-->

iklan banner

7 Tips Merawat Pc Gaming Semoga Performa Selalu Optimal

Main game kerap menciptakan orang lupa waktu. Benar begitu, spAcer? Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapat reward yang ditargetkan. Karenanya, mempunyai PC gaming yang punya spesifikasi mumpuni merupakan hal penting untuk menunjang acara gaming kamu.


Namun, hal tersebut tidaklah cukup. Kamu juga perlu merawatnya biar performa perangkat tetap terjaga. Jangan hingga perangkatmu mendadak mengalami lag di tengah game hanya lantaran kau malas merawatnya, entah itu lantaran kondisi fisik atau pun software yang tak pernah di-update.


Nah, biar hal tersebut tak terjadi, kau wajib melaksanakan beberapa hal berikut ini sehingga performa PC gaming tetap terjaga dan acara bermain game pun tak akan terganggu.


Rutin Membersihkan Debu


Tips satu ini mungkin terdengar sangat mendasar, tetapi nyatanya tidak sedikit orang yang masih mengabaikannya. Sama menyerupai mesin lain yang mempunyai bab ventilasi, debu niscaya akan masuk pada PC gaming kamu, spAcer. Seiring dengan berjalannya waktu, kalau dibiarkan, debu dan kotoran akan menumpuk di dalam perangkatmu dan menutupi komponen-komponen penting di dalamnya, Akibatnya, PC kau akan mengalami kesulitan dalam mengalirkan udara sehingga bisa menimbulkan overheating.


 Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapa 7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal


Setidaknya, selama tiga bulan sekali, luangkan waktu untuk membersihkan PC kamu. Semakin sering, tentu akan semakin bagus. Sebelum melaksanakan hal tersebut, jangan lupa untuk mematikan perangkat PC, memastikan bahwa sumber daya listrik (power supply) sudah berada dalam posisi off dan cabut semua kabel.


Jika kau memasang case pada PC gaming, pastikan kau untuk melepasnya juga. lakukan investigasi kondisi case tersebut. Apabila terlihat kotor, segera bersihkan memakai air. Pastikan kondisinya benar-benar kering sebelum kau memasang kembali case tersebut pada PC kau ini.


Baca juga: Komputer Desktop vs Laptop: Mana yang Lebih Asyik untuk Gaming?


Instalasi Kabel yang Baik


Umumnya, setiap gaming PC dilengkapi dengan power supply yang kuat. Power supply semacam itu biasanya mempunyai banyak sekali kabel. Jika memakai power supply modular, kau mungkin tidak akan menemui dilema dalam hal instalasi kabel lantaran bisa memasang dan melepas kabel-kabel yang tidak dipakai secara mudah. Namun, bagi yang memakai power supply non modular, kemungkinan besar kau akan berhadapan dengan instalasi kabel yang tidak rapi di sekitar PC.


Nah, kabel dengan kondisi yang tidak rapi berpotensi menimbulkan korselet, spAcer. Terlebih, kondisi tersebut juga sanggup menutupi bab kipas PC sehingga arus udara pun menjadi tidak lancar. Untuk mengatasinya, sebaiknya kau memposisikan kabel di belakang motherboard. Jika memakai casing besar pada PC, kau bisa menyediakan space di bab belakang casing untuk kawasan menyimpan kabel untuk dihubungkan ke masing-masing perangkat. Dengan begitu, kabel akan terlihat lebih rapi dan PC kau pun mempunyai arus udara yang tak terhalang.


 Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapa 7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal


Update Driver Kartu Grafis


Performa suatu gaming PC ditentukan oleh banyak hal, salah satunya yaitu kartu grafis. Kabar baiknya, merawat performa kartu grafis sama sekali tidak susah dilakukan selama kau rutin melaksanakan update. Jika tidak dilakukan, sudah bisa dipastikan performa PC kau akan menurun bahkan hingga mengalami lag berkelanjutan. Untungnya lagi, umumnya produsen kartu grafis menyerupai Nvidia dan AMD akan secara teratur memperbarui driver pada PC gaming yang kau gunakan. Dengan begitu, kinerja PC kau sanggup selalu meningkat dan mengikuti keadaan dengan setiap permainan gres yang kau install.


 Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapa 7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal


Baca juga: Killer Doubleshot Pro: Koneksi Super untuk Memaksimalkan Gaming


Defrag Hard Drive PC Gaming Kamu


Seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian yang meningkat, performa PC gaming bisa mengalami penurunan. Namun, kau bisa mencegah hal tersebut dengan rutin melaksanakan defrag terhadap komponen hard drive-nya. Di dalam hard drive, terdapat aneka macam sektor yang menampung data-data kau PC kau secara terpisah. Semakin sering kau memakai PC, semakin banyak data yang ditampung hard drive. Hal inilah yang menciptakan hard drive harus bekerja lebih keras untuk mencari dan me-load data yang kau minta.


Dengan melaksanakan defrag, cakram pada hard drive kamu tak perlu membaca sesuatu yang telah dihapus sebelumnya. Selain itu, langkah ini juga bisa meningkatkan organisasi internal dengan benar. Jika kau tidak melaksanakan defrag, hard drive akan terus membaca sesuatu yang sudah tidak ada dan akan menciptakan PC gaming berjalan lebih lambat. Namun, kau tak perlu melaksanakan defrag jika memakai SSD lantaran justru akan memperpendek usia SSD kamu.


 Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapa 7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal


Hapus Aplikasi yang Tak Terpakai


Setiap space yang tersisa pada disk perangkat PC sangatlah berharga. Kamu bisa memanfaatkan space tersebut untuk memasukkan game yang kau ingin mainkan. Terlebih kalau kau tidak mempunyai disk berukuran besar. Tentunya kau harus melaksanakan pertimbangan ekstra dalam menentukan game untuk diunduh.


Oleh lantaran itu, kau dianjurkan untuk menghapus aneka macam aplikasi yang tak terpakai dari PC gaming, termasuk bermacam-macam aplikasi pre-installed yang biasanya sudah ada semenjak kau membeli PC. Untuk melakukannya, kau bisa eksklusif membuka Control Panel, kemudian klik “uninstall a program” di bawah bab Programs. Jika memakai Windows 10, kau juga bisa menghapus aplikasi dengan membuka Settings > System > Apps and Features. Kedua metode tersebut akan memberi tahu berapa ukuran setiap aplikasi dan kapan kau melaksanakan install-nya.


 Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapa 7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal


Baca juga: Ada Promo Produk Gaming di Acer Day, Lho!


Jangan Menjalankan Program Lain Saat Main Game


Saat tidak bermain game, hal-hal lain apa yang biasanya kau lakukan dengan PC gaming, spAcer? Mayoritas dari kau mungkin akan menjawab browsing dan membuka akun media sosial. Program atau aplikasi tersebut memang sangat mempunyai kegunaan dan menyenangkan untuk dibuka dikala kau tak sedang bermain game. Namun, dikala bermain game, sebaiknya kau menutup seluruh acara lain biar seluruh sistem bisa tertuju maksimal pada aplikasi game yang sedang kau buka. Dengan begitu, acara gaming bisa berjalan lebih optimal.


 Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapa 7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal


Aktif Scan Virus pada PC Gaming dan Update Software


Melakukan update pada kartu grafis akan menciptakan hardware PC kau berjalan optimal. Namun, hal tersebut tidaklah cukup, spAcer. Kamu juga harus aktif men-scan PC dari adanya virus malware sekaligus melaksanakan update pada software yang kau gunakan. Biasanya, update software kerap menambahkan beberapa fitur gres dan melaksanakan optimisasi performa. Ia akan meningkatkan aspek keamanan sehingga perangkat kau bisa kondusif dari bahaya online.


 Rasanya susah untuk berhenti sebelum kau berhasil mengalahkan seluruh musuh atau mendapa 7 Tips Merawat PC Gaming Agar Performa Selalu Optimal


Semakin banyak acara yang kau install, semakin susah bagi PC untuk melacak seluruh update yang dibutuhkan. Untungnya, kau bisa memakai acara menyerupai Secunia Personal Software Inspector untuk mempercepat proses tersebut. Program ini akan melaksanakan scanning sistem kau dan memisahkan software ke dalam beberapa bagian, termasuk memisahkan software yang sudah up-to-date dan software yang membutuhkan update.


Selain menerapkan tujuh hal di atas untuk menjaga performa PC gaming, pastikan kau juga selalu berhati-hati dalam mematikan perangkatnya, spAcer. Seletih apa pun kau sehabis bermain game, jangan pernah mematikan PC dengan cara mencabut sambungan listrik secara langsung. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan yang cukup parah pada komponen PC kamu.


Sudah paham bagaimana merawat PC gaming kau supaya performa selalu terjaga dengan baik kan? Segara terapkan dan happy gaming, spAcer!


Baca juga: Predator Helios 300, Latop Gaming yang Ramah di Kantong



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Tips Merawat Pc Gaming Semoga Performa Selalu Optimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel