-->

iklan banner

Kupas Tuntas Plugin Loader - Sketchup Plugin Tutorial

# Listing Skrip
# Load File yang dibutuhkan
require 'sketchup.rb'
require 'extensions.rb'

# Buat Plugin
ncep_plugin = SketchupExtension.new('Nama Plugin Saya', File.join('Folder_Saya', 'skrip_utama_saya.rb'))

#Tulis warta plugin
ncep_plugin.creator="Nama Saya"
ncep_plugin.version="Versi Saya 1.0"
ncep_plugin.copyright="2018, NCEP Studio"
ncep_plugin.description="https://nceptutorial.blogspot.com  https://facebook.com/catatankangncep"

# Daftarkan Plugin
Sketchup.register_extension(ncep_plugin, true)

# Berikut penjelasannya.
# MELOAD FILE SKRIP YANG DIBUTUHKAN DALAM MEMBUAT & MEREGISTRASI PLUGIN KE SKETCHUP

require 'sketchup.rb'
require 'extensions.rb'

# require (membutuhkan) ialah statmen atau method bahasa ruby untuk meload 2 file skrip utama 
# yaitu sketchup.rb & extension.rb dari pemograman Ruby Sketchup. Dua file ini dapat di kategorikan
# super class/kelas utama. Karena setiap menciptakan plugin memakai method2 & fungsi2 dari file ini
# untuk meregistrasi plugin yang kita buat semoga dapat di terusan di SketchUp
# Dua file utama ini disimpan di Folder "Tools" daerah instalan sketchup.
# Defaultnya ada di C:\Program Files\Sketchup\Tools\
# Jangan coba2 mengedit.merubah file ini jikalau kita belum sepenuhnya memahami. 


# MEMBUAT PLUGIN/EXTENSION SKETCHUP
ncep_plugin = SketchupExtension.new('Nama Plugin Saya', File.join('Folder_Saya', 'skrip_utama_saya.rb'))
# ncep_plugin : Variable untuk mendaftarkan plugin (terserah anda silahkan ganti)
# SketchupExtension.new : Statmen/method menciptakan plugin baru(tidak boleh salah dalam penulisan instruksi skrip ini)
# Nama Plugin : Berinama plugin anda, terserah apa saja
# File.Joint : Statmen untuk memilih dimana lokasi folder Skrip Plugin utama diletakan

ncep_plugin.creator="Nama Saya"
ncep_plugin.version="Versi Saya 1.0"
ncep_plugin.copyright="2018, NCEP Studio"
ncep_plugin.description="https://nceptutorial.blogspot.com  https://facebook.com/catatankangncep"

# empat baris diatas silahkan modifikasi/edit teks yang di apit tanda petik dua ".."
# ialah parameter/identitas plugin yang kita buat, tidak perlu dijelaskan kan? 
# Yang penting jangan salah ketik/modif..hehehe

Sketchup.register_extension(ncep_plugin, true)
# Nah.. jikalau semua parameter plugin sudah benar. Kode ini ialah untuk mendaftarkan plugin 
# semoga dapat diterima & digunakan  di sketchup. Awas perhatikan variable ncep_plugin. 
# Sekali lagi hati2 jangan hingga salah ketik ya..!!!

# UJI COBA SKRIP FILE LOADER
# Anda dapat menciptakan skrip ini dengan notepad atau soft code editor. 
# Yang penting ketika save beri extension *.rb. Misalnya beri nama "loader_saya.rb"
# Simpan file skrip ini ke folder daerah Plugins daerah anda install sketchup
# untuk Win 64bit umumnya disimpan di C:\Users\nama_user_anda\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2017\SketchUp\Plugins\

# Buat juga folder "Folder_Plugin", kemudian buat juga file "skrip_utama_saya.rb". Isinya kosong ajah dulu. :)   
# buat ajah lewat notepad file "skrip_utama_saya.rb" kemudian simpan di folder yg sudah dibentuk tadi. 
# untuk Win 64bit umumnya disimpan di: C:\Users\nama_user_anda\AppData\Roaming\SketchUp\SketchUp 2017\SketchUp\Plugins\
# defaultnya AppData ini di hidden/disembunyikan. Anda dapat eksklusif terusan ketik di starmenu %AppData% kemudian Enter.
# Coba buka buka sketchup. Gimana? 
# Jika penulisan skrip loader ini benar maka anda dapat cek di hidangan extension manager. Apakah sudah terdaftar?
# Jika berhasil maka akan muncul ibarat gambar dibawah ini.

 MELOAD FILE SKRIP YANG DIBUTUHKAN DALAM MEMBUAT  Kupas Tuntas Plugin Loader - Sketchup Plugin Tutorial



Sumber http://nceptutorial.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kupas Tuntas Plugin Loader - Sketchup Plugin Tutorial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel