-->

iklan banner

Budidaya Buah Naga Biar Cepat Berbuah

Budidaya Buah Naga Agar Cepat Berbuah - Buah naga yang terkenal beberapa tahun terakhir ini mulai banyak diminati untuk dibudidayakan di beberapa daerah, berkenaan potensi pasarnya yang bagus. Selain itu manfaat buah naga yang banyak menciptakan buah ini semakin populer, tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga beberapa bagiannya dipakai untuk pengobatan herbal dan kecantikan. kali ini akan mengupas ihwal budidaya buah naga ini.

Ada beberapa kecenderungan dalam budidaya buah naga ini. Pertama, ditaman di halaman rumah, pribadi di tanah. Biasanya ini coba-coba saja. Sekaligus sebagai tumbuhan hias. Kedua, ditaman dalam pot atau tambulapot (tanaman buah dalam pot). Dan ketiga, ditanam di kebun, secara khusus menanam buah naga secara serius. Ada yang coba-coba, ada juga yang serius menjadikannya sebagai budidaya yang menghasilkan pendapatan dari penjualan buah naga.

Harga buah naga memang masih termasuk bagus, antara Rp. 20.000 - Rp. 40.000 / kg, tergantung di mana kita membelinya. Kalau di pasar tradisional kisaran Rp. 20.000-an, jikalau di supermarket atau minimarket kisaran Rp. 40.000-an. Satu kilonya ada 2-3 biji buah naga.

Cara Budidaya Buah Naga Agar Cepat Berbuah


 Buah naga yang terkenal beberapa tahun terakhir ini mulai banyak diminati untuk dibudidaya Budidaya Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Buah Naga (fixabay.com)
Permasalahan yang ditemui oleh orang yang pernah menanam buah naga ada beberapa hal, yaitu:

1. Tanaman buah naga lambat tumbuh
2. Buah naga usang berbuah
3. Buah naga tidak berbuah
4. Buah naga selalu berguguran tidak hingga matang

Nah, pada kesempatan ini kita akan menyebarkan tips cara budidaya buah naga biar cepat tumbuh dan cepat berbuah, untuk mengatasi dilema buah naga yang lambat tumbuh dan lambat berbuah.

1. Pemilihan Stek Buah Naga yang Benar

Agar buah naga yang kita tanam cepat tumbuh dan cepat berbuah, harus diawali dengan pemilihan stek tumbuhan buah naga yang benar, dilarang sembarangan, dan cara penanganannya.
  • Stek buah naga harus berasal dari indukan yang pernah 3 - 4 kali berbuah bagus . Artinya tumbuhan buah naga induknya itu pernah berbuah lebat dan mulus hingga matang, tidak banyak calon buahnya yang berguguran;
  • Stek minimal panjangnya 30 cm atau mempunyai 4 buah (calon) tunas;
  • Stek berasal dari batang atau cabang yang besar lengan berkuasa dan berukuran cukup besar;

2. Penanganan Stek Bibit Buah Naga

Stek yang telah dipilih, potong rata bab ujung atasnya, dan bab bawahnya (untuk ditanam di media) dibentuk agak meruncing.

 Buah naga yang terkenal beberapa tahun terakhir ini mulai banyak diminati untuk dibudidaya Budidaya Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Bibit Stek Buah Naga

3. Media Pembibitan

Media pembibitan ada yang pribadi di tanah, ada juga yang memakai polibag. Itu sah-sah saja, namun kami menyarankan biar menciptakan pembibitan di polibag. Ini bertujuan untuk memudahkan pemeliharaan dan nanti pada tahap penanaman pada lahan yang akan dipakai untuk budidaya.

Sedangkan media tanam untuk pembibitan stek buah naga ini terdiri dari:
  • Tanah yang gembur / top soil 1 bagian
  • Pupuk kompos atau pupuk sangkar 1 bagian
Kaprikornus komposisi tanah dan pupuk untuk pembibitan stek buah naga yaitu 1 : 1. Setelah dicampurkan dengan rata, kita masukan ke dalam polibag yang bab bawahnya telah dilobangi kecil-kecil untuk pembuangan air.

4. Penanam Stek ke Polibag

Sebaiknya polibag disimpan di tempat yang tidak terlalu terkena sinar matahari terik. Kalau sanggup diberi atap dengan daun kelapa, namun jangan terlalu rapat. Seebelum ditanami stek buah naga, biarkan selama 3 hari.

Sebelum stek buah naga ditanam atau ditancapkan ke media tanam di polibag, sebaiknya bibit dan polibagnya disiram dulu.

Khusus ujung bawah stek boleh direndam terlebih dahulu selama 3 menit dengan Zat Perangsang Akar (ZPT) untuk mempercepat keluar akar. Setelah itu tancapkan stek ke polibag. Kurang lebih 10 cm meter bab bawah stek yang tertanam di polibag.

 Buah naga yang terkenal beberapa tahun terakhir ini mulai banyak diminati untuk dibudidaya Budidaya Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Penanaman stek buah naga di polibag (visiuniversal.blogspot.com)

5. Pemeliharaan Pembibitan

O iya, polibag jangan lupa diatur serapih mungkin biar gampang dalam pemeliharan selama stek buah naga tersebut dalam pembibitan. Yang utama dalam pemeliharaan ini yaitu penyiraman. Bila tidak turun hujan lakukan penyiraman pagi dan sore, 2 hari sekali. Namun bila turun hujan, biarkan saja jangan disiram.

Pencegahan dan penanganan terhadap hama dan penyakit bila terserang. Pisahkan bibit yang terjangkit penyakit supaya tidak menular pada bibit yang sehat. Soal hama dan penyakit yang lumrah menyerang buah naga akan kita bahas terpisah.

6. Penyiapan lahan

Bila stek telah tumbuh dan dinilai cukup besar lengan berkuasa kita pindahkan ke lahan penanaman, maka yang harus kita lakukan yaitu penyiapan lahan.

Langkah-langkah penyiapan lahan:
  • Kondisi lahan harus benar-benar terbuka, buah naga tidak menyukai tempat yang teduh, jadi jangan ada pepohonan lain;
  • Bersihkan dari rumput dan tumbuhan liar lainnya; 
  • Pengajiran untuk mengatur baris tanam dan jarak tanam;
  • Buat lubang tanam ukuran 45 x 45 x 45 cm, biarkan terkena sinar matahari sesudah lubang tanam selesai. 
  • Pembuatan drainase air hujan supaya tidak ada air yang menggenang di lahan.

7. Pemberian Pupuk Dasar

Pemberian pupuk dasar sangat penting diberikan biar pertumbuhan buah naga berkembang baik. Untuk pemebrian pupuk dasar harus dengan pupuk kandang, dengan aturan:
  • 1 lubang beri pupuk sangkar sebanyak 40 - 50 kg;
  • Pupuk sangkar yang diberikan sanggup kotoran sapi, kambing, domba atau ayam sayur. Bisa tunggal atau dicampur;
  • Aduk dengan tanah dan biarkan selama 1 ahad terkena sinar matahari;
  • Pupuk sangkar harus yang sudah matang, jangan yang masih gres atau masih panas.

8. Penyiapan Untuk Tiang Panjat Buah Naga

Sebelum kita menanam bibit buah naga di lahan kita harus menyiapkan tiang untuk merambat/memanjat buah naga. Ada yang memakai paralon yang diisi coran atau tiang rambat hidup dengan ki hujan. Terserah mau pilih yang mana yang penting ada tiang untuk merambat tumbuhan buah naga.

 Buah naga yang terkenal beberapa tahun terakhir ini mulai banyak diminati untuk dibudidaya Budidaya Buah Naga Agar Cepat Berbuah
Tiang panjat buah naga (indonesiabertanam.com)
Di bab atasnya diberi ban bekas untuk menahan cabang-cabang buah naga.

8. Penanaman Bibit di Lahan

Setelah tiang panjatan dan pupuk ditutup dengan tanah, kini saatnya dilakukan penanaman bibit dari persemaian ke lahan. Siram dulu tanah yang akan ditanami bila tidak turun hujan sebelumnya. Lakukan penanaman di pagi hari.

9. Pembuatan Bedengan

Setelah semua bibit ditanam, kini menciptakan bedengan sebaris dengan barisan tanaman. Bagian yang ada tanamannya ditinggikan, dan antara tumbuhan dengan tumbuhan jadi bab selokan untuk drainase juga untuk jalur pemeliharaan.

10. Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Naga

Ada beberapa hama dan penyakit yang biasa menyerang tumbuhan buah naga. Lakukan investigasi secara rutin terhadap kesehatan tanaman. Segera lakukan penanganan bila ada hama dan penyakit yang menyerang buah naga. [Baca: Penanganan Hama dan Penyakit Buah Naga]

11. Pemupukan Berkala

Pemupukan terencana perlu dilakukan lantaran cadangan nutrisi akan semakin berkurang seiring dengan pertumbuhan tumbuhan buah naga.
  • Pemupukan dengan pupuk organik/pupuk kandang: setiap 6 bulan
  • Pemupukan dengan pupuk kimia, terutama NPK: setiap 6 bulan sekali. 
GRATIS EBOOK
BUDIDAYA BUAH NAGA 
AGAR CEPAT BERBUAH 
Serta Tata Cara Penanganan Hama dan Penyakitnya

Nah, dengan langkah-langkah di atas buah naga yang kita tanam insya Allah akan cepat berbuah dengan memuaskan. Sampai di sini dulu, bila ada pertanyaan silahkan olok-olokan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya. [Budidaya Buah Naga]


Sumber http://budidayapopuler.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Budidaya Buah Naga Biar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel