-->

iklan banner

Berapa Gb Sebulan Yang Sanggup Didapat Dari Koneksi Internet 10Mbps?

Sedikit terinspirasi dari kontroversi FUP (Fair Usage Policy) dari IndiHome yang diberlakukan tahun lalu. Ada yang bilang kita jangan mau dibodohi beli paket 10Mbps tapi tidak sanggup dimaksimalkan kena FUPnya. Sudah bayar kok dibatasi kurang lebih argumennya.


Disini saya kutip dulu klarifikasi Telkom untuk FUP dari paket yang 10Mbps: https://indihome.co.id/fup-10


Untuk layanan dengan kecepatan 10 Mbps maka Fair Usage yang diberikan yaitu sampai 300 GB. Setelah itu kecepatan turun hanya 25% saja sampai mencapai 400 GB. Setelah itu kecepatan turun menjadi 40% unlimited. Perhitungan usage untuk FUP tersebut berlaku setiap bulan. Pada awal bulan, perhitungan usage kembali dimulai dari 0 GB.


Selengkapnya untuk FUP kecepatan lainnya sanggup dicek sendiri pada FAQ IndiHome poin 34: https://indihome.co.id/faq-indihome


Jadi jikalau konsumsi bandwidth totalnya sudah berjalan 300 GB maka akan kena FUP dilimit 25%, jadi kita akan mendapat 7.5Mbps jikalau saya tidak salah memahaminya. Kalau masih terus 400 GB penggunaannya maka akan jadi 4 Mbps. Lagi, silahkan koreksi jikalau pemahaman saya salah.


 dari IndiHome yang diberlakukan tahun kemudian Berapa GB sebulan yang sanggup didapat dari koneksi internet 10Mbps?
Gambar cuma perhiasan saja, hasil speedtest dari ISP lain. 😀

Nah… Telkom pernah bilang jikalau FUP itu lebih banyak didominasi pengguna tidak akan merasakannya. Benarkan begitu? Kenapa kok sanggup bilang begitu? Tentu pembuktian terbaik yaitu dengan menghitungnya.


Saya jelaskan dulu, satuan yang digunakan IndiHome (dan ISP lain) yaitu Mb alias Megabit. Sedangkan kecepatan yang anda lihat di browser atau Internet Download Manager itu MB atau Megabyte, jadi ini berbeda. Untuk konversinya 1 MB itu 8 Mb, jadi 10 Mbps teorinya akan mendapat 1.25 MB/s. Kadang ada salah paham disini.


Sekarang kita pakai kecepatan 10 Mbps dan jikalau pemakaian kita maksimal tidak pernah mati dan tancap gas terus habis berapa sebulan (30 hari)?

Jadi praktis saja, kita kalikan 10 Mbps dengan detik per hari (86400) dikalikan 30 dan dibagi 8 untuk ke MB kemudian dikalikan 1000 untuk konversi ke GB (Gigabyte):



  1. x = (10 * 86400 * 30) / 8 * 1000

  2. x = 25920000 / 8 * 1000

  3. x = 3240000 MB * 1000

  4. x = 3240 GB


Jadi secara teori sanggup 3.2 TB kuota yang dimiliki, dan FUPnya kurang lebih 10%nya. Pantas saja banyak yang kecewa alasannya memang jauh dari kapasitas maksimalnya sudah dikebiri.


Tapi jikalau teladan penggunaan anda cenderung streaming atau d0wnl0ad mungkin lebih baik beralih ke ISP unlimited lain yang juga memakai fiber optic ibarat MyRepublic, First Media dan MNC Play.


Oh ya, anda sanggup cek kuota IndiHome anda lewat sini: https://indihome.co.id/usage-info



Sumber gurupintar.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Berapa Gb Sebulan Yang Sanggup Didapat Dari Koneksi Internet 10Mbps?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel