-->

iklan banner

Pengertian Geografi Berdasarkan Para Ahli

Pemikiran insan selalu berkembang alasannya ialah insan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan diskripsi pengertian geografi yang dikemukakan secara berbeda-beda oleh para ahli.





Pengertian Geografi Menurut Para Ahli


1. Eratosthenes (276-194 SM)

Geografi ialah ilmu yang melukiskan atau menggambarkan keadaan bumi. Eratosthenes dikenal sebagai bapak “Geografi” dan dinggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.


2. Immanuel Kant (1724-1804)

Kant mengemukan bahwa geografi ialah ilmu yang objek studinya mencakup benda-benda dan hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar diwilayah permukaan bumi.


3. Ellsworth Huntington (1876-1947)

Elssworth Huntington ialah seorang geograf dan filsuf dari Jerman. Huntington menyatakan bahwa geografi ialah studi perihal fenomena permukaan bumi beserta penduduk yang menghuni nya.


4. Richard Hartshorne (1899-1992)

Richard Hartshorne ialah seorang geograf dari Amerika Serikat. Richard Hartshorne mengemukakan bahwa geografi ialah displin ilmu yang mencoba menggambarkan dan menginterpretasikan karakteristik variabel-variabel dari suatu daerah ketempat lain dipermukaan bumi sebagai daerah hidup manusia.


5. Bintarto

Bintarto ialah seorang guru besar geografi di fakultas geografi, Universitas Gadjah Mada. Bintarto menyatakan bahwa geografi ialah ilmu pengetahuan yang menceritakan, menunjukan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas perihal kehidupan dari unsur-unsur bumi.


6. Hasil Seminar dan Lokakarya Ikatan Geografi (IGI) (1968)

Berdasarkan hasil seminar dan Lokakarya Ikatan  Geografi Indonesia (IGI) di Semarang, Jawa Tengah. pada tahun 1988 diperoleh kesimpulan mengenai pengertian geografi. Geografi ialah Ilmu Pengetahuan yang mempelajari perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dengan sudut pandang lingkungan dan kewilayahan dalm konteks keruangan.


Itulah yang dikemukakan oleh para jago geograf perihal pengertian geografi, sekian dan terimkasih 🙂

  


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Geografi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel