-->

iklan banner

Apa Itu Click Of Death?

Apa ada bunyi asing dikala menyalakan PC/laptop? Seperti bunyi klik – klik terdengar dari dalamnya? Seperti ada yang tersangkut? Ya, kemungkinan anda telah mengalami apa yang dinamakan Click of Death.


Apa itu Click of Death? Sederhananya, setiap kali harddisk hidup maka head (kepala pembaca) akan bergerak untuk membaca data yang diminta pada posisi piringan yang ditentukan. Kalau perpindahan posisinya gagal ke lokasi yang tetap maka akan berusaha diperbaiki secara otomatis. Nanti akan dikembalikan ke “rumahnya” dan diarahkan ke lokasi yang gagal dibaca tadi. Inilah yang menciptakan ritme bunyi klik – klik tadi apabila gagal terus.



Pertanda apakah Click of Death ini? Harddisk anda bila masih dapat diakses harap segera backup data – data pentingnya. Kenapa? Karena ini mengambarkan akan rusak atau malah sudah tidak berfungsi lagi.


Apa penyebabnya? Bisa headnya yang bermasalah, atau motornya yang rusak, dapat juga PCBnya.


Apa ada solusinya? Mengganti PCB dari harddisk yang sama  merek dan tipenya kadang dapat memulihkan kondisinya, dikanibal jadinya. Tapi ini masih dalam taraf mungkin, tidak mesti berhasil juga.


Apa ada alternatifnya? Ada, kontroversial tapi. Dan tidak disarankan alasannya yaitu niscaya mati permanen setelahnya, juga tidak ada jaminan berhasil. Masukkan harddisk ke kemasan/plastik kedap udara dan masukkan kedalam freezer 5-10 menit dan segera pasangkan lagi. Ada kemungkinan dapat bekerja normal sementara waktu, dan lakukan backup data – data anda selagi bisa, alasannya yaitu selanjutnya tidak ada kesempatan lagi.



Sumber gurupintar.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Apa Itu Click Of Death?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel