang paling penting dan urgent.


Dengan bijak menentukan plugin, Anda bisa menghemat space secara drastis. Gak percaya? coba saja bandingkan beberapa plugin berikut…



  • Bandingkan install plugin jetpack dengan plugin SNAP diatas

  • Bandingkan Plugin WP Smush dengan Plugin EWW Image optimizer


You will be surprise my friend!!


#8. Minify


Sebenarnya cara ini tidak begitu penting, Karena hanya menghemat mungkin hitungan 1kb atau beberapa kb :D.


Tapi alasannya yaitu hal ini bisa menghemat space sekaligus meningkatkan kecepatan website maka ada baiknya juga saya masukkan.


Ada beberapa cara untuk melakukannya :



Bagaimana cara kerjanya?


Cukup sederhana, minify yaitu dengan menghilangkan space kosong pada script dan tidak melaksanakan sanksi script yang serupa atau tidak digunakan.


#9. Tempat Backup


Sepertinya saya belum pernah menciptakan artikel wacana backup wordpress, Mungkin lain kali bisa saya jelaskan lebih detail.


Namun untuk memaksimalkan point ini, Anda bisa memakai plugin BackWpUp untuk backup database dan website Anda.


Untuk menghemat file, Anda bisa menentukan untuk menyimpannya pada dropbox yang sudah terintegrasi dengan BackWpUp.


#10. Google Libraries


Tips Menghemat Space Hosting yang terakhir yaitu dengan memakai google libraries.


Mungkin masih belum banyak yang mengerti Apa itu google libraries, Kebetulan kali ini saya bagikan tipsnya tapi bukan cara menggunakannya.


Semua website (baru) selalu memiliki j4vascript yang menghubungkan dari dan ke google. Contohnya saja yaitu script google lapis, font, dan sebagainya.


Anda bisa memanfaatkan fitur dari google libraries ini untuk meringankan kecepatan website sekaligus untuk meringankan hosting Anda.


Untuk wordpress, Anda bisa instal plugin ini.


Note : Sayangnya, Dengan memakai google libraries scroe YSlow dari website Anda akan menurun.


Setidaknya 10 Tips Menghemat Space Hosting diatas sudah cukup untuk menciptakan hosting percobaan Anda yang sebesar 200mb space cukup untuk 8 bulan sampai 1 tahun.


Akan tetapi, Selain memikirkan space untuk hosting Ada baiknya juga Anda memikirkan kinerja hosting Anda dengan mengetahui konsumsi memory yang dibutuhkan.


Silahkan baca artikel mengenai optimasi memory hosting Karena kalau tidak kita lakukan meningkatkan secara optimal maka sanggup menimbulkan website error 503 atau tidak sanggup diakses.


Selesai… biar bermanfaat, Dan jangan lupa untuk vote artikel ini kalau Anda malas untuk berkomentar.



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Menghemat Space Hosting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel