-->

iklan banner

Macam-Macam Tulang

Rangka merupakan susunan dari beberapa jenis tulang yang bersatu membentuk suatu sistem tertentu. Nah, tulang ini terbuat dari suatu jaringan ikat tulang. Coba ingat lagi, pada halaman sebelumnya kita telah membahas wacana manfaat tulang. Nah untuk itu di halaman ini kita akan mempelajari macam-macam tulang pada manusia.


Apa sajakah macam-macam tulang pada manusia?


Berdasarkan jaringan penyusunnya, tulang sanggup dibedakan menjadi dua macam yakni tulang rawan (kartilago) dan tulang keras (osteon). Sdangkan menurut bentuknya, tulang pada insan sanggup kita bedakan menjadi empat jenis yakni tulang pipih, tulang pendek, tulang pipa dan tulang tak berbentuk atau tidak beraturan.


A. Klasifikasi tulang menurut jaringan penyusunnya


1. Tulang rawan atau kartilago


Tulang rawan atau kartilago tersusun dari bakal/pembentuk sel-sel tulang rawan atau kondroblas. Nah, pada jenis tulang ini terdiri dari kondosit, serabut kolagen dan matriks. Tulang rawan terdapat pada bawah umur maupun badan insan dewasa. Contoh yang paling gampang ialah tulang pada hidung Anda.


Berdasarkan serabut penyusunnya, tulang rawan sanggup kita bagi menjadi tiga jenis yaitu.


a. Tulang rawan hialin ialah tulang rawan yang serabutnya tersebar dalam anyaman yang rapat dan halus. Tulang jenis ini terdapat pada ujung tulang-tulang rusuk yang melekat pada tulang dada.


b. Tulang rawan elastis ialah tulang rawan yang susunan sel dan matriksnya menyerupai dengan tulang rawan hialin, hanya saja pada tulang rawan lentur ini serabutnya tidak sehalus dan serapat tulang hialin. Misalnya tulang rawan pada daun indera pendengaran dan laring.


c. Tulang rawan fibrosa mempunyai matrik yang garang serta tidak beraturan. Misalnya terdapat pada cakram antar tulang belakang.


2. Tulang keras atau osteon atau sejati


Tulang keras bahwasanya merupakan tulang rawan yang telah mengalami penulangan atau osifikasi. Pada tulang ini yakni pada matriknya terdapat senyawa yang bisa mengikat fosfor dan kapur sehingga menciptakan tulang ini menjadi keras. Nah, menurut matriksnya, tulang keras sanggup dibedakan menjadi dua macam yakni.


a. Tulang kompak mempunyai matriks yang padat serta rapat. Misalnya terdapat pada tulang pipa.


b. Tulang spons pada matriksnya terdapat rongga-rongga. Misalnya terdapat pada tulang pendek dan tulang pipih.


Rangka merupakan susunan dari beberapa jenis tulang yang bersatu membentuk suatu sistem te Macam-Macam Tulang

Tulang kompak dan tulang spons


Pada dasarnya tulang kompak dan tulang spons terdapat pada tulang yang sama. Hanya saja kita bisa mengetahuinya ialah dengan cara melihat matriksnya.


B. Klasifikasi tulang menurut bentuknya


Berdasarkan bentuknya, tulang sanggup kita bedakan menjadi empat macam yakni.


1. Tulang pipih ialah tulang yang bentuknya pipih. Misalnya tulang penyusun tengkorak, tulang belikat dan tulang rusuk.


2. Tulang pendek ialah tulang yang ukurannya pendek. Misalnya tulang pada tulang belakang, pangkal telapak tangan dan kaki.


3. Tulang pipa ialah tulang yang bentuknya menyerupai pipa (silinder beronggo di tengahnya). Misalnya tulang kering, tulang hasta, tulang pengumpil dan tulang betis.


4. Tulang tak berbentuk atau tak beraturan merupakan tulang yang bentuknya tidak beraturan. Misalnya tulang pada wajah kita.


Nah, sehabis mempelajari macam-macam tulang kemudian pertanyaan muncul -apa fungsi rangka bagi manusia?-.


[color-box]Campbell, N.A., et al. 2006. Biology Concepts & Connections. California: The Benjamin/Commings Publishing Company.

Fersinand P, fictor dan Moekti Ariebowo.2009. Praktis Belajar Biologi 2: Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam Halaman 54-56. Jakarta: Visindo Media Persada.

Rachmawati, Faidah. 2009. Biologi : untuk SMA/ MA Kelas XI Program IPA halaman 54-56. Jakarta: CV. Ricardo.

Sri Lestari, Endang.2009.Biologi 2 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI halaman 93-96. Solo: CV Putra Nugraha.[/color-box]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Tulang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel