-->

iklan banner

Alasan Mengapa Insan Harus Belajar


Oleh : Bambang Hidayat
              Dari seluruh makhluk yang telah diciptakan Allah SWT, hanya manusialah yang penciptaannya paling sempurna. Sebab, insan ialah satu-satunya makhluk Allah SWT yang dikaruniai akal. Dengan nalar ini insan sanggup berpikir akan alam seisinya guna menunjang kebutuhan hidupnya sekaligus wakil Allah (khalifah) di muka bumi. Jika insan bisa mengoptimalkan potensi nalar ini dengan baik pasti kebahagiaan dunia dan alam abadi sanggup ia raih. Untuk meraih kebahagiaan dunia terlebih lagi kebahagiaan alam abadi tentu tidak mudah. Semua itu hanya sanggup diraih apabila insan belajar. Sebab, dengan berguru insan sanggup memperoleh banyak pengetahuan. Pengetahuan inilah yang akan menjadi materi pokok nalar manusia. Lalu materi pokok nalar itu dikelola di suatu daerah yang berjulukan alam pikiran (akal) sehingga nantinya akan melahirkan pemikiran-pemikiran gres yang lebih kompleks. Intinya hanya dengan belajarlah insan sanggup mengoptimalkan akalnya.
              Secara garis besar ada 3 alasan utama mengapa insan harus belajar, yaitu :
Belajar ialah kebutuhan
Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin cepat menciptakan insan harus bertindak cepat untuk menyerapnya alasannya jikalau tidak maka beliau akan mengalami ketertinggalan. Oleh lantaran itu mencari ilmu (belajar) sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Pengetahuan dan keterampilan yang insan dapatkan dari acara berguru sanggup menjadi alat ampuh untuk membantu insan dalam mengambil keputusan yang berkualitas. Sehingga menciptakan insan semakin tajam sanggup menyikapi permasalahan hidupnya.
Belajar ialah kewajiban
Di dalam sebuah hadis Nabi SAW dikatakan berguru merupakan kewajiban bagi setiap insan (muslimin & muslimah) :
“Menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi muslim pria dan muslim perempuan”. (H.R.Ibnu Majah)
Wahyu pertama pun yang diturunkan kepada Nabi SAW ialah iqra’ (Bacalah) atau perintah membaca.  Begitu sangat pentingnya belajar, sampai-sampai Rasulallah SAW memerintahkan untut menuntut ilmu hingga ke-Cina: “Tuntutlah ilmu hingga negeri Cina...(H.R.Ibnu Abdul Barr)
Belajar ialah ibadah
Agar berguru sanggup bernilai ibadah, lakukanlah langkah-langkah berikut :
1.      Kuatkan dan luruskan niat berguru hanya untuk          mengharap ridha Allah SWT semata-mata,
2.      Berdoa sebelum dan setelah berguru ialah sebuah kewajiban.
3.      Ikhlas
4.      Tawakal (serahkan semuanya kepada Allah SWT)
Mudah-mudah bermanfaat dan sanggup diaplikasikan dalam kehidupan kita masing-masing. Amin yaa Rabb....




Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan Mengapa Insan Harus Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel