-->

iklan banner

√ Kopi Lampung, Primadona Kopi Robusta Indonesia

 tanaman kopi yang dibudidayakan di Indonesia hanya ada dua √ Kopi Lampung, Primadona Kopi Robusta Indonesia


Sejatinya, tanaman kopi yang dibudidayakan di Indonesia hanya ada dua, yaitu kopi robusta dan arabika. Kedua jenis kopi ini dibudidayakan hampir diseluruh wilayah Indonesia, mulai dari Jawa, Sumatera, Sulawesi sampai Papua. Kondisi alam Indonesia yang sangat bermacam-macam ternyata mempengaruhi cita rasa kopi yang dibudidayakan. Sehingga, meskipun jenis kopinya sama tapi jikalau dibudidayakan dari tempat yang berbeda maka akan terdapat perbedaan citarasa.


Salah satu pusat produksi kopi di Indonesia yakni pulau Sumatera. Banyak produk – produk kopi dari tanah Sumatera yang tidak hanya terkenal di Indonesia, namun sudah terkenal dimata  dunia. Kopi Sumatera yakni salah satu jenis kopi yang terkenal akan tekstur yang halus, mempunyai citarasa yang relatif berat dan kompleks jikalau dibandingkan dengan jenis-jenis kopi yang lain.


Selain kopi Gayo dan kopi Sidikawang, ada jenis kopi Sumatera lain yang tidak kalah populer, yaitu kopi Lampung. Dikalangan para pecinta kopi, tentu nama kopi Lampung bukanlah nama yang absurd lagi.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



 tanaman kopi yang dibudidayakan di Indonesia hanya ada dua √ Kopi Lampung, Primadona Kopi Robusta Indonesia


Jenis kopi yang dibudidayakan oleh kebanyakan petani kopi di tempat Lampung yakni jenis Kopi Robusta. Kondisi alam yang dimiliki Lampung memang sesuai untuk budidaya kopi jenis robusta ini. Budidaya kopi di Lampung, terpusat di tiga tempat yaitu Lampung Tengah, Lampung Barat dan Tanggamus.


Kopi Lampung masuk dalam kategori black coffee yang mempunyai aroma kopi yang cukup kuat, tingkat keasaman yang rendah dengan kandungan kafein yang relatif tinggi jikalau dibandingkan dengan jenis kopi lain. Selain itu, kopi Lampung juga mempunyai ciri khas dari segi rasa yaitu mempunyai abjad rasa earthy dan rentang notes antara nutty, woody dan dark chocolate.


Kopi robusta dari lampung mendominasi produksi kopi robusta di Indonesia, yaitu mencapai 70%. Selain itu, kopi Lampung juga memperlihatkan bantuan jumlah yang besar dalam nilai ekspor kopi robusta Indonesia. Pada tahun 2017, Indonesia mengekspor kopi robusta sekitar 400 ribu ton, dan Lampung menyumbang 170 ribu ton dari jumlah tersebut.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



 


 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Kopi Lampung, Primadona Kopi Robusta Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel