-->

iklan banner

Pembahasan Mulut No. 1 - 5 Tkpa Sbmptn 2017 Instruksi Naskah 226

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2017 arahan naskah 226 nomor 1 hingga dengan nomor 5 perihal penarikan kesimpulan.

Soal Verbal No. 1

Jika saya ke kampus, saya akan bertemu Heru dan Joni.
Hari ini saya ke kampus.

Simpulan yang sempurna ialah ….

A.   Saya dan Heru bertemu Joni
B.   Saya bertemu Heru alasannya ialah Joni tidak di kampus
C.   Saya ke kampus untuk bertemu Heru dan Joni
D.   Saya akan bertemu Heru dan Joni
E.   Saya, Heru, dan Joni akan bertemu di kampus




Pembahasan

Dua pernyataan atau premis di atas sanggup ditarik kesimpulan dengan modus ponens.

Misal:

p : Saya ke kampus
q : Saya akan bertemu Heru dan Joni

Rumus penarikan modus ponens adalah:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Jadi, final yang sempurna ialah opsi (D).

Soal Verbal No. 2

Jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu, nilai siswa banyak yang meningkat.
Jika nilai siswa banyak yang meningkat, siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler.

Simpulan yang sempurna ialah ….

A.   Jika guru Matematika menambah jam pelajaran, nilai siswa banyak yang meningkat
B.   Guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu kalau siswa tidak mengikuti acara ekstrakurikuler
C.   Jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu, ekstrakurikuler ditiadakan
D.   Siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler kalau guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu
E.   Nilai siswa banyak yang meningkat kalau tidak mengikuti acara ekstrakurikuler

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Pembahasan

Penarikan kesimpulan untuk kedua premis pada soal di atas ialah silogisme.

Misal:

p : Guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu.
q : Nilai siswa banyak yang meningkat.
r : Siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler.

Penarikan kesimpulan secara silogisme dirumuskan:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
(Jika guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu, siswa sanggup mengikuti acara ekstrakurikuler)

Sesuai dengan opsi tanggapan yang ada, final di atas sama artinya dengan:

Siswa sanggup mengikuti acara ekstra-kurikuler kalau guru Matematika menambah jam pelajaran di hari Rabu.

Jadi, final yang sempurna dari premis di atas ialah opsi (D).

Soal Verbal No. 3

Jika penggunaan gas freon di bumi meningkat, suhu rata-rata permukaan bumi juga meningkat.
Jika es di Kutub Utara mencair, rata-rata permukaan air bahari meningkat.
Saat ini suhu rata-rata permukaan bumi atau rata-rata permukaan air bahari tidak meningkat.

Simpulan yang sempurna ialah ….

A.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat dan es di Kutub Utara tidak mencair
B.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat tetapi es di Kutub Utara mencair
C.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara tidak mencair
D.   Penggunaan gas freon di bumi meningkat tetapi es di Kutub Utara tidak mencair
E.   Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara mencair




Pembahasan

Misal:

p : Penggunaan gas freon di bumi meningkat
q : Suhu rata-rata permukaan bumi meningkat
r : Es di Kutub Utara mencair
s : rata-rata permukaan air bahari meningkat

Premis-premis di atas sanggup ditulis dalam logika matematika berikut ini:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Ketiga premis di atas tidak sanggup ditarik kesimpulan secara langsung. Perlu dilakukan pengubahan terlebih dahulu.
  • Implikasi ekuivalen dengan kontraposisi
 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
  • Implikasi ekuivalen dengan disjungsi
 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
Dengan demikian, ketiga premis di atas menjadi:

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
(Jika penggunaan gas freon di bumi meningkat, es di Kutub Utara mencair)

Ternyata tanggapan ini tidak pada opsi jawaban. Mari kita cari ekuivalensinya.

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226
(Penggunaan gas freon di bumi tidak meningkat atau es di Kutub Utara tidak mencair)

Jadi, final yang sempurna dari premis-premis di atas ialah opsi (C).

Soal Verbal No. 4

Semua motor balap ialah sepeda motor berkecepatan tinggi. Tidak ada sepeda motor berkecepatan tinggi merupakan produk lokal.

Berdasarkan dua pernyataan di atas, final yang sempurna ialah ….

A.   Semua produk lokal ialah motor balap
B.   Tidak ada produk lokal yang bukan merupakan motor balap
C.   Tidak ada produk lokal yang merupakan motor balap
D.   Ada sepeda motor lokal berkecepatan tinggi yang merupakan motor balap
E.   Semua sepeda motor berkecepatan tinggi ialah motor balap




Pembahasan

Misalkan:

T : sepeda motor berkecepatan tinggi
B : motor balap
L : sepeda motor produk lokal

Dua pernyataan pada soal di atas sanggup dinyatakan dengan diagram berikut ini.

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Berdasarkan gambar di atas, tampak bahwa tidak ada produk lokal yang merupakan motor balap.

Jadi, final yang sempurna ialah opsi (C).

Soal Verbal No. 5

Tidak ada pegawai malas yang mendapat kenaikan pangkat. Beberapa orang yang mendapat kenaikan pangkat ialah orang yang gigih.

Berdasarkan dua pernyataan di atas, final yang paling sempurna ialah ….

A.   Beberapa orang yang gigih bukan pegawai malas
B.   Beberapa orang yang naik pangkat ialah pegawai yang malas
C.   Tidak ada orang yang gigih mendapat kenaikan pangkat
D.   Semua pegawai yang tidak naik pangkat ialah orang yang gigih
E.   Tidak ada orang gigih yang merupakan pegawai malas




Pembahasan

Misalkan:

M : pegawai malas
G : orang gigih
P : kenaikan pangkat

Dua pernyataan di atas sanggup digambarkan dengan diagram berikut ini.

 Pembahasan soal Verbal Tes Kemampuan Potensi Akademik  Pembahasan Verbal No. 1 - 5 TKPA SBMPTN 2017 Kode Naskah 226

Berdasarkan diagram di atas, tampak bahwa tidak ada orang gigih yang merupakan pegawai malas.

Jadi, final yang sempurna untuk dua pernyataan di atas ialah opsi (E).

Pembahasan Verbal No. 6 - 10 TKPA SBMPTN 2017

Dapatkan pembahasan soal dalam file pdf  di sini.

Demikian, membuatkan pengetahuan bersama . Silakan bertanya di kolom komentar apabila ada pembahasan yang kurang jelas. Semoga berkah.
Sumber http://kakajaz.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembahasan Mulut No. 1 - 5 Tkpa Sbmptn 2017 Instruksi Naskah 226"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel