-->

iklan banner

Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik Dan Benar

Menanam tanaman hias di pekarangan rumah memang menciptakan suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman. Aneka jenis tumbuhan hias tidak hanya sanggup ditanam di pekarangan rumah saja, bahkan Anda yang ingin menikmati keindahan tumbuhan hias ini sanggup menanamnya di dalam ruangan sekalipun. Tanaman horticultural ini ditanam sebagai hiasan dan untuk dinikmati keindahan baik bunga, daun, buah ataupun batangnya. Cara membudidayakan tumbuhan hias yang baik dan benar sanggup dijadikan aliran umum dalam membudidayakan aneka ragam tumbuhan hias.


 di pekarangan rumah memang menciptakan suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar
Penanaamn tumbuhan hias harus dilakukan dengan benar biar tanamannya tetap tumbuh subur. Penanaman yang salah tidak akan menawarkan tampilan tumbuhan hias yang indah, bahkan sanggup saja mati atau tidak tumbuh sama sekali.

Tanaman hias ini tidak hanya sanggup menciptakan rumah Anda sejuk, tetapi Anda sanggup menyebabkan bisnis tumbuhan hias sebagai mata pencaharian yang menghasilkan laba cukup menggiurkan. Untuk Anda yang berminat untuk membudidayakan tumbuhan hias sebagai ladang rupiah, Anda setidaknya perlu mengetahui cara budidaya tumbuhan yang baik dan benar biar bisnis Anda lancar serta tidak macet di tengah jalan. Maka dari itu kali ini kami akan sampaikan beberapa tahapan yang benar untuk sanggup membudidayakan tumbuhan hias. Untuk pembahasan selengkapnya simak ulasannya berikut ini.


Tahap Persiapan Dalam Membudidayakan Tanaman Hias


Tahap pertama yang sanggup Anda lakukan untuk sanggup membudidayakan tumbuhan hias ialah mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Kebutuhan dalam membudidayakan tumbuhan hias ini mencakup pemilihan tumbuhan hias yang hendak dibudidayakan, peralatan dan perlengkapan untuk menanam serta merawat tumbuhan hias tersebut.


Memilih jenis tumbuhan hias


 di pekarangan rumah memang menciptakan suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar
Aneka tumbuhan hias yang banyak digandrungi para pecinta bunga.

Pemilihan jenis tumbuhan hias yang akan dibudidayakan sangat penting, lantaran setiap tumbuhan hias memerlukan perawatan dan kebutuhan masing-masing. Jenis tumbuhan hias bahwasanya sangat beragam, hanya saja Anda sanggup menentukan satu atau beberapa jenis tumbuhan hias saja untuk dibudidayakan. Ada beberapa tumbuhan hias yang mempunyai potensi bisnis yang cukup besar, contohnya bunga anggrek, bunga krisan, dan masih banyak lagi. Pemilihan tumbuhan ini sanggup diubahsuaikan dengan kesukaan Anda, lantaran sanggup merangsang Anda untuk melaksanakan perawatan lebih maksimal terhadap tumbuhan hias tersebut.


Persiapan peralatan dan media tanam


Peralatan yang perlu disediakan untuk membudidayakan tumbuhan hias ini cukup sederhana, mulai dari pot (ukuran diubahsuaikan dengan jenis tumbuhan hias), sekop kecil, semprotan air, tanah atau media tanam lainnya (sesuai jenis tumbuhan hias), dan juga pupuk kompos. Selain peralatan di atas, Anda juga perlu memastikan ketersediaan air yang cukup untuk menyiram tumbuhan hias Anda.


Tahap penanaman tumbuhan hias


Tahap penanaman tumbuhan hias memang tidak sanggup dilakukan secara sembarangan. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan pula jenis tanamannya, lantaran setiap tumbuhan hias mempunyai cara penanaman masing-masing. Hanya saja secara umum, Anda sanggup menanam tumbuhan hias pada daerah yang telah disediakan.



  1. Langkah pertama, siapkan pot beserta media tanam yang telah disediakan. Untuk tumbuhan yang memakai tanah sebagai media tanamnya, Anda perlu mencampurkannya dengan pupuk kompos. Hal ini tentunya dimaksudkan biar tanah tersebut mempunyai kandungan mineral dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tumbuhan hias. Pembuatan media tanam sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum penanaman tumbuhan hias. Tujuannya biar kandungan dalam pupuk kompos sanggup terserap tepat dalam tanah.

  2. Setelah media tanam siap untuk ditanami, Anda sanggup menanam tumbuhan hias sesuai jenis tanamannya. Ada tumbuhan hias yang sanggup ditanam dari bijinya, ada yang berupa anakan, dan masih banyak lagi. Jika tumbuhan hias memakai biji sebagai bibitnya, Anda juga perlu memperhatikan proses penyemaiannya biar bibit yang dihasilkan berkualitas. Ketika bibit tumbuhan hias sudah siap tanam, Anda sanggup eksklusif memasukkan tumbuhan pada media tanam dalam pot. Kemudian siramlah dengan air secukupnya. Dalam beberapa hari masa penanaman awal ini, Anda perlu memastikan bahwa kebutuhan air tumbuhan hias tercukupi biar bibit sanggup tumbuh dengan baik.


Perawatan untuk tumbuhan hias


Setelah bibit tumbuhan hias yang Anda tanam sanggup hidup dengan baik, Anda sanggup melanjutkannya dengan perawatan intensif. Perawatan untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan hias ini antara lain:


 di pekarangan rumah memang menciptakan suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik dan Benar
Tanaman hias yang tumbuh perlu diberikan perawatan biar bunga yang dihasilkan lebih indah.


  • Penyiraman rutin. Tanaman hias sanggup disiram secara rutin setiap hari untuk menjaga kebutuhan air tumbuhan hias dalam berfotosintesis. Intensitas penyiraman ini juga perlu diubahsuaikan dengan masing-masing jenis tanaman.

  • Pemupukan. Pupuk sanggup diberikan pada tumbuhan hias untuk membantu pertumbuhan tumbuhan hias. Anda sanggup memakai pupuk kompos ataupun pupuk buatan pabrik sesuai kebutuhan

  • Pemberian pestisida dan insectisida. Tanaman hias juga sanggup terjangkit hama dan penyakit, sehingga Anda perlu menawarkan pestisida atau insektisida sesuai dengan jenis hama atau penyakit yang menyerang tumbuhan hias tersebut.


Demikianlah beberapa cara membudidayakan tumbuhan hias yang baik dan benar. Semoga sanggup bermanfaat untuk Anda sekalian.


Lihat koleksi tumbuhan hias kami disini dan perlengkapan berkebun disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel