-->

iklan banner

Cara Mengoptimalkan Database Wordpress Dengan Satu Kali Klik

Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Satu Kali Klik – Apakah Anda pengguna WordPress? Sudah berapa usang Anda mempercayakan WordPress sebagai platform blogging utama Anda?


Sebagai informasi, WordPress mendominasi platform blog paling terkenal di jagad internet. Lebih dari 27% website yang ada di dunia kini ini terbuat dari WordPress.


Popularitas tentu bukanlah sesuatu yang perlu dipertanyakan. Bagi Anda pengguna WordPress, Anda tentu harus merasa beruntung alasannya software blogging ini mempunyai komunitas yang begitu besar.


Semakin usang semakin banyak orang yang bertekad untuk memperlihatkan kemudahan-kemudahan bagi sesama pengguna dalam memaksimalkan website berbasis WordPress.


Sama ibarat Seni Berpikir, lewat artikel ini, Anda sanggup mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan database WordPress, sehingga performa blog Anda menjadi lebih meningkat.


Baca Juga: Cara Memperbaiki Error Establishing a Database Connection di WordPress


Sebelum masuk ke serpihan inti, mari kita ketahui, apa itu database dan mengapa itu penting. Silakan lanjutkan membaca.


Apa itu Database WordPress?


Sederhananya, database ialah adonan antara banyak sekali jenis gosip yang tersimpan sebagai suatu kesatuan secara sistematik dalam sistem komputer. Database memungkinkan seluruh data sanggup diperiksa secara sistematis dan mudah.


Bila dikaitkan dengan database WordPress, maka struktur data mengenai postingan, komentar, URL, gosip mengenai gambar yang digunakan, pengaturan, dan lain sebagainya tersimpan dalam database.


Baca Juga: Cara Install Google Analytics di WordPress Tanpa Plugin


Saat menginstall WordPress, website tidak akan sanggup berjalan apabila tidak dihubungkan dengan database. Setiap website umumnya harus mempunyai database.


Baca Juga: Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce


Di dalam hosting yang Anda gunakan pun tersedia database yang tentu sanggup dihubungkan dengan WordPress semoga website Anda sanggup benar-benar online sehingga sanggup diakses secara umum.


Mengapa Perlu Mengoptimalkan Database WordPress?


Apapun data yang dihasilkan selama website Anda online akan tersimpan di dalam database.


Bila Anda sudah cukup usang memakai WordPress, maka kemungkinan besar terdapat banya sekali data yang tidak penting atau tidak lagi terpakai yang masih tersimpan di dalam database Anda.


Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap


Sama ibarat komputer, kita yang ingin meningkatkan performa komputer dan ingin menyegarkan ruang penyimpanan tentu memutuskan untuk menghapus data-data yang tidak penting atau tidak lagi terpakai, entah itu secara manual maupun memakai dukungan software.


Begitu juga dengan database blog WordPress, di mana data yang tidak lagi terpakai sebaiknya dibersihkan saja.


Baca Juga: Lengkap: 30+ Aplikasi Terbaik Untuk Blogger yang Tentu Wajib Digunakan


Data-data yang tidak penting tersebut ibarat revisi artikel yang tersimpan, komentar spam, komentar/artikel/halaman/gambar yang sudah pernah dihapus namun masih ada di dalam keranjang sampah, dan lain sebagainya sebaiknya dibuang saja.


Kenapa?


Sebab data-data yang tidak terpakai tersebut menciptakan ukuran kapasitas database menjadi tinggi dan akan memakan lebih banyak resource di hosting Anda.


Baca Juga: 8 Plugin WordPress Untuk Typography


Mengoptimalkan database WordPress artinya membuang semua data yang tidak diperlukan, mengurangi ukuran database, lebih cepat dibackup dan restore, dan tentunya meningkatkan performa database Anda.


Cara Mengoptimalkan Database WordPress


Paling tidak ada dua pilihan yang sanggup Anda coba untuk mengoptimalkan database WordPress; manual dan otomatis memakai plugin.


Cara mengoptimalkan database WordPress secara manual sanggup Anda lakukan dengan mengakses phpMyAdmin di hosting yang Anda gunakan.


Baca Juga: 25 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Digunakan Untuk Setiap Blog WordPress


Kemudian pilih database Anda dan centang semua table yang ada di dalam dengan mengklik opsi Check All. Setelah semua table tercentang, silakan pilih sajian dropdown yang ada di sebelahnya dan pilih Optimize Table. Lihat gambar berikut:


Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Satu Kali Klik Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Satu Kali Klik


Tunggu beberapa ketika sampai database WordPress Anda dioptimalkan. Apabila Anda tidak ingin repot-repot masuk ke phpMyAdmin setiap kali ingin mengoptimalkan database WordPress, maka silakan ikuti metode berikutnya.


Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Satu Kali Klik


Bila metode sebelumnya Anda diharuskan untuk login ke dalam phpMyAdmin, di metode kedua ini Anda sanggup mengoptimalkan database WordPress hanya dengan satu kali klik saja.


Yang perlu kita gunakan dalam metode ini ialah sebuah plugin. Silakan ikuti langkah-langkahnya:


1. Install dan aktifkan plugin WP-Optimize.


2. Setelah itu jalan masuk sajian WP-Optimize di sebelah kiri halaman admin dashboard serpihan paling bawah, dan halaman tersebut pun akan terlihat ibarat ini:


Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Satu Kali Klik Cara Mengoptimalkan Database WordPress Dengan Satu Kali Klik


3. Ada baiknya Anda membackup database terlebih dahulu sebelum benar-benar mengoptimalkannya.


4. Perhatikan opsi yang perlu dioptimalkan (lihat angka di sebelah kanannya), semakin banyak angkanya berarti semakin banyak table yang harus dioptimalkan.


Silakan ceklis setiap opsi yang berdasarkan Anda perlu dioptimalkan, dan pilih opsi Run on all selected items.


Prosesnya hanya sebentar dan sesudah selesai, maka Anda sudah berhasil mengoptimalkan database WordPress Anda.


Jadi, ada berapa banyak data yang tidak terpakai yang berhasil Anda bersihkan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Bacaan Selanjutnya:


11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google




Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengoptimalkan Database Wordpress Dengan Satu Kali Klik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel