-->

iklan banner

Cara Menanam Moss Di Pasir Malang Dan Perawatannya

 cara menanam moss di pasir malang merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari Cara Menanam Moss di Pasir Malang dan PerawatannyaBagi penggemar aquascape, cara menanam moss di pasir malang merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari.  Akan ada kepuasan tersendiri apabila moss yang kita tanam berhasil tumbuh dengan subur dan menghiasi aquarium kita dengan indahnya.


Sebenarnya, semua jenis moss, baik itu peacock, chrismast, j4va moss, dan lain-lain sanggup ditanam dengan gampang selama sinar lampu dalam ruangan mencukupi dan kebutuhan moss akan CO2 sanggup terpenuhi. Terlebih lagi kalau kita menambahkan pupuk cair yang sanggup dibuat sendiri menyerupai cara menciptakan pupuk cair aquascape dari ampas kopi, dijamin moss kita akan tumbuh dengan semarak.


Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi, mari segera kita simak cara menanam moss di pasir malang berikut ini.


Cara Menanam Moss di Pasir Malang


Untuk memulai proses penanaman moss dan juga cara menanam hairgrass untuk aquascape, ada beberapa alat dan materi yang sanggup kita persiapkan terlebih dahulu, berikut diantaranya.


Alat dan bahan:



  • Tanaman moss, silahkan pilih jenis moss yang Anda kehendaki untuk diletakkan dalam aquascape, sanggup dari moss j4va, peacock, fire, atau chrismast.

  • Batu, potongan ranting, atau cuilan genting biar permukaan media menjadi datar dan cocok digunakan sebagai foreground.

  • Benang, senar transparan, atau yang warnanya menyesuaikan dengan warna daun.

  • Gunting


Cara menanam:


 cara menanam moss di pasir malang merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari Cara Menanam Moss di Pasir Malang dan Perawatannya1. Pertama-tama, ratakan terlebih dahulu moss oada permukaan batu, ranting, atau cuilan genting. Usahakan ketika menyusun moss, tumbuhan tidak saling bertindih lantaran nanti permukaan bawahnya akan mengering kalau kurang terkana cahaya.


2. Setelah susunan moss rata pada medianya, maka Anda harus mengikatnya dengan memakai benang atau senar yang sudah disediakan. Ikat secara zig zag biar tidak ada yang mengambang dan merusak tampilan.


3. Masukkan pasir malang pada aquarium dan tata dengan baik


4. Letakkan pada permukaan pasir malang yang sudah Anda tata sedemikian rupa.


5. Setelah 1 sampai 2 bulan, moss akan tumbuh dengan subur dan nampak menyerupai karpet di dalam aquarium.


6. Anda juga sanggup berkreasi dengan memakai kawat ram yang sudah dibuat sehingga moss akan tumbuh mengikuti bentuk dari kawat ram tersebut, contohnya saja bentuk yang umum dijumpai yakni bentuk jembatan.


Selain membutuhkan cahaya dan CO2 yang berlimpah, untuk sanggup tumbuh dengan baik, moss juga membutuhkan suhu air dalam aquarium sebesar 29 derajat celsius.


Khusus untuk moss jenis ricardia butuh waktu yang lebih usang untuk sanggup menempel pada medianya. Solusinya yakni dengan memperlihatkan lem sedikit lem cair untuk membantu moss mencengkeram medianya. Seperti halnya ketika kontribusi pestisda untuk membasmi hama sundep pada tumbuhan padi ketika trend hujan, diharapkan juga lem atau perekat. Sedangkan untuk jenis fisiden dan j4va moss cenderung lebih cepat menempel pad media batu.


Lima Moss Terbaik untuk Aquascape


Tentu cara menanam moss di pasir malang yang telah kami tunjukkan di atas sangat gampang untuk diikuti. Untuk menambah keindahan aquascape, berikut kami bagikan beberapa jenis moss yang paling bagus kalau digunakan untuk menghias aquarium kita.







1. Fissidens fontanus


Moss jenis fissiden fontanus ini berasal dari Amerika Serikat, namun untuk persebarannya sekarang ada di benua Australia. Fissidens akan memperlihatkan tampilan almai pada aquacsape Anda terlebih lagi kalau terikat pada potongan kayu atau melakat pada bebatuan.


Sayangnya moss ini cenderung lambat dalam pertumbuhannya, terlebih sehabis Anda melaksanakan pemangkasan. Namun sehabis lewat satu bulan, maka moss akan tumbuh dengan subur dan mekar. Untuk perawatannya cukup mudah, bahkan tidak membutuhkan CO2 terlalu banyak.


Jika terdapat hama yang mengganggu, segera atasi dengan cara mengatssi hama aquascape.


2. Java moss


 cara menanam moss di pasir malang merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari Cara Menanam Moss di Pasir Malang dan PerawatannyaJava moss yakni jenis moss yang sangat gampang dijumpai dan sudah umum pula digunakan sebagai penghias aquarium. Moss ini berasal dari Asia Tenggara, dan dalam pertumbuhannya tidak membutuhkan banyak perawatan menyerupai merawat bunga jenggot musa, lantaran begitu melakat pada hardscape, maka moss akan segera tumbuh denagn subur.


Anda pun  sanggup membentuk Java moss menjadi bentuk yang menarik atau mengikuti bentuk medianya. namun pada ketika penanaman kita dihentikan meletakkan moss secara berlebihan pada satu hardscape akan menjadikan moss cepat membusuk.


3. Chrismast moss


Moss yang mempunyai bentuk menyerupai dengan pohon cemara ini berasal dari negara Brasil. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang paling sering dicari para penggemar aquascape. Tumbuh secara padat, warnanya lebih banyak didominasi hijau jelas dengan pertumbuhan yang tidak teratur.


Mengingat pertumbuhannya yang padat, maka penanaman yang terbaik yakni dengan meletakkannya pada celah-celah biar ketika tumbuh chrismast moss sanggup lebih merenggang. Makara tidak perlu diikat lantaran tidak akan cocok dengan gaya alami aquascape.







4. Pellia liverwort


Asal tumbuhan ini yakni dari Timur menyerupai India, Jepang, China, dan juga Hawaii. Untuk menumbuhkan moss ini pada aquascape kita, maka kita perlu mempersiapkan Nitrogen dalam jumlah yang tinggi, oleh lantaran itu pemupukan sangat diharapkan biar pertumbuhannya maksimal.


Liverwort tidak berdaun namun talus yang memungkinkan untuk berkembang biak serta memberi bentuk staghorn yang khas. Selain tidak banyak menuntut menyerupai cara merawat melati mini dalam pot, Liverwort sanggup tumbuh pada area dengan cahaya rendah sampai tinggi. Saat diberikan CO2 yang melimpah, maka akan muncul gelembung kecil oksigen pada sisi bawah talusnya.


5. Crystalwort


 cara menanam moss di pasir malang merupakan salah satu keterampilan yang harus dipelajari Cara Menanam Moss di Pasir Malang dan PerawatannyaCrystalwort atau Riccia fluitans yakni moss dengan bentuk yang sangat bagus dan unik. Sayanganya, perawatan Riccia fluitans tergolong susah sama menyerupai budidaya anthurium jemani, lantaran tumbuhan ini sangat gampang mengapung dan tidak mau menempel pada hardscape.


Maka dari itu, Anda harus mengecek ulang dan mengikatnya berulang kali setiap minggu, kalau tidak demikian, maka ia akan merobek harnet dan terlepas. Selain itu, butuh perlakuan khusus kalau kita menghendaki Riccia fluitans nampak bersinar berkilauan, berikan CO2 dengan konsentrasi yang tinggi.


Namun kalau rencana tersebut gagal, maka justeru akan merusak  dan menciptakan tumbuhan jadi gampang rapuh, lemah, dan warnanya pucat.


Itulah cara menanam moss di pasir malang dan beberapa jenis moss yang baik untuk diletakkan pada aquascape. Silahkan mencoba dan menikmati keindahan dari karpet mini di Aquarium langsung Anda.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Moss Di Pasir Malang Dan Perawatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel